fbpx

10 Contoh Hewan Herbivora Unik dan Langka

Ada banyak jenis hewan di dunia ini. Namun umumunya jenis jenis hewan tersebut dikelompokan berdasarkan apa yang hewan tersebut makan. seperti contoh hewan herbivora karnivora omnivora.

Umumnya hewan kalau tidak memakan hewan lain ya memakan tumbuhan. Namun tidak sedikit hewan yang memakan keduanya atau biasa disebut hewan memakan segalanya.

Hewan pemakan tumbuhan yang biasa kita ketahui seperti sapi, kambing, kerbau, dan semacammnya dalam buku ilmu pengetahuan dijuluki hewan Herbivora.

Hewan jenis ini merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan atau rumput.

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hewan herbivora, berikut akan dibahas mengenai pengertian, ciri ciri, dan beberapa contoh hewan herbivora yang belum pernah kalian ketahuai atau banyak oarang yang tidak menyangka hewan hewan ini ada.

Baca Juga : 15+ Contoh Hewan Omnivora   

Pengertian Hewan Herbivora

contoh hewan herbivora unik

aplustopper.com | Hewan Herbivora

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengertian hewan herbivora adalah hewan yang mengkonsumsi atau memakan berbagai jenis tumbuhan, mulai dari tumbuhan keras maupun yang mudah dicerna.

Berbeda dengan omnivora ataupun karnivora pada umunya, yang memiliki pecernaan yang kompleks untuk mencerna makanannya. Pencernaan  hewan herbivora diciptakan kusus untuk mencerna secara baik tumbuhan tumbuhan yang dikonsumsi.

Biasanya ada beberapa tumbuhan yang sering makan hewan jenis ini. Diantaramya adalah rumput rumputan, kulit pohon, dahan pohon kecil, hingga buah buahan.

Hewan yang biasa memakan jenis tumbuhan tersebut biasanya memiliki sistem pencernaan yang tebal dan kuat  seperti halnya sapi, kerbau, ataupun kuda.

Mereka memiliki gigi giginya yang besar dan kuat untuk mengunyah halus tumbuhan yang di konsumsi. Namun ada juga hewan herbivora yang mengkonsumsi mikroba dan jamur.

Dari penjelasan yang telah diebutkan, dapat disimpulkan bahwa hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora, apapun itu tanaman yang dionsumsi. Tanaman keras ataupun tanaman tanaman dalam wujud mikroba.

Ciri Ciri Hewan Herbivora

thevetisin.com | Herbivora

Jika sudah mengerti apa itu herbivora tentu kalin menanyakan, “Kalau begitu adakah ciri khusus yang dimiliki hewan herbivora?” Sebernarnya tidak ada ciri khusus hewan pemakan tumbuhan. Namun berikut akan dijelaskan ciri ciri yang banyak dimiliki hewan herbivora secara umum.

  1. Pertama adalah Kuku kuku tebal dan tumpul: Sebagai hewan herbvora tentu mereka tidak memerlukan kemampuan untuk mencakar dan menerkam. Sehingga Herbivora pada umumnya memiliki kukun tumpul.
  2. Berkaki empat: Rata Arat jenisn hewan herbivora memiliki kaki empat. JIka kalian memnemukan hewan tidak berkaki empat besar kemungkinan hewan tersebut bukanlah herbivora, bisa jadi omnivora ataupun karnivora.
  3. Bergigi tumpul: Hewan pemakann tumbuhan seperti rerumputan keras, rumput liar, batang pohon, kulit pohon, memliki gigi gigi yang besar dan kuat namuntidak tajam. Fungsinya untuk menggiling rumput rumput tersebut dengan baik.
  4. Mamalia: jika kalian mengamati dengan seksama, rata rata hewan herbivora adalh mamalia. seprti sapi gajah dan kawan kawan, namun ini bukan ciri ciri pasti. Ada beberpa kasus reptil yang memakan buah buahan, mereka bukanlah mamalian.

Penjelasan ciri ciri hewan herbivora  diatas bukanlah ciri ciri pasti seekor herbivora. Karena Banyak juga herbivora yang tidak memiliki ciri ciri tersebut.

Namun umumnya jika pada suatu hewan terdapat ciri ciri tersebut secara lengkap, mereka dapat dinyatakan sebagai hewan pemakan tumbuhan atau herbivora.

10 Contoh Hewan Herbivora Beserta Gambar dan Foto

Jika berbicara mengenai hewan apa saja yang tergolong hewan herbivora, tentu akan sangat banyak contoh yang kalian dapatkan.

Namun tentu tidak terlepas dari sapi, kambing, kuda, gajah dan hewan hewan herbivora mainstream lainnya. Namun jika ingain mengetahu hewan hewan pemakan rumput atau tumbuhan apa saja yang unik dan anti mainstream disilah tempatnya.

Berikut akan dibahas contoh dan gambar hewan herbivora unik yang belum kalian ketahui

Patagonia Mara, Hewan Pemakan Tumbuhan Asli Amerika Selatan

pantagonia mara contoh hewan herbivora

videoblocks.com | contoh hewan herbivora

Contoh hewan herbivora yang pertama adalah Mara Patagonia merupakan jenis hewan pengerat. Hewan ini merupakan hewan pemakan tumbuhan yang tinggal di Amerika  selatan tepatnya di negara Argetntian dan Bolovia.

Habitat hewan pengerat ini adalah padang rumput Patagonia. Mereka hidup secara berkolompok didalam sarang kmereka, sarang Mara Patagonia ini tidak berbeda dari hewan pengerat lainnya.

Ya, Mereka tinggal didalam liang. Uniknya hewan pengerat ini meletakkna anak anak mereka dalam satu liang yang sama dengan Mara kelompoknya.

Sehingga ketika mereka menyusui anak anaknya, mereka mencium bau yang menjadi identitas anak anaknya. Bentuk hewan ini cukup unik.

Sekilas  ketiak duduk binatang ini mirip dengan kelinci. kakinya panjang dan kuat seperti kelinci. yang membedakan adalah ukurannya yang tentu jauh lebi besar dari kelinci.

Ketika hewan ini berdiri mereka malah terlihat seperti rusa kecil dengan telinga yang lebih lebar. Mara Patagonia sekarang mulai langka dikarenaknmereka menjadi spesies buronan para peredator.

Namun hewan ini dilengkapi dengan sistem pertahanan diri yang cukup bagus. Ketiak mara mendeteksi ada bahaya yang mengancam nyawa mereka, dengan kaki panjangnya mereka akan berlari kencang seprti cheetah.

Kecepata Patagonia Mara ini diperkirakan mampu mencapai 40km/h. Sangat cepat bukan bagi seekor hewan pemakan rumput dan tumbuhan.

Waller’s Gazelle Atau Gerenuk

Binatang Herbivora Unik

pinterest.com | Contoh Binatang Herbivora Unik

Waller’s gazelle atau biasa juga disebut dengan Geren9uk. Memiliki nama lain Giraffe Gazle atau rua jerapah. Disebut begitu karena rusa satu ini memiliki postur yang mirip dengan jerapah. Yakni berbadan ramping dan kurus dengan leher yang panjang.

Seperti halnya rusa, Hewan ini merupakan salah satu contoh hewan herbivora atau pemakan tumbuhan yang unik dan jarang diketahui orang.

Gerenuk ditemukan dan berhabita di deaerah Danau Besar Afrika Utara. Hewan pemakan rumput ini yang masih satu keluarga dengan rusa ini hidup secara berkelompok disana.

Tinggi hewan tumbuhan ini kurang lebih hanya satu meter dengan berat antara 28 kg hingga 52 kg. Waller’s gazelle atau Gerenuk merupakan hewan yang memiliki perbedaan yang cuku banyak jika dibandingkan antara jantan dan betina.

Namun yang paling menonjol adalah dibagian tanduknya. Panjang tanduk Genrenuk berkisar antara 25 cm hingga 44 cm. Hewan Herbivora satu ini memiliki keunikan jika dibanding rusa.

Gerenuk mampu berdiri tegak untuk meraih ranting ranting pepohonan. Sehingga sebagai hewan pemakan tumbuhan, tidak hanya mendapatkan asupan makanan dari rumput di bawan saja, namun juga dari dedaunan pohon.

Jika hewan ini berdiri tegak dan menjulurkan lehernya keatas, Tinggi hewan berleher panajang ini bisa mencapai 2 Meter lebih.

Di habitat asalnya hewan ini menjadi santapan oleh cheetah, singa, dan peredator peredator asal afrika lainnya.

Zebra Duiker, Contoh Hewan Pemakan Tumbuhan yang Unik

Contoh Hewan Herbivora Zebra duiker

zoochat.com | Gambar Hewan Herbivora Zebra Duiker

Hampir sama dengan mara patagonia, duiker zebra adalah seekor spesies dari antelop yaitiu spesies dari keluaga rusa. Hewan ini menjadi contoh hewan herbivora atau pemakan rumput unik berikutnya.

Tidak semua orang mengetahui hewan ini ada di dunia. “Kok namanya zebra?” Ya, Hewan ini menjadi unik karena corak tubuhnya yang menyerupai zebra. WAlau demikian hewan ini tidak termasuk dalam spesies zebra

Tinggi hewan ini mampu mencapi 90 cm dengan panjang kurang lebih 45 cm. Herbivora omini berhabitat di hutan hujan yang banyak ditemukan di negara afrika dibagian hutan.

Babirusa, Hewan Herbivora Asli Indonesia

COntoh Hewan Herbivora Unik Babi Rusa

flickr.com | Hewan Herbivora atau pemakan tumbuhan

Sebagai warga Indonesia pernahkah kalian tau hewan satu ini. Babi rusa adalalah hewan herbivora endemik Indonesia yang jarang diketahui orang.

Dari nama dan bentuknya saja kita dapat mengetahui hewan ini merupakan Contoh hewan Pemakan tumbuhan atau rumput yang berasal dari keluarga babi.

Nama Babirusa sendiri muncul karena ciri ciri fisiknya yang khas. Yakni taring yang mencuat keatas sehingga berbentuk sperti tanduk dan ada juga di bagian hidung yang melengkung keatas.

Karena tanduk ini dan taring besar yang seperti tanduk, Herbivora satu ini di juluki babirusa. Babirusa hanya ditemukan di sekitar pulau Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Burudan dan pulau-pulau Maluku lainnya.

Hewan ini hanya memakan buah buahan dan tanaman. Mereka mencarimakan hanya pada malam hari untuk bersembunyi dari pemangsa yang ada.

Tanduk dari hewan ini berfungsi untuk melindungi mata babirusa dari duri rotan dan ranting ranting tanaman lainnya.

Kera Emas Hidung Pesek Herbivora yang Unik

Kera emas hidung pesek Contoh Hewan Herbivora Unik

2c-lintangsuci.blogspot.com

Satu satunya alasan kenapa sepesies monyet ini dijuluki kera berhidung pesek, adalah hindungnya. Kera ini berbeda dengan kera kebanyakan.

Mereka tidak memiliki hidung yang menonjol, Hidung kera ini beran benar rata. Hanya ada dua lubang yang menandakan hidung dari monyet jenis ini.

Ada beberapa spesies dari kera hidung pesek ini.

Namun yang paling populer adalah kera emas berhidung pesek. Kera ini memiliki bulu emas yang keren dan bersinar. menjadikan satwa ini sangat diminati oleh banyak kebun binatang di dunia.

Satwa ini merpakan contoh hewan herbivora berikutnya yang jarang diketahui orang. Makanan utama kera ini adalah kerak lumut yang tumbuh di pepohonan, walaupun sebenarnya mereka cukup fleksibel dalam memilih makanan tergantung pada musimnya.

Binatang herbivora atau pemakan tumbuhan ini ditemukan di benua asia. Moyet ini tersebar di daerah Cina selatan dan Myanmar Utara. Ada tiga Spesie kera hidung pesek yang diketahui yaitu Moupin, Quinling, dan Hubei.

Tufted Deer Atau Rusa Berjambul

Contoh hewan herbivora rusa bertaring

worldatlas.com | Rusa Bertaring

Contoh hewan herbivora berikutnya adalah Tufted Deer. Sama halnya zebra duiker, Tufted Deer masih satu keluarga dengan rusa.

Berbeda denga rusa pada umumnya, Tufted Deer memeiliki ciri khusus yakni rambut jambulnya yang berwarna hitam. selain itu yang menjadi unik Tufted Deer memiliki taring.

Tentu saja sebagai herbivora yang notabennya pemakan tumbuhan dan rumput tumputan taring ini bukan difungsinkan untuk memangsa hewan lain, namun hanya sekedar alat pertahanan diri.

Jika dibanding rusa rusa pada umumnya mereka memiliki tanduk dan tidak memiliki taring yang mana berkebalikan dengan Tufted Deer hidup di cina utara dan wilayah tengah myanmar.

Namun populasi hewan ini mulai terancam karena sudah menyempitnya habitat di sana.

Southern Red Munjact Biasa Kita Sebut Kijang

Contoh Hewan Herbivora Kijang

aboutanimals.com | Rusa Merah

Muntjac merah selatan atau sering disebut dengan kijang adalah contoh hewan herbivora sejenis rusa yang hidup di wilayah asia selatan.

Hewan ini memiliki warna coklat terang kemerah merahan. Itulah sebab hewan ini dijuluki Muntjac Merah sealatan.

Kijang sendiri merupakan contoh hewan pemakan tumbuhan yang memiliki tanduk.

Ada beberapa spesies. Setiap spesies memiliki bentuk tanduk yang khas. Namun pada ukmumnya tanduk hanay dimilki sang jantan dan bercabang.

Hewan ini masuk kedalam daftar hewan yang dilindungi di asia. hewan ini sering di buru karena karakter dari tanduknya yang unik. biasanya mereka para pemburu mengambil kepala dan dagingnya untuk dimakan.

Markhor, Kambing Endemik Pakistan

Hewan herbivora unik Kambing Pakistan

recordbuck.com/

Markhor adalah jenis kambing yang mungkin sebagian besar orang tidak mengetahuinya. Memang jenis kambing ini tidak akan kalian lihat dijual  atau diedarkan di indonesia bahkan negara lain.

Karena kambing ini adalah kambing endemik Pakistan. Populasi kambing ini sempat menipis dan masuk daftar merah hewan terancam punah.

Namun sejak tahun 2015 Markhor di cabut dari daftar tersebut karena diperkirakan populasinya meningkat sekitar 20%.

Heawan Herbivora ini memiliki julukan lain yakni kambingtanduk ulir. Itu dikarenakan tanduk dari kambing ini begitu panjang dengn bentuk terulir.

Markhor merupakan contoh hewan herbivora jenis kambing besar yang dibiarkan hidup liar dialam bebas. Kambing endemik Pakistan ini tergolong kambing besar karena beratnya yang mencapai 110 kg.

Tinggi hewan ini bisa mencapai 115 cm ini belum termasuk tanduknya. Sedangkan panjang hean ini mencapai 182 cm.

Tanduk kambing  jantan ini bisa mencapai 160cm panjangnya senangkan yang betiana hanya 25 cm. Selain bentuk tanduk yang unik Markhor jantan dikenal karena baunya yang cukup menusuk melebihi kambing lokal.

Mungkin itulah sebabnya hewan ini di biarkan hidup di alam liar.

Kelici, Contoh Hewan Herbivora Atau Pemakan Tumbuhan  yang Menggemaskan

Beberpa Jenis Kelinci termahal

zbinworld.com | Hewan herbivora kegemaran keluarga

Siapa tak kenal hewan mungil bulat dan menggemaskan satu ini. Kelinci merupakan salah satu cotoh hewan herbivora yang digenari banyak kalangan.

Mereka biasa dijadikan hewan peliharaan karena tingkahlaku mereka yang menggemaskan. Selain iru memang kelinci dikenal sebagai hewan pelaharaan yang sangat ramah. Mungkin sebagian dari kailan memahami bahwa kelinci merupakan pemakan rumput dan tumbuhan lainnya.

Namun nyatanya sebagian orang mengira hewan ini sama halnya dengan tikus yakni hewan pemakan segalanya ataubiasa disebut omnivora.

Sebagai hewan pemakan tumbuhan kelinici menyukai sayuran seperti bayam, sawi, wortel, dan sayura sayuran l;ain, mereka juga gemar menyantap buah buahan, dan rerumputan.

Kelinci dapat ditemuakan di seluruh penjuru dunia kecuali kutup utara dan selatan tentuany. Ada yang hidup secara bebas banyak juga yang hidup sebagai hewan peliharaan.

Sebagai salah satu hewa herbivora yang lucu dan menggemaskan. Kelinci banyak dikawin silangkan dengan kelicni dari negara lain untuk mendapatkan hasil kelinci yang unik dan bagus.

Sangking banyakmya spesies kelinci yang ada, para breeder yang berhasil menemukan spesie baru akan mendapat pengakuan dari lemabga khusus yang menampung dan mencatat spesies spesies kelinci di dunia.

Dik Dik, Herbivora Dari Keluarga Rusa yang Mungil

contoh hewan herbivora

youtube.com | gambar hewan herbivora

Dik dik merupakan salah satu contoh hewan herbivora yang hidup di padang rumput afrika selatan. Hewan ini masuk dalam spesies antelop sama halnya denga rusa, maupaun kijang.

Uniknya hewan ini meupan 1 dari 4 antelop mini  yang ada. Disebut sebagai antelop mini karena herbivora satu ini memang memiliki tubunh yang sangat kecil.

Sangking kecil hewan pemakan tumbuhan ini, tingginya hanya sekitar 30cm – 40 cm saja. Pasti kalian belum pernah melihat hewan sejenis rusa yang tinggi di usia dewasanya hanya 40cm saja kan.

Sama halnya dengan herbivora antelop lainnya, dik dik trentunya memiliki tanduk. Hanya saja tanduk yang dimiliki dik dik berukuran kecil. Tanduk pejantannya hanay sekitar 3 inci saja.

Namun tanduk mingilnya tersebut seringkali tertutup oleh mahkota rambutnya yang menjambul sehingga tidak terlihat.

Okapi Herbivora Separuh Zebra Separuh Jerapah

Jerapah Zebra

futurity.org | Jerapah Zebra

Pernahkah kalian menbayangkan apajadinya jika zebra dan jerapah dikawikan secara silang atau di gabungkan?

Mungkin jawaban yang palong tepat atas pertanyaan dan khayalan tersebut adalah Okapi ini. Okapi adalah mamalia endemik Afrika Selatan.

Mereka hidup di hutan hujan Afrika Selatan. Hewan pemakan rumput ini menjadi unik karena bentuk tubuhnya mirip dengan jerapah.

Selain itu sebagian tubuh Okapi bermotiv hitam putih dan berwarna hitam putih layaknya zebra.

Walau motiv dari contoh hewan herbivora ini sangat identik dengan zebra, namun Okapi tidak memiliki garis keturunan yang berdekatan dengan zebra.

Okapi lebih cenderung emndekati jerapah dari jenis sepesiesnya. Jiak kalin belum pernah mendengar atau melihat okapi ini sebenarnya itu adalh hal yang wajar.

Karena masyarakat afrika sendiri baru menemukan hewan pemakan tumbuhan ini sekita tahun 1901 di dalam hutan hujan. Panjang tubuh rata rata Okapi mencapai 2.5m dengan tinggi 1.5m ukuran yang cukup besar bukan.

Berat tubuh hewan tumbuhan satu ini berkisar antar 200 kg hingga 350 kg.  Seprti jerapah Okapi memiliki lehr yang tinggi dan bear, walau tak setinggi jerapah.

Warnanya berwarna coklat gelap hinggacoklat kemerah merahan yang mana itu sangt kontras dengan warna belang belang dan kainya yang berwarna putih.

Pejantan dari herbivora ini memiliki ossicons yakni benjolan kecil seperti tanduk yang tertutup dengan rambut di kepala. Sedangkan sang betina dari okapi ini tidak memiliki ossicons dan rambutnya sedikit rontok.

Lemur Terbang Sunda Herbivora Asli Asia Tenggara

Hewan Unik

coraklogika.blogspot.com | Gambar Hewan Herbivora Lemur Terbang

Pernahkah kalian melihat mamalia herbivora terbang selain tupai terbang sebelumnya? Indonesia meruapakan negara tropis yang kaya kan flora dan faunanya.

Sayannya tidak banyak orang yang mengetahui fauna fauna unik apa saja yang ada di Indonesia. Bahkan kita di Indonesia ini memiliki hewan herbivora unik yakni seekor lemur terbang.

Walaupun namaya adalah lemur terbang sunda, Lemur ini tidak hanya ditemukan di indonesia. Lemur terbang sunda juga ditemukan di negara negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Singapore.

Lemur Terbang Sunda ini menjadi contoh hewan herbivora unik karena mamalia terbang ini menjadi jenis lemur terbag kedua yang ditemukan selain lemur terbang filipina.

Walaupun namaya lemur sebenarnya hewan in bukanlah lemur. Lemura sendiri adalah hewab dalam spesies primata, sedangkan lemur terbang ini buaknlah primata.

Lemur terbang terbang dengan cara yang sama dengan tupai terbang. Mereka meluncur dari pohon satu kepohon lain untuk berpindah tempat dan mencari makanan.

Hewan herbivora ini adalh jenis hewan yang aktif ketika malam datang. mereka mencari bagian bagain tumbuhan yang lunak seperti daun muda, bunga, dan buah buahan.

Denga sifat dan selera makannya ini hewan ini sangat bergantung pada hutan untuk bertahan hidup.

Iguana, Herbivora dari Kalangan Reptil

Contoh reptil herbivora

Kalian pernah tau iguana? Apa kalian tau bahwa sebernarnya Iguana merupakan hewan herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Tidak semua orng tau bahwa reptil satu ini ternyata merupakan salah satu contoh hewan herbivora dari kalangan reptil.

Iguana yang biasa hidup di hutan ini gemar memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan. Ada juga Iguana yang berhabitat di pesisir pantai, mereka biasa memakan tanaman tanaman laut seperti rumput laut.

Mereka adalah contoh hewan reptil yang memiliki kemampuan berkamuflase yang cukup baik. Mereka juga memiliki tampilan yang sangar. OLeh karena itu tidak hewan jika banyak pencinta reptil yang tertarik memelihara iguana sebagai binatang peliharaan meraka. Seperti halnya kebanyakan herbivora yang hidup di pepohonan, mereka dilengkapi dengan kuku kuku tajam yang berfungsi untuk memanjat pohon dan mencekram batang pohon agar tidak mudah terjatuh.

Leave a Reply