fbpx

Tips, Sturuktur Penulisan Beserta Contoh Email Lamaran Kerja

Contoh email lamaran kerja – Ketika Melamar sebuah pekerjaan ada banyak media yang bisa kita gunakan. Kemajuan teknolgi memudahkan perusahaan mengumumkan lowongan kerja. tidak hanya itu, para calon pekerja juga dimudahkan dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Namun dengan kemudahan kemudahan tersebut perusahaaan semakin selektif dalam memilih dan memilah calon pelamar yang akan di diajukan beberapa pertanyaan interview kerja. Bahkan dalam proses interview sendri terkdang menggunakan interview bahasa inggris.

Terlepas dari ketatnya seleksi yang dilakukan perusahaan, dengan adanya teknologi informasi,  melamar  pekerjaan tidak harus mendatangi perusahan tersebut. Melainkan cukup dengan email, dan website. Namun tidak semua orang mengerti contoh lamaran kerja via email yang makin sering digunakan. Maka dari itu berikut akan dijelaskan tips tips yang dapat digunakan dalam mengirim email, struktur penulisan dan contoh email lamaran kerja

contoh email lamaran kerja, Contoh lamaran kerja via email

pexels.com

Tips Mengirim Email Lamaran Kerja

Tulis Dengan Bahasa yang Formal

Ketika anda membuat surat lamaran kerja tentu saja tulisan anda haruslah berbahasa formal denga standar penulisan surat yang benar. Mulai dari header, Paragraf pertama, isi, hingga penutup.

Begitu pula jika anda mengirim surat lamaran melalui email. Walau melamar pekerjaan melalui email, pastikan penulisan anda sudah benar dengan menggunakan bahasa yang formal dan format penulisan surat yang benar.

Jika anda menulis surat tanpa memperhatikan penulisan dan format yang ada, perusahaan akan menganggap anda tidak serius dalam melamar sebuah pekerjaan. Coba anda baca di thebalancecareers, disana ada banyak tips untuk melamar pekerjaan yang baik. Hanya saja mereka menggunakann bahasa inggris dalam penyampaiannya.

Jangan Tergesah Gesah

Berhati hatilah ketika menulis surat lamaran pada body email. perhatikan setiap kata dengan teliti dan pastian sudah sesuai format penulisan pada email. Jangan sampai ada kesalahan, jika anda berharap email yang anda kirim akan dibaca oleh HRD. Tulislah surat tersebut dengan tenang. Karena jika anda tergesa gesa dalam menulis mungkin saja anda melakukan kesalahan. Apa bila anda gagal mempresentasikan diri anda di pesan pertama yang anda kirim. Perusahaan bisa saja tidak mempedulikan email anda hanya dikarenakan tulisan yang tegesa gesa dan tidak teliti.

lampiran, berkaas, wallpper

Berikan Informasi Secara Singkat dan Lengkap

Ketika anda melamar sebuah pekerjaan melaui email, hampir bisa dipastikan email perusahaan akan dipenuhi para calon pekerja. Tulislah email dengan benar dan cantumkan Subjek di email anda. Fusngsinya adalah mempermudah perusahaan dalam menyeleksi email para calon pekerja. Dalam subjek email, tulislah posisi pekerjaan yang anda pilih dan cantumkan pula kode posisinya. contoh:

” Subject: Staff Produksi,(SP).”

Gunakan Bahasa Formal dan Baku

Ketika anda sudah menulis Header dengan benar, pertahan hal tersebut dan jangan biarkan reputasi tulisan anda turun ketika menulis di bagian Body. Berikut salah satu contoh penulisan Email lamaran pekerjaan yang singkat.

To : [email protected]

Cc : [email protected]

Subject : Staff Keuangan

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang didapatkan melalui job fair Universitas Andalan pada tanggal 6 Juni 2017 di mana PT. Sapta Karya membuka booth dan memberi informasi lowongan tenaga kerja sebagai Staff Keuangan

Bersama dengan surat ini, saya juga melampirkan dokumen pendukung lain yang dibutuhkan, di antaranya

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto terbaru

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Tulis Surat Lamaran Anda Pada Body Email

fille, document, dokumen, berkas, wallpapper

Pexels.com

Pada body email, tulislah surat lamaran secara lengkap, beri informasi mengenai anda, alasan anda melamar,’ dapat informasi dari mana, dan berkas berkas apa aja yang anda lampirkan. tulislah dengan rapi, sesuai dengan format penulisan surat

Apabila anda memindahkan isi surat lamaran anda ke body email, maka pastikanlah font yang anda gunakan adalah font standar. Jangan lupa juga untuk membaca ulang surat anda apakah format penulisan dan penataan sudah sesuai atau masih berantkan.

Lampirkan File CV dan Berkas Berkas Pendukung Lamran Kerja ke dalam Email

Ketika anda melamar suatu pekerjaan tentu saja anda harus mencantumkan CV atau resume anda bersama surat lamaran kerja dan berkas berkas pendukung lannya. Walau perusahaan tidak memintanya secara lagsung, hal tersebut sudah menjadi keharusan.  Buatlah arsip berkas semenarik mungkin  mulai dari disain CV atau mungkn CV Bahasa Inggris sebagai nilai tambah

Struktur Penulisan dan Contoh Email Lamaran Kerjawork, writing, menulis, bekerja, wallpapper

1. Penulisan Lamaran Kerja Pada Bagian Subject Line Email

Banyaknya pengirim email ke perusahaan yang anda lamar akan mempersulit tim HRD dalam menyeleksi setiap pelamar yang ada. Maka dari itu permudahlah tim HRD dengan menyertakan Subject Line dengan jelas. Apa bila anda ingin melamar sebagai Staff QC sampaikan hal tersebut dalam subject line dan sampaikan juga kode pekerjaannya. contoh:

Subject: Staff Quality Control (SQC)

2. Contoh Penulisan Email Lamaran Kerja Bagian Salam Pembuka

Jangan lupa, sebagai email formal menyapaian salam adalah wajib hukumnya. sampaikan salam sesuai dengan kaedah bahasa yang digunakan. Jika anda menggunakan bahasa Inggis biasanya menggunakan “Dear Mr/Mrs…….”. Jika menggunkan bahasa indonesia, ” Yth. …..” adalah yang paling sering digunakan. JIka memungkinkan tulis nama manajer setelah salam. Apa bila tidak mengetahui nama manajernya sampaikan saja “Dear Hiring Manager PT…..” atau ” Yth. HRD PT….”

Contoh email lamaran kerja bagian salam pembuka:

Nama : Khusnul Khotimah                                                                                      ………,……………2018
Alamat : Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.
Phone : +62 852 306 720
Email : [email protected]

Kepada Yth. HRD PT. …………………………………..
Assalamualakum wr, wb

3. Penulisan Contoh Body Email Lamaran Kerja Pada Paragraf Pertama

conotoh email lamaran kerja phone cell, hand phone, smartphone, email, wallpapper

pexels.com

Sebgai contoh body email lamaran kerja yang baik pada paragraf pertama, perlu anda sampaikan dari mana anda mendapat informasi lowongan kerja ini. Apa bila melalui bursa kerja sebukan bursa kerjanya dan tanggalnya. Apa bila melalui teman samapaikan saja anda mendapat rekomendasi dari seorang teman. jangan lupa untuk menyampaikan ketertarikan anda terhadap lowongan tersebut.

Perhatikan isi body email lamaran pekerjaan pada contoh email lamaran kerja berikut:

Berdasarkan Informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari…………………….. Dengan surat ini saya menyatakan minat saya untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai……………….…. Baru-baru ini saya memperoleh gelar Sarjana dalam bidang Administrasi Bisnis dalam bidang Manajemen Operasional di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan IPK 3,80, saya ingin membawa pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk mencapai keunggulan dalam lingkungan inovatif perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin..

4. Contoh Lamaran Kerja via Email Pada Pargraf Kedua

work wallpapper, vintage, laptop,

Pexels.com

Pada bagian ini sampaikan motif anda bergabung pada perusahaan ini. sampaikan mengapa anda pantas menduduki posisi tersebut. karena ini merupakan email lamaran kerja maka sampaikanlah kelebihan dan prestasi apa yang anda miliki. Yang perlu diingat jangan asal salin dari CV anda. Berilah informasi yang rigkas. Jangan lupa sampaikan pula berkas berkas apa saja yang anda lampirkan.

contoh lamaran kerja via email pada pargraf ke dua:

Sebagai mahasiswa Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen Operasional, saya telah dilengkapi dengan pengetahuan yang diperlukan yang datang dengan posisi termasuk Kontrol Inventaris Perencanaan Produksi (PPIC), Perencanaan Kebutuhan Material (MRP), Kontrol Kualitas (QC), tidak hanya itu tetapi juga saya dapat menggunakan komputer dan Microsoft Office dengan sangat baik untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Pengalaman magang saya di Laboratorium Bisnis Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang juga memberi saya keterampilan penting untuk bekerja dengan beberapa orang yang bekerja sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan kami. Saya juga melampirkan beberapa file sebagai pertimbangan Anda.

1. Foto 4 x 6 cm
2. Fotokopi KTP
3. Curriculum Vitae
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
5. Fotokopi Sertifikat Kelulusan
6. Fotokopi Transkrip
7. Sertifikat Pendukung
7. Supporting Certificates

5. Format Penulisan Lamaran Kerja via Email Pada Paragraf Akhir

Pada akhir paragraf email lamaran kerja, yang perlu anda sampaikan adalah ucapan terimakasih atas kesdiaanya membaca email lamaran kerja anda. Sampaikan pula untuk mengetahui anda lebih dalam beserta kelebihan kelebihan anda HRD dapat membuka resume atau CV yang telah dilampirkan. perhatikan paragraf akhir pada contoh email lamaran kerja di bawah

Saya mengerti bahwa Anda tidak cukup yakin dengan kompetensi saya. Maka dari itu saya lampirkan CV saya pada lampiran diwaah untuk memperjelas anda dalam mengenal saya. Saya selalu siap jika anda hendak meng-interview saya untuk rincian tambahan mengenai kualifikasi dan keahlian saya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan aplikasi ini dan saya berharap dapat mendengar dari Anda.

6. Penutup Surat yang Sopan Pada Lamaran Kerja via Email

wallapper, Mail, email, surat, kotak surat

unsplash.com

Sebagai email lamaran kerja yang resmi, gunakanlah penutup yang baik dan sopan. dan jangan lupa sertakan nama anda dibawah salam. Penulisan salam ynag biasa digunakan adalah “Salam hormat, “Hormat Saya” atau “Best Regard” dalam bahasa inggris. Perhatikan penutup pada contoh email lamaran kerja berikut

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Maulana

7. Cantumkan Resume atau CV Anda beserta kelengkapan berkasnya.

Terahir Lampirkan CV atau resume beserta kelengkapan berkas anda. usahakan dalam bentuk PDF agar penulisan tida berubah ubah.

Contoh Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

To                 : [email protected]

Cc                 : [email protected]

Subject       : Lamaran Pekerjaan Staff Montir

 

Nama             : Khusnul Khotimah                                                                                     ………,……………2018

Alamat            : Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

Phone               : +62 852 000 000

Email                 : [email protected]

Kepada Yth. HRD ………………………

Assalamualakum wr, wb

Berdasarkan Informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari…………………….. Dengan surat ini saya menyatakan minat saya untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai……………….…. Baru-baru ini saya memperoleh gelar Sarjana dalam bidang Administrasi Bisnis dalam bidang Manajemen Operasional di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan IPK 3,80, saya ingin membawa pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk mencapai keunggulan dalam lingkungan inovatif perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin..

Sebagai mahasiswa Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen Operasional, saya telah dilengkapi dengan pengetahuan yang diperlukan yang datang dengan posisi termasuk Kontrol Inventaris Perencanaan Produksi (PPIC), Perencanaan Kebutuhan Material (MRP), Kontrol Kualitas (QC), tidak hanya itu tetapi juga saya dapat menggunakan komputer dan Microsoft Office dengan sangat baik untuk menyelesaikan pekerjaan saya.

Pengalaman magang saya di Laboratorium Bisnis Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang juga memberi saya keterampilan penting untuk bekerja dengan beberapa orang yang bekerja sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan kami. Saya juga melampirkan beberapa file sebagai pertimbangan Anda.

  1. Foto 4 x 6 cm
    2. Fotokopi KTP
    3. Curriculum Vitae
    4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
    5. Fotokopi Sertifikat Kelulusan
    6. Fotokopi Transkrip
    7. Sertifikat Pendukung

Saya mengerti bahwa Anda tidak cukup yakin dengan kompetensi saya. Maka dari itu saya selalu siap untuk jika anda hendak meng-interview saya untuk rincian tambahan mengenai kualifikasi dan keahlian saya.

 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan aplikasi ini dan saya berharap dapat mendengar dari Anda.

Salam Hormat,,

 

 

Khusnul Khotimah

Contoh Lamaran Kerja Via Email yang Menarik Untuk yang Berpengalaman

To                 : [email protected]

Cc                 : [email protected]

Subject       : Lamaran Pekerjaan Staff Montir

 

Nama             :                                                                                                                   ………,……………2018

Alamat            : .

Phone               :

Email                 :

Kepada Yth. HRD ………………………

Assalamualakum wr, wb

Melalui surat ini saya melamar pekerjaan  dengan posisi Marketing Manager di XYZ Enterprises yang diiklankan di blablabla.com. Susan Smith merekomendasikan agar saya menulis langsung kepada Anda, ketika kami bekerja bersama di ABC Inc. selama beberapa tahun, dan dia berpikir bahwa posisi ini akan cocok untuk saya.

Selama berada di ABC inc, saya telah berhasil meningkatkan penjualan departemen saya sebesar 15% selama tiga tahun saya bekerja bersama susan. Saya berhasil melebihin standart industri sebesar 10% selama beberapa periode yang terus stagnan.

Dengan ABC.inc, saya telahlaporan langsung ke Susan, dan saya dapat meningkatkan penjualan departemen saya sebesar 15% selama tiga tahun kami bekerja bersama. Ini melebihi standar industri sebesar 10% selama periode waktu yang hampir stagnan. Mengingat posisi peketjaan XYZ Enterprise di pasar, dan pengalaman saya dengan Pengalaman saya dalam meningkatkan pangsa pasar, saya merasa dapat membantu membawa kesuksesan yang lebih besar bagi perusahaan Anda.

Saya telah melampirkan resume saya dan daftar referensi untuk pertimbangan Anda. Saya akan menindaklanjuti minggu depan untuk memberikan informasi tambahan yang mungkin Anda minati. Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk meninjau resume saya.

Salam Hormat

Your Name
Address
Your Email
Your Phone Number
linkedin.com/xxxxx

Contoh Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris Berpengalaman

To                 : [email protected]

Cc                 : [email protected]

Subject        : Adjunct Instructor Position – Joseph Q. Applicant

Dear Hiring Manager:

It was with much interest that I read your September 1st job posting on Craigslist for an Assistant Communications Director. Your description of the work responsibilities incumbent upon your next Assistant Director closely match my experience, and so I am excited to submit my resume to you for your consideration.

In my position as an Assistant Communications Director for ABC Company, I wrote articles for the company website, managed the editing and posting of contributing articles, managed their social media presence, and wrote and sent out a weekly email newsletter to subscribers. I also implemented an automated email tool that grew their subscriber base by 40% within six months.

While Assistant Communications Director for Assemblyperson Janet Brown, I researched, drafted and amended legislation, wrote press releases, and was responsible for office communications and correspondence.

My resume is attached. If I can provide you with any further information on my background and qualifications, please let me know.

I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration.

Your Name
Address
Your Email
Your Phone Number

Contoh Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris Berpengalaman

To                 : [email protected]

Cc                 : [email protected]

Subject       : Adjunct Instructor Position – Your Name

Dear Mr./Ms. Lastname:

It is with much interest that I read the job posting for the position of Anatomy and Physiology Professor at Middlebury University. I’m pleased to be able to submit my application for the position. I also believe my experience is a strong match for the responsibilities pertaining to this role.

My most recent teaching position was at Amery University where I taught both anatomy and physiology as an adjunct professor. In addition, I served on two faculty committees and participated in a research project.

I have attached my resume in this letter. Through it, I hope you will learn more about my background, education, achievements, and awards.

If I can provide you with any further information, please let me know.I look forward to hearing from you about this opportunity.

Thank you for your consideration.

Your Name
Address
Your Email
Your Phone Number

Sincerely,

Joseph Q. Applicant
123 Anytown, USA 12345
[email protected]
333-333-3333

Contoh Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

To                 : [email protected]

Cc                 : [email protected]

Subject       : Adjunct Instructor Position – Your Name

Your Name
Address
City, State Zip Code
Phone Number
Email
Date

Name
Title
Company
Address
City, State Zip Code

Dear Mr./Ms. LastName,

I am writing to apply for the position of Media Relations Assistant Manager, which I saw advertised on MediaJobs.com. ABCD is a fast-moving global institution and an outstanding communications pioneer, now poised to guide the direction of print journalism. I believe that my extensive experience in media makes me an ideal candidate for this position at your company.

As a recent graduate of the State University, I have a significant background in media. As a media major, I held multiple internships, including Media Relations Coordinator Intern at XYZ Company. I also served as president of the Media and Marketing Club at school. We successfully developed and pitched an advertisement campaign for a local nonprofit, which helped increase donations to the nonprofit by 22 percent.

You state in your job listing that you are looking for someone with strong writing skills and an attention to detail. Throughout all four years of college, I worked part-time as a copy editor for an online journal. This job required great attention to detail in writing and editing. I would love to bring my editing skills to a position with your company.

These strengths, combined with deep and varied academic, internship, and employment experience, have prepared me to make a strong and immediate impact at ABCD.

I am excited about the opportunity to join the ABCD team as it moves to the center of the print media conversation. Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Your Typed Name

Leave a Reply