fbpx

Berbagai Macam Contoh Hewan Reptil Lengkap, Mulai Dari yang Berbahaya Hingga yang Lucu

Contoh Hewan Reptil – Siapa sih yang belum tau apa itu hewan reptil? Hewan reptil adalah jenis binatang melata yang diselimuti sisik di sekujur tubuhnya.

Kelompok hewan ini adalah kelompok hewan berdarah dingin. Artinya reptl adalah hewan yng suhu tubuhnya menyesuaikan lingkkungan sekitar. Jika suhu rlingkungan tinggi maka tubuh reptil akan tinggi pula, begtupun sebliknya. Reptil berkembang biak dengan cara bertelur.

Klasifikasi Jenis Reptil Berdasarkan Ordonya

4 Ordo Reptil yang perlu di Kethua

wikipedia.org

Hewan reptil dikelompokan menjdi 4 jenis ordo reptil. Ordo ang pertama adalah Ordo Crocodilia. Ordo ini adalah ordo buaya, yaitu kelompok reptil seperti kada raksasa yang hidup di dua alam dan tergolong hewan buas.

Kelompok ordo yang kedua adalah ordo Sphenodontia. Ordo jenis ini hanya ditemukaan di di Selandia baru. Ordo ini hanya memiliki 1 jenis spesies yaitu Tuatara.

Kelompok ordo yang ketiga adalah Ordo Squamata.Ini merupakan Ordo yang terdiri dari ular kadal dan ular.

Sedangkan yang terahir adalah Ordo Testudinata. Ordo ini adalah kelompok hewan reptil yang terdiri dari berbagai macam jenis kura kura darat, air tawar, dan air laut.

Contoh Contoh Hewan Reptil yang Ada di Dunia

Ada banyak sekali hewan reptil yang hidup di dunia ini. Mulai dari yang sudaah punaa mapun masih eksis hingga sekarang ini. Untuk memperjelas dan memberi gambran tentang apa apa saja reptil yang msih hidp sekrang ini, berikut adalh beberapa contoh hewan reptil yang masih hidup sampai sekarang.

Beberapa Contoh Hewan Reptil Ordo Crocodilia si Reptil Buas

contoh hewan reptil Ordo Buaya

earthtouchnews.com

Seperti yang sudah dijelaskan Ordo Crocodilia merupakan ordo dari kelurga buaya. Buaya sendiri adalah jenis reptil karnivora yang biasa hidup di perairan tenang. Biasanya hidup di sungai atau rawa. Tapi ada juga sebagian kecil buaya yang hidup di perairan asin. Dabawah ini adalah beberapa contoh buaya yang ada.

1. Buaya Muara (Crocodylus porosus) Reptil yang Diam Tapi Suka Menerkam

Contoh Hewan reptil Buaya Muara

earthtouchnews.com

Salah satu jenis hewan reptil ordo crocodilia adalah buaya Muara. Buaya jenis ini sering kita jumpai di hulu sungai hingga laut. Buaya ini memiliki ciri ciri fisik dengan badan dan rahang yang besar. berwarna agak kecokalatan dengan panjang bisa mencapai 8 meter.

Ukuran yang cukup fantastis bagi seoekor buaya. Buaya ini adalah salah satu buaya terganas di Indonesi. Dikaatakan seperti itu karen sudah banyak korban manuasian dimaakan bulat bulat berda dalam perut buayaini.

Keunikan yang dimiliki jenis buaya ini adalah habitatnya yang hidup di perairan asin, sedangkan bua lanin rata rata hidup di perairan tawar. Orang luar negeri biasa menebutnya dengan saltwater crocodile atau buaya air asin.

2. Buaya Siam (Crocodylus siamensis) Contoh Hewan Reptil yang Tidak Besar Tapi Buas

reptil-buas--asal-indonesia

earth.com

Buaya Siam di Indonesia hidup di perairan yang teng seperti sungai atau rawa rawa. Reptil satu  ini dapat ditemukan di pulau jawa dan kalimantan. Tidak hanya ada di Indonesai contoh reptil ganas ini di temukan pula di negara negara Asean seperti vietnam, malaysia, Thailnd, Laos dan Kamboja.

Reptil buas ini memiliki ciri fisik berwran kehitam itaman dengan rahang yang terlihat cukup besar dan kuat. Buaya ini memiliki tubuh yang tidak terlu besar dibanding buay buya lainnya.

Buaya Siam ini mampu tumbuh maksimal 4m dengan ukurn rata rata 2 hingga tiga meter. Ketika musim bertelur tiba buaya ini mamapu memproduksi telur 20 hingga 80 butir dalam sekali musim.

3. Buaya Irian (Crocodylus novaeguineae) Contoh Reptil Buas Asal Irian

reptil asal papua

zoochat.com

Sesaui dengan namanya buaa ini hidup di perairan tawar Irian. Ciri fisik khas buya papua adalah moncongnya yang meruncing jika dibndingknn dengan buaya muara.

Walau kedua conto reptil tersebut memiliki ciri fisik yang hampir serupa namun buaya Irin memiliki sisik sisik leih bbesar dibbandin dengan buaya muara. Reptil peredator ini mampu tumbuh hingga 3.3 meter Namun untuk sang betina hanya bisa tumbu hingga 2.6 meter.

Buaya jenis ini adalah buaya juga bisa hidup di perairan yang asin namun berbeda dengan buya siam ,reptil ini akn jarang sekali ditemukn di air asin. Reptil ini bertelur ketika musim kemarau tiba.

Cuman Ada Satu Spesies Reptil Ordo Rhynchocephalia

Reptil asal Selandia Baru

zoochat.com

Tuatara adalah spesies endemik asal seladia baru danstu satunya spesies dari ordo rhynchocephalia. Tuatara adalah hewan sejenis kadal yang sudah berkembang sejak 200 juta tahhun yng lalaau. Ya Hewan ini merupakan hewan endemik purba seperti halnya Komodo dari Indonesia atau Buaya.

Karena hanya ada satu ordo yang mampu bertahan maka Tuatara adalah coontoh reptil yang dijaga keberadaanya. Sebagai reptil hewan ini tdak memilii ukuran yang besar. Ukurannya mksimal sekitar 80cm dengan berat hanya 1.3 kg.

Berbeda dengan kadal. Reptil ini memiliki dua baris gigi di bagian depan dan beberpa baris gigi di bagian belakang. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, Tuarta adalah contoh hewan reptil karnivora yaang memkan daging, seperti burung dan hewan hewan kecil lainnya.

Contoh Hewan Reptil Ordo Squmata Kadal dan Ular

COntoh Hewan Reptil ordo ular dan kadal

flickr.com

Ular dan kadal walau mereka berbeda mereka tetap dalam satu rumpun ordo yang sama. Ordo ini memiliki banyak sekali spesies yang tersebar di setiap belahan dunia. Mulai dari yang bus hingga peakaan serangga ada di dalam ordo ini. Untuk mengethui lebih lanjut tentang spesies dlam ordo ini mari baca beberpa contoh Reptil Ordo Squmata.

1. Komodo Adalah Contoh Hewan Reptil Karnivora Endemik Indonesia

Reptil Komodo

Ordo Squmata

Siapa yang tak kenal Komodo. Komodo yang bernama latin Varanus Komodoensis, sering disebut dengan Comodo Dragon adalah contoh hewan reptil endemik asal Indonesia.

Kadal ini sangat di jaga kelestariannya karen komodo adalah salah satu contoh hewan reptil yang sangat langka. Hewan ini hidup hanya di pulau komodo Indonesia. Walu hewan ini merupkan hewan ganas namun msyarakat sangat menghormti keberadaan hewan ini.

Mereka memperlakukannya seperti hewan ternak biasa yang dilepaskan di halaman rumah mereka, Komodo adalah spesies reptil kadal terbesar.

Spesies ini bekembang sejak 4 juta tahun yang lalu. ukuran komodo dews untuk pejantan mencpai 3 meter dengan berat sekitar 80 kilo sedangkn untuk sang betina hany 2.4 meter dengan berat 40 kilo.

2. Iguana, Reptil Herbivora yang Punggungnya Bersisik Tajam

Contoh reptil herbivora

Salah satu contoh hewan reptil yang mampu melakukan kamuflase adalah iguana. Iguana adalah jenis kadal yang mampu berkamuflase dengan warna sekitarnya.

Reptil satu berkembang biak di derah tropis seperti  Amerika tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibian.

Ciri fisik yang mengingdiksikan seekor reptil kadal adalah iguana dapat dilihaat dari sisik di punggungnya yang berjajar lurus dari kepala hingga ekor. Selain itu iguana memiliki glambir yang cukup besar di bawah lehernnya.

Hewan reptil satu ini mampu tumbuh panjang hingga 1.5 meter hingga 1.8 meter. Untuk maslah perut, iguana dalah kadal herbivora ang manannya adalah kacang kacangan, buah dan sayuran.

3. Bunglon, Reptil yang Mengendap Endap dan Suka Menyamar

Reptil yang bisa menyamar

kosongan.id

Jika ditanya hewan apa yang dapat beruah warna selain iguana. Jawbannya adalah bunglon. Bunglon merupkan contoh hewan reptil yang ampu berkamuflase dengan baik dengan lingkungan.

Kemampunnya untuk berubah warna menjadi andalan dia untuk berburu serangga. Hewan ini merupakan contoh hewan insektivora dengan kemampuan berburu yang unik.

Selain untuk berkamuflase, warna bunglond yang berubah ubah juga mengekpresikan suasana hatinya. Seperti halnya ketika dia merasa terancam dan tergnggu, warna dari bunglond akan berubah menjdi hitam.

Hewan reptil satu ini memilii kemampuan untuk memutar matanya 360 derajat. Kedua bola mata ini bekerja secara terpisah dan mampu bergerak secara terpisah. Tujuannya adalah untuk memudahkan bunglond dalam berburu mangsnya.

Bunglon adalah salah satu contoh hewan reptil jenis kdal yang mampu menjulurkan lidahnya yang panjang untuk menangkap mangsanya yang masih jauh. Perpadua mata, kamuflase, dan lidah yang panjang dan lengket menjadi senjata untuk berburu serangga yang ampuh.

4. Many Banded Krait, Reptil yang Sering Juga Disebut Ular Weling

COnrtoh reptil Berbisa

hongkongsnakeid.com

Salah satu contoh hewan reptil yang berbahaya adalah Ular Weling. Ular yng juga dikenl dengan nama Many Banded Krait ini berkembangbiak di daerah Taiwan, Cina, dan negara negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Ular weling adalah hewan reptil berbisa dengan ciir ciri khasnya adalah warna dan coraknya yang bergaris garis seperti menggenakan karet gelang. Hewan reptil berbahaya ini memiliki racun yang cukup kuat. Jika kalian tergigit hewn ini segeralah bawa kerumah sakit terdekat.

Pernah ada laaporan seorang dokter meninggal dunia 2 jam setelah terkena gigitn hewn memtikan ini. Reaksi awal racun dari hewan reptil berjenis ular ini adalah gatal dan mti rasa di sekitar luka gigitan. Beberapa jam kemudia mengaakibatkan pandangan yang kabur dan sesak nafas. Jika masih dibiarkan bisa mengakibatkan kemaatian.

5. Ular Black Mamba, Contoh Hewan Reptil yang Hitam dan Berbahaya

animalcorner.co.uk

Contoh hewan reptil berbisaa lainnya adalah Ular Black Mamba. Siap yang tak kenal dengan namanya? hewan satu ini sudah sangat terkenal dengn nama yang melegenda karena termsuk ular dengan bisa terkuat dan mematikan.

Sesui namanya ular ini memiliki ciri fisik berwarna hitam tulen. Tidak seperti hewan berbisa lainnya yang memlliki warna dan motif yang unik, black mamba hanya memliki warna hitam polos.

Reptil berjenis ular dengan rata rata panjang 2 hingga 3 meter ini mampu menyerang atau menggigit dengan kecepatan 16km/h. Korban akan lumpuh dalam waktu 45 menit dan jika tidak mengalami penanganan yang cepat dalam waktu beberapa jam kemudian bisa mengalami kematian.

6. King Cobra Sang Raja Reptil Pembunuh

reptil Berbisa dan Mematikan

abc13.com

Satu lagi contoh hewan reptil yang telah melegenda karenaa bisanya yang sangat mematikan dan keagresifannya dalam melumpuhkan mangsa mangsanya. Reptil jenis ular ini bernama King Kobra. Kekuatan racun King Kobra tidak perlu di ragukan lagi.

Ada laporan bahwa dalam sekali gigit king kobra dapat menuntikkan 200 hingga 500 miligram racun. Ciri fisik King Kobra dengan kobra iasa adalah corak di bagian leher kobra yang seolah olah memiliki dua bola mata besar.

Ular jenis ini hidup di negara negara Asia Timur hingga Asia Tenggara termasuk indonesia. Jika kalian tergigit oleh ular ini kalian akan membutuhkan anti racun yang cukup banyak. Jika tidak kalian bisa saja meninggal dalam hitungan jam.

7. Ular Phyton Contoh Hewan Reptil Peliharaan yang Ekstrim

Reptill jenis ular piton

medium.com

Kalu hewaan reptil ber jenis ular ini tida memilii bisa seperti ular ular sebemnya. Ular piton merupakan contoh dari seagian reptil ular yang menangkap mangsanya dengan cara melilitnya dan menelannya bulat bulat.

Tidak seperti ular berbisa yang gesit, ular piton cenderung lambat namun sekali terbelit, akan sulit untuk dilepskan. Taring yang dimiliki juga berbeda. Piton memiliki baris gigi giigi tajam yang akan membantuny menggigit mangsanya sehingga tidak akan terlepas lagi.

Ular piton mampu tumbuh besar bahkan dia mampu menela manusia bulat bulat. Reptil ini memiliki banyak jenis yang tersebar di dunia. Sedangkan di Indonesia, ular piton yang sering ditemukan warga karena memangsa manusia adalah jenis ular sanca.

Walau ular ini mampu menelan hewan bahkan manusia secar bulat bulat ular ini menjad pilhaan pelliharaan bagi seaagian orang. Bahkan kita mudah menemukan komunitas pecinta ular piton yang menjual maupun memelihara beragai macam piton.

Contoh Hewan Reptil Ordo Testudinata, Si Reptil Bercangkang

Kura kura peliharaan

abcnews.go.com

Kalau Reptil Ordo satu ini banyak penggemarnya. OrdoTestudinta adalah ordo dari reptil bercangkang keras yang kita kenal dengaan kura kura. Kura kura adalah reptil yang banyak digemari karena dapat dijadikan Hewan peliharaan.

Selain tingkahnya yang lucu, kura kura juga cenderung memiliki umur yang panjang sehingga cocok untuk menjadi hewam peliharaan. JIka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kura kura silahkan baca artilkel tentang jenis kura kura lengkap dengan gambar dan contohnya.

Ada Banyak jenis jenis kura kura yang perlua kali Untuk lebih mengerti tentang sepsies kura kura berikut adalah sedikit contoh hewan reptil spesies kura kura.

Kura kura sendir  merupakan hewan omnivora yang gemar memakan apasaja, entah itu tumbuhan ataup[un hewan dan serangga. Makanan kura kura biasa berupa ikan ikan kecil, sayuran, pelet, tanaman air hingga serangga dan ulat ulatan.

1. Aligator Snapping Turtle, Reptil Bercangkang yang Pengigit

reptil kura kura penggigit

mentalfloss.com

Kalau klian pecinta kura kura karena kura kura adalah hewan yang menggemaskan, tunggu sampai kalain melihat aligator snapping turtle. Ini adalah contoh hewan reptil ordo testudinata yang jauh dari kata menggemaskan. Cobalah lihat rahang dengan paruh tajam yang sangar itu.

Rahang itu berfungsi untuk menyergap mangsa dan apapun yang mengganggunya  depannya. Karen kuatnya gigtannya bahkan ranting pohonpun dengan mudah akan terpotong oleh gigitannya.

Ranting pohon yang lumyan keras saja bisa terpotong apa lagi kulit manusia. Berhti htilah dengan reptil bercangkang satu ini.

2. African Spurred Tortoise Reptil Herbivora yang Ramah

reptil herbivora

oregonzoo.org

Reptil bercangkang satu ini saangat banyak penggemarnya selain keren lucu dancangkang yang indah kura kura ini bisa dijadikan hewan pelihraan yang mampu menemnikita selam 70 tahun.

Ya umur kura kura satu ini mampu bertahan hingga usia tersebut. tidak hanyaa itu berat kura kura ini mampu mencapai 100 kg lebih. dengan panjang 80cm lebih.

Kura kura ini adalah contoh hewan reptil bercangkang indah asal Afrika selatan. Walau begitu di Indonesia akan mudah ditemukan sebagai hewan peliharaan.

3. Red Ear Sllider Turtel Hewan Reptil Peliharaan yang Imut

Conoto hewan reptil kura kura

tortoisetown.com

Bisa juga disebut dengan kura kura brazil. Kalau reptil bercangkang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita dapat temui reptil kura kura ini di hapir setiap toko hewan peliharaan. Kura kura ini sangat pupuler selain umurnya yang panjang kura kura ini cenderung aktif dan interaktf.

Kura kura ini memiliki ciri khas yaitu garis berwarna oren kemerah merahan yang berada di bagian telinganya atau keplanya dengan tubuh yang didominasi warna hijau. Kura kura ini merupakan salah satu contoh hewan reptil yang berasal dari Amerika Selatan dan cukup populer di Indonesia sebagai hewan peliharaan.

4. Penyu Hijau Reptil yang Mulai Langka

jenis kura kura yang dilindungidi indonesia penyu hijau

tutorialchip.com

Salah satu contoh hewan reptil yang banyak diburu untuk dijadikan cenderamata adalah penyu hiajau.  Reptil satu ini hidup secara bergerombol. Pindah dari satu tempat ketempat lainnya seumur hidup mereka.

Setidaknya ada oleh dari 80 negara di dunia adalah tempat singgah mereka untuk bertelur daan berkembang biak. Salah satu negara tersebut adalalah Indonesia.

Banyak nelayan di Indoensia Melakukan perburuan penyu hijau untuk di jual dan di konsumsi dagingnya. Sedangan cangkangnya di jual untuk dijadikan cenderamata. Reptil yang masih termasuk saati ordo dengan kura kura ini sekarang termasuk satwa yng dlindungi karen populasinya semakin lama semakin berkurang.

 

Leave a Reply