fbpx
cara mengusir tokek

Tokek Menurut Islam dan Cara Mengusir Tokek Paling Ampuh dan Efektif

Cara Mengusir Tokek – Siapa yang tidak kenal hewan reptil berbentuk kadal yang memiliki suara lantang yang dapat didengar suaranya dari kejauhan. Ya tokek merupakan salah satu contoh hewan reptil yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarat. Selain suaranya, tokek juga cukup populer karena harganya cukup mahal jika beratnya sudah mencapai 2 ons lebih.

Walau menguntungkan karena harganya yang mahal, tokek juga dibenci sebagian orang karena suaranya yang keras dan mengganggu. Suaranya yang lantang ini menjadi salah satu sebab banyak orang yang tiodak menginginkan keberadaan tokek. Tidak heran ada banya orang yang mencari cara mengusir tokek dengan cepat dan efektif.

Tidak hanya itu,  Ada beberapa pendapat mengenai keberadaan Tokek di rumah menurut Islam. Karena hukum hukum tersebut menjadi latar belakan orang mencari cara untuk mengusir tokek dan cicak. Ada beberapa cara yang sudah lama dipercaya sebagai cara mengusir tokek yang efektif.

Berikut Bacainaja.com akan membahas tentang cara mengusir tokek dengan mudah

1. Cara Mengusir Tokek dengan Cairan Pengusir Nyamuk

Semprotan Serangga Untuk Mengusir Tokek

abc7news.com

Tokek merupakan salah satu jenis reptil yang tidak menyekuai bau bau yang tajam. Tokek akan merasa terganggu jika mencium bebauan yang menuuk dan kuat. Maka dari itu, cairan pengusir tokek bisa menjadi pilihan yang baik sebagai salah satu cara mengusir tokek yang efektif.

Dengan menggunakan cairan atau semprotan serangga ini tidak hanya membuat tokek terganggu namun juga akan mengusir dan mematikan makanan tokek yang berupa nyamuk dan serangga lainnya.

Cara Menggunakan:

  1. Semprotkan cairan tersebut di daerah, spot, lubang, pojokan rumah, belakang lemari, atau tempat tempat yang sekiranya dilewati atau akan menjadi tempat persemunyian tokek.
  2. JIka anda sudah mengetahui  sarang tokek, Semprotkan saja langsung kesarang tokek tersebut agar tokek atau gecko ini segera meninggalkan sarangnya.
  3. Anda juga dapat menyemprotkan langsung ke tokeknya.

2. Pasang Lampu Terang

cara mengusir tokek menggunakan lampu

safebee.com

Tokek merupakan reptil nokturnal atau reptil yang aktif di malam hari. Lampu terang akan cukup membantu seseorang untuk mengusir tokek tokek yang berkeliaran di rumah atau ruangan anda.

Namun sayangnya, lampu terang belum tentu dapat menjangkau bagian bagian persembunyian tokek. Maka dari itu anda dapat juga menggunakan senter terang untuk menyoroti tokek ditempat persembunyiannya agar tokek segera pergi.

Cara Mengunakan :

  1. Jika Ruangan anda atau teras rumah anda kekurangan cahaya, ganti lampu dengan yang lebih terang atau tambahkan penerangan agar tampak lebih terang
  2. Jika anda melihat tokek di pojokan rumah atau di spot spot ge;lap yang tidak terjangkau cahaya ;lampu, gunakan senter yang diarahka langsung ke tokek.

3. Turunkan Suhu Ruangan Untuk Mengusir Tokek

mengusir-tokek-menggunakan-pendingin-ruangan

consumerreports.org

Sama seperti kebanyakan reptil, ular, cicak, dan jenis kadal lainnya, tokek lebih suka ditempat dengan suhu yang cukup hangat atau iklim yang tropis. Maka dari itu beruntunglah bagi anda yang memiliki AC (Air Conditioner). Salah satu cara untuk mengusir tokek adalah dengan meggunakan AC. Benda ini akan memantu anda dalam mengatur suhu ruangan agar terasa lebih dingin.

Cara Menggunkan :

  1. Turunkan suhu ruangan anda hingga terasa cukup dingin untuk seekor reptil berdarah hangat.

4. Gunakan Suara Bising Sebagai Cara Mengusir Tokek

Cara mengusir tokek menggunakan suara berisik

freepik.com

Tokek adalah reptil yang tidak menyukai suara suara yang bising dan keras. Jika mendengar suara yang keras tokek akan segera lari daan meninggalkan temptnya. Mengetahui kelemahan tokek yang satu ini akan memudahkan anda ketika ingin  mengusir tokek.

Salah satu cara untuk mengusir tokek adalah dengan menggunakan sura bising. Jika anda menemukan tempat persembunyian tokek, anda dapat mengusirnya dengan menggunakan memuat suara suara bising. Tenang anda tidak perlu menggunakan speaker dengan suara yang keras untuk mengusir tokek

cara Mengusir Tokek :

  1. Temukan tempat persembunian tokek, Ambil sebilah kayu, bambu, atau sapu korek, lalu pukul pukulkan ke dekat sarang atau persemnunyian tokek. Suara yang keras dan bisng akan mengganggu tokek dan membuat tokek ketakutan dan akan segera melarikan diri

5. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Cangkang Telur

mengusir tokek menggunakan cangkang telur

medicalnewstoday.com

Selain dengan cara cara menggunaka barang yang tidak disukai tokek, anda juga dapat menggunakan cara yang dapat menakuti tokek. Salah satu caranya ada;lah dengan mengguanakan  Cangkang telur. Bukan karena tokek takut dengan cangkang telur, namun dengan menggunakan cangkan telur mereka akan mengira ini adalah wilayah satau sarang dari binatang lain.

Cara Menggunakna Cangakang Telur :

  1. Cukup letakkan beberapa cangkang telur yang diletakkan di tempat tokek sering lewat. Jika perlu gunakan lem untuk menempelkan cangkang telur di dinding. Hal ini akan menakut nakuti tokek. Cara mengusir tokek ini cuup efektif dalam beberapa kedaaan

6. Kapur Barus Untuk Mengusir Tokek

 

kapur barus kamper

Kapur barus merupakan salah satu cara mengusir tokek. Ya, tokek akan menjauh dari jangkauan aroma kapur barus. Selain tokek tidak menyukaiu aroma dari kapur barus, benda ini kan mengusir sumber makanan tokek. Serangga serangga seperti ngengat yang biasanya menjadi santapan tokek aka pergi. Sehingga tidak ada lagi sumber makanan yang tersisa bagi tokek.

Cara Mengunakan:

  1. Letakkan kapur barus ditempat yang lembab untuk mengusir serangga serangga yang gemar tinggal di tempat yang lembab.
  2. Letakkan kapus barus ditempat yang sering dilewati tokek atau di sarang tokek jika anda sudah menemukan sarang tokeknya.

7. Semprotan Air Merica Untuk Mengusir Tokek

semprotan merica cara mengusir tokek

anthonythespicemaker.com/

Merica dapat digunakan untuk megusir tokek. jika tokek terkena air merica tokek akan mengalami iritasi pada kulit mereka. hal ini akan menjadikan tokek meninggalkan tempat yang disemprot air merica. Ada banyak cara atau ramuan untuk membuat air merica  autau pepper spray yang ampuh dan tidak disukai reptil seperti tokek.

Gunakan campuran merica, garam, bubu cabai, dan cabai kering untuk memberi efek lebih pada kulit tokek dan memberikan aroma pedas lebih.

Cara Mengguakan:

  1. Cukup dengan menyemprotkan cairan merica tersebut di sarang tokek atau tempat persembunyian tokek, tokek akan segera meninggalkan tempat tersebut karena merasa tidak nyaman.
  2. Seprotkan pada tempat tempat yang sering dilewati tokek, atau tempat yang sekiranya terdapat banyak makanan untuk si tokek.
  3. Semprotkan langsung ke tokek.

8. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Bawang Merah Atau Bawang Putih

bawang merah dan mawang putih

medicalnewstoday.com

Bawang putih maupun bawang bawang merah juga bisa menjadi salah satu cara mengusir tokek yang efektif. Tokek yang tidak tahan dengan bau yang tajam akan merasa terganggu dengan adanya bawang putih.

Bwang merah yang terkenal dapat mengeluarkan aroma pedas yang bikin mata pedih juga dapat digunakan untuk mengusir tokek. kedua benda ini menjadi benda yang tidak disukai tokek.

Cara Menggunakan:

  1. Letakan bawang putih di jalan jalan yang biasa dilalui tokek untuk masuk ke rumah, seperti jendela, pintu dan fentilasi.
  2. Letakan bawang putih atau bawang merah di dekat tempat persembunyian tokek
  3. Letakkan bawang putih atauy merah di tempat yang sering dijadikan tempat persembunyian atau tempat berburu makanan, seperti di blakang lemari dan sebagainya.

9. Cipratan Air Garam Untuk Mengusir Tokek

air garam

goodfood.com.

Seperti hewan lmelata kebanyakan mereka tidak menyukai garam. Dengan menggunakna garam anda dapat mengusir atau setidaknya menjaga hunian anda dari beberpa reptil melata seperti ular, kadal, dan tokek.

Seperti ketika berkemah, biasanya perlu menaburkan garam di sekeliling tenda untuk menjauhkan dari hewan hewan yang sekiranya akan mengganggu. Anda dapat menggunkan garam langsung atau menggunakna air yang diberi banyak garam.

Cara Menggunkan:

  1. Letakkan garam di tempat yang strategius bagi tokek.
  2. Letakkan garam atau air garam di jalan jalan yangb biasa akan dilewati tokek, seperti jendela, fentilasi, dan pintu.

10. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Aroma Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

thestatesman.com

JIka anda merasa terganggun dengan aroma bawang anda dapat menggunakan bahan alami lain ynag memiliki aroma lebih harum dibanding dengan bawang. Kulit jeruk merupakan slah satu bahan herbal yang memiliki aroma yang cukup kuat. Berbeda dengan bawang, kulit jeruk memiliki aroma yang lebih disukai porang.

Selain harum, wangi dari jeruk ini juga lebih segar. Tokek yang tidak menyukai aroma aroma yang kuat dapat kita usir dengan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk  juga dapt mengusir sumber makanan  tokek seperti nyamuk dan serangga terbag lainnya, sehingga tokek akanj mencari tempat lain untuk berburu makanan.

Cara Menggunakan:

  1. Cukup dengan menyebarkan kulit jeruk di sekitar rumah dan te4mpat tempat yang sering dikunjungi tokek maupun cicak.
  2. Letakan kulit jerik di tempat yang terdapat banyak nyamuk atau serangga yang menjadi santapan  tokek.

11. Membakar Daun Kering Untuk Mengusir Tokek

asap dau kering yang dibakar

picdn.net

Sudah mencoba beberapa cara namun masih belum dapat mengusir tokek dari rumah anda? Tenang, masih ada cara lain untuk mengusir tokek dirumah anda.

Cara ini mungkin lebih cocok digunakan di tempat terbuka, walau begitu cara ini tetap dapat digunakan di dalam rumah. Asap dari dedaunan dikenal dapat mengusir berbagai macam hewan serangga bahkan reptil seperti tokek. Cara ini sudah dilakukan sejak lama untuk mengusir hewa hewan tertentu.

Cara Menggunakan:

  1. Kumpulkan dedaunan kering, lalu masukkan kedalan kaleng ukuran besar untuk dibakar.
  2. Jika sudah dibakar arahkan asap tersebut dengan meletakkan kaleng di sekitar sarang atau persembunyian tokek

12. Ampas Kopi dan Tembakau Sebagai Racun Bagi Tokek

tembakau

healthhub.sg

Siapa sangka ampas kopi dan tembakau (dalam bahasa inggris disebut tabacco) bisa dimanfaatkan untuk menjebak tokek. Mungkin cara ini akansedikit kejam karena kita akan membunuh tokek tersebut. Peragkap ini ditujukan untuk meracuni tokek. Tokek yang mengkonsumsi benda ini akan mati dalam beberapa waktu.

Cara menggunakan;

  1. Campurkan ampas kopi basah dengan tembakau.
  2. Aduk hingga merata hingga semua tercaampur
  3. Bentuk adonan tersebut bulat bulat
  4. Jka sudah letakkan adonan tersebut di tempat yang sering dilewati tokek ayau letakkan langsung disarangnya

Tips & Peringatan Saat Mengusir Tokek

  1. Beberapa cara diatas memiliki resiko yang haruis diwaspadai. seperti penggunaan api yang tentunya berbayaha dan asapnya yang tidak baik untuk kesehatan paru paru. Maka gunakan cara ini dengan berhati hati dan bijak.
  2. Penggunaan kapur barus juga perlu diperhatikan. Kapur barus erupakan beda yang memiliki kandungan racun didalamnya. gunakan kapur barus di tempat yang tidak dijangkau anak anak.
  3. Penggunaan bahan bahan alami seperti kulit jeruk dan bawang, harus dicek secara berkala agar tidak busuk dan menimbulkan masalah kesehatab da kebersihan.

Video Cara Mengusir Tokek yang Mudah dan Benar

Leave a Reply