cicak terbang

Reptil Unik Asal Indonesia, Cicak Terbang

CIcak Terbang – Halo sobat bacainaja, Kali ini ada seekor hewan unik dari kalangan reptil yang akan jadi pembahasan utama pada artikel ini.

Kalian tentu sudah akrab bukan dengan hewan pemakan serangga atau hewan insektivora yang beranama cicak. Hewan satu ini terpopulerkan oleh lagu kanak kanak yang berjdul “Cicak Cicak di Dinding”.

Cicak sendiri merupakan reptil yang gemar memakan serangga serangga terbang seperti laron, nyamuk atau herangga serangga lainnya.

Walau makanan utamanya adalah hewan terbang kita sealau hran bukan bagaimana merka mendaptkan makanannya karena cicak tidak bisa terbang.

Kali ini ada seekor reptil unik, mungkin kembaran dai si cicak ini. Hal yang menjadi keunikan dari reptil yang akan kita bahas ini adalah dia dapat terbang, Ya, Kali ini reptil pemakan serangga atau hewan isektivora yang akan kita bahas adalah Cicak Terbang.

Namun sebelum membahas reptil unik lebih lanjut, perlu kaian ketahui bahwa cicak terbang atau biasa disebut Hewan Cikiber, ( bisa juga disebut cekiber, cleret gombel, hap hap, Cecak terbang, draco, dll) alangkah baiknya kita memahami dulu berbagai spesies reptil dan contoh hewan insektivora.

Apa itu Cicak Terbang?

Cicak terbang atau cekiber

tripadvisor.in

Ciciak terbang atau biasa disebu orang indonesia cikiber, cekiber, clerer gombel, merupqakan hewan sejenis kadal kecil hidup di hutan dan di tempat tempat dengan pepohonan yang banyak. Cecak atau cicak terbang juga biasa disebut dengan draco dalam bahasa ilmu pengetahuan, atau dalam bahasa ingris disebut dengan Flying Lizard.

Disebut dengan Cicak terbang karena mereka diberi sayap yang berbentuk layar agar mereka dapat meluncur antar pohon utnuk mobilitas dan mencari makan. Reptil yang sering disebut sebagai cekiber ini dikenal lincah ketik berpindah dan mengambil manufer saat terbang di antara pohon satu dan pohon lainnya.

Namun Jangan salah Sebagai salah satu contoh hewan reptil yang unik, merekaa sebenarnya tidak benar benar terbang. Mereka hanya meluncur menggunakan layar layar yang ada di tubuhnya.

Kadal ini dilengkapi dengan latar yang terbuat dari selaput kulit yang berada di bagian pinggang cicak ini. Ketika reptil satu ini hendak meloncat dan meluncur antar pohon, mereka menarik selaput kulit tersebut dan meluncur diantara pohon.

Ketika cicak akan mendarat mereka dengan cepat melepas selaput tersebut, dan dengan rapinya selaput itu kembali ke posisi semula.

Reptil ini merupakan salah atu inspirasi bagi beberapa atilt dalam menciptakan olahraga ektrim yang kita kenal sekarang dengan free fall atau terjun bebas. Para atlit ini meneliti dan mempraktekannya untuk di jadikan olah raga di langit bebas.

Ciri Ciri Cicak Terbang

ciri ciri cicak terabang

jonathanhornbuckle.webs.com

Cekibar atau juga terkadang disebut dengan hap hap, merupakan reptil yang sebenarnya tidak terlalu dkat dan mirip cecak. Mereka lebih mirip kadal.

Maka dari itu, orang asing menyebut hewan ini dengan Flying Lizard atau kadal terbang. Panajng tuuh mereka dapat mencapai 20cm seperti kadal kadal pada umumnya.

Namun jika tanpa ekor panjang tiubunya hanya berkisar 9 atau 10 cm. Karena seara fisik mulai dari pstur, sisik, ukuran, mereka lebih mirip kepada spsies kadal pada umumnya seperti halnya tokek.

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai reptil satu ini berikut merupakan ciri ciri fisik yang dimiki si cicak terbang ini.

  1. Selaput kulit dibagian pinggang atau rusuk: Seperti yang dijeaskan sebelmnya, Cekiber ini memiliki selaput kulit di bagian sekitar pinggang adan tulang rusuknya. selaput kulit ini merupakan syarat utama seekor reptil dapat disebut cicak terbang.Dengan selaput ini mereka dapat pindah dari satu pohon kepohon yang lain dengansagat cepat. sangking cepatnya mereka bergerak dan meluncur, gambar yang tertangkap semprna sangatlah jarang.
  2. Bercak bercak hitam: Reptil terbang ini memiliki bercak bercak hitam yang cukup banyak di bagian punggungnya. Bercak bercak ini menyebar hingga ke selaput kulit yang berada di dekat tulang rusuknya.Jika mereka membentangkan sayapnya, akan terlihat jelas Bercak bercak hitamnya. Jika reptil yang kadang disebut dengan draco itu adalah pejantan maka bercaknya akan lebih rapi dan berpola, sedangkan jika betina makan bercak tersebut terlihat tidak berpola.
  3. Selaput Kulit di bagian leher: Entah apa fungsinya, CIak terbang jga memiliki selaput kulit yang berada di bawah leher dan dapat terbuka sewaktu waktu.Ada juga perbedaan antara selaput leher betina dan jantan. Jika pejantan, maka warna yang ada di selaput kulit di leher tersebut berwaran kuning terang. Jika betina maka selaput tersebut berwarna biru terang.
  4. Dorsal Atau Bagian Atas Tubuh: Pada bagaian dorsal, warna mereka berwarna coklat. warna ini  bisa berupah sewaktu waktu. Ada yang menyataka bahwa cicak terbang akan berubahwarna menyesuaikan warna dahan kayu pohon.Ada juga yang menyatakan, warna tersebut berubah sesuai mood atau ketika meraka merasa terancam. Dengan warna coiklat ini yang di bauri bintik bintik coklat, menjadikan reptil ini  mampu berkamuflase dengan baik pada dahan pohon kayu.

Habitat Cicak Terbang

habitat cicak terbang

Youtube.com

Apakah kalian tahu tentang ciak terbang ini? mereka sebenarnya adalah hewan endemik Indonesia yang berada di Pulau jawa dan bali. Namun sbelum ini, para peneliti mengungkapkan bahwa asal dari reptil unik ini adalah Asia Tenggara.

Pernyataan tersebut lambat laun berubah dan faktanya sekarang draco memang hanya ditemukan di Indoensia. Informasi ini didapat dari website ecologyasia yang merupakan website penyedia situs hewan hewan di Asia.

Reptil unik ini yang biasa disebut dengan cekiber, atau cleret gombel ditemukan di hutan huta terbuka yang banya pepohonan disana.

Namun seiring sempitnya lahan atau hutan di pulau jawa dan bali, populasi cicak terbang ini dirasa berkurang drastis terutama didaerah kota kota besar.  Maka maklum apa bila banyak dari warga indonesia sekarang yang tidak mengetahui sepesies ini.

Makanan Draco si Kadal Terbang

cicak terbang atau cikiber, atau hap hap

majalahhewan.com/

Perlu kalian ketahui bahwa Reptil satu ini tergolong hewan insektivora. Jika kalian belum tahu, Insketivora sendiri merupakan jenis hewan yang dikelompokan berdasarkan jenis makannannya. Insektivora murpakan kelompok hewan pemakan serangga.

Cicak terbang adalah reptil yang gemar memangsa serangga, seperti ulat, kupu kupu, jangkrik, ngengat, dan banyak serangga serangga kecil lainnya.

Jika tertarik dan ingin mengerti tentang insektivora, silahkan baca artikel mengenai hewan insektivora beserta conotoh uniknya.

Reproduksi Flying Lizard atau Cekiber

cicak terbang memiliki kebiasaan bertelur yang unik. Jika dibandingkan dengan cicak biasa yang bertelur dengan melekatkan telurnya di dinding atau di sudut sudut rumah yang tersembunyi. Ada satu satunya momen ketika betina  turun dan mendarat di tanah. adalah ketika mereka hendak bertelur.

Mereka turun ketanah lalu menggali tanah di tempat yang sekiranya aman, lalu berelur didalamnya. Cekiber atau Darco betina ini akan menjada telurnya seolama 24 jam. setalah seharian menjaga telurnya, mereka pergi dan meninggalaknnya tanpa pernah kembali

Leave a Reply