conoth hewan insektivora

25 Contoh Hewan Insektivora Beserta Pengertian & Ciri ciri

Contoh Hewan Insektivora – Diketahui ada berbagai macam jenis hewan yang ada di dunia. Hewan hewan digolongkan dan dan dikelompokan ke banyak kelompok kelompok, ada hewan yang dikelompokan berdasarkan rangkanya, Kemiripannya, alat pernafasannya, cara berkembangbiaknya, termasuk apa yang dimakannya.

Seperti yang kita ketahui, sebagai makhluk hidup,  ada Hewan yang mengkonsumsi tumbuhan, daging hewan lain, atau bahkan memakan segalaya mulai dari tumbuhan hingga hewa hewan lain atau bahkan memakan sesama.

mereka disebut dengan hewan karnivora,  herbivora dan omnivora. Tapi diantara jenis jenis hewan berdasarkan yang dimakan ada satu jenis yang jarang diketahui orang yang biasanya dikelompokan besama sama dengan karnivora. Jenis hewan tersebut adalah hewan pemakan serangga disebut dengan hewan insektivora.

Ada banyak hewan insektivora yang dapat kita temukan di lingkungan kita. Mulai dari hewan insektivora mamalia, hewan reptil, hingga insektivora dari kalangan serangga sendiri.

Tidak hanya dari kalangn hewan, para insektivora dapat juga kita temukan di spesies tumbuh tumbuhan.

Untuk memperluas wawasan kita mengenai hewan hewan insektivora. Berikut akan dibahas pengertian, ciri ciri, gambar, foto, dan contoh hewan insektivora atau biasa disebut hewan pemakan serangga.

Pengertian Hewan Insektivora

wallpaper definisi

adjudicate.com.au

Hewan Insektivora adalah kelompok organisme hidup yang mencari asupan dari organisme oragniseme atau binatang kecil. Binatang kecil yang dimaksut disini bukanlah binatang mamalia, unggas, reptil atau hewan hewan semacamnya. Melainkan binatang kecil seperti serangga.

Ada banayk hewan pemakan serangga yang dapat kita temuakan. mulai dari hewan insektivora berbadan besar seperti mamalia, reptil reptil, burung burung, dan bahkan banyak dari kalangan srangga sendiri yang mengkonsusi serangga lain sebagai asupan nutrisi mereka.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, insektivora tidak hanya berasal dari kalangan binatang. tapi juga ada beberapa tumbuhan yang menjadikan serangga sebagai sumber asupan nutrisi tambahan agar kepubutuhan nutrisi mereka terpenuhi.

Ciri Ciri Hewan Insektivora

ciri ciri

Youtube.com

Ada sangat banyak binatang bianatang insektivora yang dapat kita jumpai. mereka berasal dari berbagai macam spesies binatang. Banyaknya jenis binatang atau hewan ini menjadikan para peneliti sulit mengidentifikasi apa ciri utama dari para Insektivora ini.

Sehingga tidak ada ciri kusus atau ciri pokok yang dimiliki oleh hewan insektivora. Namun ada beberapa ciri fisik uum yang dimiliki para peredator serangga ini.

Namun sebelumnya perlu diingat ciri ciri ini tidak bisa dijadikan indikasi utama dari para insektivora ini. Berikut merupakan ciri ciri hewan insektivora.

  1. Ukuran tubuh yang Kecil : rata rata ukurantubuh para insektivora berukuran kecil, walau memang ada beberapa insektivora yang memiliki tubuh besar, tetap saja insektivora yang berukuran kecil lebih banya. Jika diukur dengan telapak tangan pria dewasa, maka ukurannya tidak lebih dari itu.
  2. Ahli Dalam Berkamuflase atau Membuat Perangakap: Banyak dari serangga dilengkapi dengan reflek yang cepat dan indra yang tajam. hal ini menjadikan beberapa serangga sulit untuk ditangkap. Maka dari itu beberapa spesies insektivora banayk dilengkapai kemampuan berkamuflase atau pandai membuat perangkap.
  3. Gigi gigi tajam  : beberapa diantara mereka terutama ddari spesies reptil dilengkapi gigi gigi kecil yang tajam untuk menggigit serangga.

Perlu kalian pahami ciri ciri tersebut bukan merupakan ciri ciri kusus yang dimiliki para insektivora. Masih ada banyak hewa insektivora yang tidak memiliki ciri ciri diatas.

Setelah membahas ciri ciri hewan insektivora, Sekarang akan mulai membahas berbagai macam contoh hewan insektivora yang unik dan menarik. Untuk mempersingkat waktu bacalah penjelasan berikut mengnai contoh insektivora.

Contoh Hewan Insektivora Dari Para Mamalia

Adabanyk hewan insektivora mulai dari mamalia hingga dari kalangan serangga sendiri. Agar Lebih terkelompok berikut akan dijelaskan contoh contoh hewan yang berasal dari hewan mamalia sperti sapi dan sebgainya.

Mole atau Tikus Tanah

contoh hewan insektivora yang hidup di tanah

dictio.id | Hewan Insektivora yang hidup di tanah

Pernah melihat tikus tanah? Tikus ini memiliki sifat yang sangat pemalu dibanding jenis jenisn tikus lain, tikus ini juga memilii pengelihatany yang dapat dibilang buruk.

Namun utungnya tikus jenis ini memiliki penciuman yang sangat baik. mereka mendeteksi sesuatiu dengan penciumannya.

Mereka tinggal didalm tanah jadi akan jarang dilihat orang. Mereka mecarai akanan makanan kecil yang hidup di tanah seperti cacing maupun serangga serangga yang ada ditanah.

Sebagai contoh hewan insektivora, Hewan ini memang memiliki keunikan, mata dari hewan insektivora ii sangatlah kecil dan tertutup bulu, ini berfungsi untuk melindungimata dari tanah.

Kaki kaki tikus tanah juga dilengkapi dengan jari jari yang besar dan berkuku tajam yang berguina untuk menggali tanah.

Shrews Spesies Hewan Pengerat Insektivora

Hewann INsektivora yang seperti tikus

blog.nature.org | Shrews

Adalah hewan insektivora berbentuk tikus yang memakan serangga. Hewan memang mirip dengan tikus, tapi bukan kerabat dekat tikus tiikus hewan pengerat pada umumnya.

Seekor Shrews lebih mirip dan lebih dekat dengan seekor mole atau tikus tanah mereka juga dekat dengan spesies Hedgehogs atau biasa kita kenal dengan landak.

Hewan ini beruikuran kecil , hidup di berbagai belahan negara, sebagai contoh hewan insektivora, mereka menyukai makanan makanan kecil seperti serangga, hewan invertebrata, cacing, hingga beberapa biji bijian, Mungkin hewan ini lebih tepat disebut sebagai hewan omnivora.

Landak

hewan pemakan serngga

georgesoutdoornews.bangordailynews.com | Landak mungil hewan pemakan serangga

Hedgehogs atau sering kita sebut landak merupakan contoh hewan insektivora beriutnya. Hewan ini memiliki bulu bulu keras di sekujur tubuhnya yang berguna melinduigi diri dari para pemangsa. mamalia mungil ini terdiri dari banyak spesies.

Ada landak yang berukuran besar denga duri duri yang tajam dan panjang, dan ada juga landak landak mungil dan menggemaskan dengan duri duri yang tidak terlalu tajam dan tidak terlalu panjang.

Hal ini menjadikan hewan insektivora ini digemari banyak kalangan untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga yang ramah dan menggemaskan. Sama halnya dengan contoh hewan insektivora sebelumya, Landak juga gemar mengkonsumsi biji bijian.

Walau demikian, Sebenarnya dalam banayak kasus landak ini bisa menyantap makanan selain serangga seperti biji bijian dan buah buahan kecil. Maka dari itu banyak juga orang yang lebih berpendapat bahawa landak juga termasuk salah satu contoh hewan omnivora atau pemakan segalanya.

Anteaters

Contoh Hewan Mamalia Issektivora

Youtube.conm | Anteater

Anteaters adalah cointoh hewan insektivor berikutnya. Hewan ini jarang kita lihat di sekitar kita tentunya, Anteater merupakan jenis hewan mamalia terbesar pemakan serangga.

Panjang hewan ini paling besar bisa mencapai 1.2 m. Cukup lumayan buak untuk seekor pemakan srangga. Dari nama hewan ini saja kita dapat mengetahui bahwa hewan ini merupakan contoh hewan insektivora pemakan semut.

Ya ant eater merupaakn mamalia yang memakan semun dan rayap, Kuku besarnya digunakan untuk membongkar sarang semut ataupun sarang rayap.

Mereka memiliki moncong yang cukup panjang dengan mulut berlubang kecil dan lidah yang panjang dilengkapi dengan perekat untuk menangkap semut dan rayap.

Hewan mamalia ini juga dilengkapi dengan bulu bulu yang p[anang yang berfungsi sebagai pelindung dari gigitan semut dan rayap.

Hewan Insektivora dari Spesies Reptil

Setelah membahas berbagai contoh hewan insektivora dari spesies hewan berjenis mamalia, sekarang saatnya beralih ke spesies hewan bersisik, yakni reptil. Ada banyak contoh hewan reptil unik yang dapat kita temukan muali dari pemakan serangga, daging, hingga tumbuhan. Namun sekarang yang akan di bahas adalah contoh dari spesies hewan pemakan serangga dari jenis hewan reptil.

Bunglond

Reptil yang bisa menyamar

kosongan.id

SIapa yang tidak kenaldengan hewan yang mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. kemampuan nya dalam beradaptasi dengan warna dominan di lungkungannya menjadikan reptil ini cukup banyak di pelihara orang.

Bunglond merupakan saah satu contoh hewan insektivora yang mampu merupah kulitnya. ada yang menyatakan hewan insektivora ini merubah warna kulitnya menyesuaikan lingkungannya, namun juga ada yang menyatakan berubahnya warna pada tubuh bunglond berawal dari mood reptil ini.

Hal tersebut berlandaskan ketika bunglond merasa terancam, stres dan marah warna mereka seketika berubah menjadi hitam.

Bunglond selain memiliki kemampuan berkamuflase mereka memiliki mata yang bergerak secara terpisah dan dapat berputar 360 derajat. Hal tersebut memungkinkan mereka mendeteksi mangsa yang mendekat.

Jika mangsa sudah mendekat mereka dengan cepat melontarkan lidahnya yang panjang dan dilengkapi lendir lengket untuk menagkap serangga tersebut.

Throny Devil

Youtube.com | heman pemakan serangga insektivora

Contoh hewan insektivora berikutnya adalah Thorny Devil atau terkadang disebut Thorny Dragon. Hewan insekti vora ini dapat dditemukan di gurun pasir.

Hewan ini kecil dan suka menggali untuk berl;indung dari para pemangsa dan mencari makkan. Reptil ini memiliki keunikan yakni tubuhnya yang dilengkapi dengan duri duri di setiap sisiknya. Duri duri ini berfungsi menangkap nutiran butiran air yang ada di udara seperti embun.

Ketika malam tiba butiran butiran embun akan melekat di duri duri tersebut  dan mengalir kearah mulutnya secara otomatis. Ini memungkinkan Thorny devil mendapatkan asupan air tanpa harus mencariu sumber air.

Ketika hujan, thorny devil akan mendapat banyak sekali air yang mengalir ke arah mulutnya dari duri duri di sekujur tubuhnya.

Sebagai contoh hewan insektivora, thorny devil merupakan reptil yang gemar menyantap serangga serangga kecil dalam tanah sepertihanya semut.

Kadal Duri Mata Merah Red-Eyed Crocodile Skink

hewan insektivora sala papua

reptilesmagazine.com | Kadal berduri mata merah asal papua

Red-Eyed Crocodile Skink atau biasa dikenal dengan kadal duri mata merah merupakan contoh hewan insektivora yangdapat ditemuakn di Indonesia dan di Australia.

Reptil ini memiliki bentuk yang unik dan sangar, seusai namanya, kadal ini dipernuhi dengan sisik sisik berduri dengan corak warna oranye ke merah merahan di sekililing mata reptil insektivora ini.

Di indoneisa reptil ini dapat ditemuakn di irian jaya hingga paua nugini. reptil unik  di sebut insektivora karena mereka suka menyantap serangga serangga kecil seperti jangkrik semut, atau serangga serangga kecil lainnya.

Namunjiak reptil ini menginjak usia dewasa, mereka juga akan menyantap anak anak mamalia kecil seperti tikus. Kadal ini juga memiliki kemampuan untuk memutuskan ekornya dan menumbuhakannya sama persis seperti semula.

Kadal Mole Meksiko

kadal mole contoh hewan insektivora

en.wikipedia.org

Kali ii giliran kadal dari benua ameriak. Ya, kadal mole meksiko merupakan kadal yang dalapap ditemukan di mexico  hingga kalifornia. kadal ini sangat unik.

Bentuknya menyerupai cacing, selain bentuknya yang menyerupai cacing kada mole memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan cacing, mereka bisa tumbung hingga 20 cm lebih deng tubuh kecil dan memanjang sperti cacing.

Pembedanya adalah merekea memiliki kaki di bagian depan yang berfungsi untuk menggali tanah. Hewan Insektivora satu ini mampu hidup di dua alam.

Kadal mole meksiko ini dapat hidup di air maupun di darat. Sebagai contoh hewan insektivora mereka gemar memakan serangga serangga kecil seperti semut, rayap, dan serangga serangga lainnya.

Jika kadal ini menemukan serangga yang ada di atas pemukaan tanah, kadal ini cenderung untuk menangkapnya dan membawanya masuk kedalam tanah dan memakannya di dalam tanah.

Kadal Kepala Katak Agama

insektivora hewan pemakan serangga

wikimedia.org | Insektivora berkepala mirip katak

Masih memabaha contoh hewan insektivora dari kalangan reptil. Kadla kepala katak agama, atyau biasa disebut, toad head agamas merupakan spesis kadal uni pemakan serangga.

Kadal ini dibiklnag unik karena bentu kepalanya yang berbeda dari banyak kada biasanya. Nama Taodhead disematkan dalam namanya mungkin karena bentuk kepalanya yang memeng sekilas seperti kepala kodok.

Kadal ini dapat anada temukan di pegunungan himalaya, Hewan insektivora unik ini gemar menyantap serangga seperti kumbang, jangkrik, laba laba bahkan cacing, dan jika reptil ini sudah dewasa dia akan menyantap bayi bayi tikus.

Bunglon Kurcaci Daun

contoh hewan pemakan serangga insektivora

imagenesmy.com | Bunglond Daun Kering Pemakan serangga

Kembali membahas bunglond, ada jenis bunglond unik yang dapat kita temuakan selain bunglond bunglond pada umumnya.

Ini adalah bunglond daun. Bunglond daun memiliki tubuh yang lebih keciil di banding dengan bunglong pada umumnya. Hewan insektivora ini memiliki kemampuan berkamuflase lebih bai dari bunglong pada umumnya. mereka dilengkapi dengan bentuk tubuh yang seperti daun kering.

Ya, sesuai dengannamanya bunglond ini berkamufalase dengan sangat baik menyerupai daun kering yang sudah mati atau mriring dengan batqang kayu pohon.

Hal ini menjadikan kelebihan tersendiri bunglong jenis ini untuk menjebak mangsa mangsanya. dalam segi makanan, Bunglod daun ini tidak berbeda dengan bunglonglond bunglond lain yang menyantap serangga serangga terbang di sekitarnya.

Tokek

hewan insektivora

kids.nationalgeographic.com

Contoh hewan insektivora berikutnya adalah tokek atau sering juga disebut dengan geko. Gecko merupakan reptil yang masih satu keluarga dengan kadal.

Gecko dapat kita temuakan di penjuru negara yang memiliki iklim hangat. Sama halnya reptil pemakan serangga lainnya, hewan insektivora ini memakan berbagai macam seraqngga  seperti jangkrik, laron, kupu kupu, atau serangga serangga lainnya.

Gecko merupaka kadal dengan spesie terbanyak, terhitung ada 1500 spesies gecko ang tersebar di seluruh dunia.

Banyaknya vriasi gecko ini menjadikan gecko sangat banyak dicari sebagi hewan peliharaan karena warna warna yang unik dan bervariasi ini.

Ada juga sebagian orang yang memburu gecko untuk dikonsumsi sebagai obat tradisional.

Cicak

hewan insektivora

punakawan.net | Contoh Hewan Insektivora

Siapa yang tidak tau contoh hewan insektivora satu ini. Cicak adalah hewan insektivora yang dapat ditemuakn di hampir setiap rumah yang ada.

Mereka banyak memakan hewan hewan terbang seperti nyamuk, lalat, atau laron. mereka dikenal di indonesia karena lagi kanak kanak yang berjudul “Cicak cicak di dinding”. DI lagu tersebut di ceritakan bahwa cicak sangat handal dalam menangkap cicak.

Katak

hewan pemakan serangga

curiosity.com

Kodok atau akat meruapakan reptil pemakan serangga berikutnya. hewan poemakan serangga ini juga merupakan reptil denga jumlah spesies yang sangat banayk ada berbagai macam spesies katqak yang tersebar di berbagai belahan bumi.

Mulai dari katak karnivora yang memakan daging, ikan ikan kecil hingga katak yang hanya memakan serangga seperti kebanyakan katak di Indonesia. Ya, memang kebanyakan katak di indonesia memiliki makanan favorit yakni serangga.

Hewan Insektivora dari Aves Famili

Burung But but

Burung WAlet

Hewan Insektivora yag eral dari Keluarga seranggaj

Belalang Sembah

belalang sembah

suara.com

JIka tadi sudah membahas berbagai jenis contoh hewan insektivora dari mamalia dan reptil, sekarang saatnya membahas hewan insektivora dari kalangan serangga sendiri.

Contoh yang pertama adalah Belalang sembah. belalang satu ini identik dengan capitnya yang tajam dan berfungsi untuk menangkap serangga.

Disebeut belalang sembah karena serangga ini berpose seperti sedang berdoa dengan tenang sambil menunggu mangsanya datang. Serangga suka memakan serangga serangga seperti, kupu kupu, jangkrik, ulat, caing, bahkan ada beberap  kasus mereka melakukan kanibalisme.

Kalajengking

suara.com |kalajengking pemangsa serangga

Contoh hewan insektivora berikutnya adalah kalajengking. Serangga yang memiliki penampakan sangar ini dilengkapi dengan dua capit yang siap mencekram mangsanya dan dilengkapi dengan ekor beracun yang siap di suntikan kapan saja jika dibutuhkan.

Racun ini juga sebagai sejata pertahanan bagi hewan insektivoran ini. ada banyak sekali jenis dari kala jengking ini. Muali dari yang racunnya tidak mematiakan, hingga kalajengking yang memiliki racun sangat mematikan seperti kalajengking kuning israel.

Kalajengking biasa hidup di lubang lubang, mereka mulai aktif mencari makan pada malam hari. sebagai hewan pemakan serangga kalajengking biasa mengkonsumsi serangga serangga kecil, seperti jangkrik, belalang, cacing, bahkan mamalia kecil seperti anak tikus.

Hornet

igital.vpr.net

Lebah penyengat, Atau orang Indonesia  lebih mengenalnya dengaan Tawon, Merupakan contoh hewan insektivora yang suka memakan serangga lain. Lebah pada umumnya memang merupakan serangga yang mengkonsumsi sari sari tanaman yang berasal dari bunga dan buah buahan.

Namun ternyata Lebah enyengat atau tawon ini juka gemar memakan serangga lain. Ukurannya yang lumayan besar dengan kekuatan racun yang dimiliki menjadikan mereka mudah dalam melumpuhkan serangga lain.

Mereka biasa mengkonsumsi serangga lain seperti belalang, lebah madu, dan serangga serangga seukuran itu. Mereka mengunyah sereangga serangga tersebut lalu kembali kesarang untuk diberikan kepada para larva lebah penyengat.

Lebah ini tegolong serangga yang berbahaya, mereka bisa menempelkan feromon kepada manusia atau hewan yang akan membuat lebah penyengat lain bedatangan dan melepaskan sengatannya yang beracun.

Laba laba

kompas.com | Pemakan Serangga

Serangga berikutnya dalah laba laba, Serangga satu ini terkenal karena kecerdikannya dalam mecari mangsa. Sebagai serangga Insectivora, merekaa memiliki keahlian membuat perangakap untuk serangga lain.

Ada  beberapa yang membuat perangkap dengan memasang jaring yang lengket lalu menunggu mangsanya terjebak dan dibungkusnya mangsa tersebut untuk dijadikan santapan.

Ada juga yang membikin perangkapa lain seperti jaring didalam lubang, yang akan menginformasikan ada serangga yang sedang berapda di sekiutar lubang.

Jika serangga tersebuh sudah dekat, laba laba langsung menyergapnya dan menyuntikan racun. laba laba merupakan contoh hewan insektivora yang cerdas dalam membuat perangakap.

Spesies dari laba laba sendiri sangatlah banyak. sangkig banyaknya, laba laba menjadi opsi hewan peliharaan para pecinta hewan ekstrim.

Tarantula

Masih membahas laba laba. Ada seekor laba laba yang terkenal megerikan karena ukuran dan racunnya. Tarantula merupakan jenis laba laba yang terkenal karena bisa dan ukurannya yang sangat besar.

Sangking besarnya ukuran tarantula mereka memiliki taring yang panjangnya 2/3 inchi, ukurang yang lumayan besar buka bagi seekor laba laba.

Berbeda dengan laba laba pada umumnya yang mengndalkan perangkap untuk menagkap srengga lain. tarantula lebih menggunakan fisiknya dan bisanya untuk melumpuhkan magsanya.

Taringgnya yang besar dengan suntikan bisa yang dimiliiki akan menjadikan mangsanya takberdaya.

Tumbuhan Pemakan Serangga atau Insektivora

Selain hewan, juga ada tumbuhan pemakan serangga disebut dengan tumbuhan insektivora. Mereka adalah insektivora dari spesies tumbuhan yang mencari asupan tidak hanya dari mineral dan air dari tanah namun juga dari serangga. Mereka memiliki cara unik dalam mendapatkan serangga makanannya. Dengan aroma nya mereka menarik perhatian lalu menjebaknya.

Drosera

COntoh tanaman insktivora

pmfias.com | tumbuhan pemakan srangga

Tanaman INsektivora yang pertama alaha drosera, Tumbuhan insektivora ini berasal dari negeri Boolywood, yakni India.

Tanaman initerdiri dari beberapa spesies, namun mereka tetap munggunakan metode ytang sama dalam menangkan dan mengkonsumsi serangga,

Tumbuhan pemakan serangga ini memiliki rambut ra,but yang di ujungnya mengandung butiran butiran mengkilat seperti tetes embun di daun. hal ini menjadi daya tarik serangga disekitarnya.

Jika ada seekor serangga yang terpikat dan menghinggap di atasnya, jangan berharap serangga itu dapat lepas.

Serangga yang hingga akan terjerat perekat yang berbentuk butiran embun tadi. jika mangsanya sudah terjebak, dau daun Drosera akan menggulung dan mengikat serangga tersebut untuk menyerap protein protein yang ada di serangga tersebut.

tumbuhan pemakan serangga

en.wikipedia.org | contoh tumbuhan pemakan serangga

 

Tanaman ini merupakan tanaman pemakan serangga. Jika tadi ada Drosera tanaman di darat yang menjebak dengan lendirnya. Seakrang giliran tanaman insektivora yang berasal dari tanaman air.

Aldovandra merupakan tanaman pemakan serangga yang hidup di air dan memakan serangga serangga kecil di air seperti jentik nyamuk. daun daun mereka dilengkapi dengan kelpak kelopak yang siap menyergap serangga yang mendekat.

Tanaman ini bisa dijadikan solusi bagi perairan yang banyak serangga seperti jentik nyamuk. Kelopak keopak yang jumlahnya sangat banyak ini akan menangkap dan menyergap serangga yang mendekat dengan sangat baik.

Kantong Semar

Contoh hewan Tanaman insektivora kantong semar

kompasiana.com

Tanaman ini di INdonesia tergolong tanaman yang jarang dijumpai. Padahal meraka sangat berguna untuk mengurangi serangga serangga kecil yang mengganggu. Kantong semar adalah tanman yang daunnya dilengkapi kantiong yang siap menjebak serangga.

Kantong semar memancarkan aroma yang menggooda para serangga untuk mampir dan hinggap di kantong kantong tanaman ini. jika ada serangga yang masuk, kantong semar akan menjjebaknya dengan perekat untuk serangga, sehingga mereka tidak dapat keluar lagi setelah itu.

JIka sudah terperangkap mereka akan menmencerna dan menjadikannya tambahan asupan nutrisi bagi kantong semar.

 Tumbuhan Venus

phys.org

Tanaman terahir yang akan dibaha adalah tanaman pemakan serangga Venus.Tanaman insektivora ini berbentuk sangar dan mereka dilengkapi denga zat yang memikat para serangga.

Jika seranngga hingga di daunya. dengan cepat serangga akan terjebak dengan daunitu. daun daun akan menutup jika ada serangga hinggap di daun daunnya.

Insektivora ini termasuk yang tumbuhan yang sadis dalam menyergap mangsa mangsanya. seperti halnya contoh hewan insektivora lain.

 

Leave a Reply