fbpx

TOP 15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Artinya yang Harus Anda Ketahui

Interview Bahasa Inggris – Pada era sekarang sudah banyak interview yang prosesnya menggunakan bahasa inggris. Interview tersebut biasa dilakukan oleh instasnsi atau perusahaan perusahaan bersekala inernasional. Tidak hanya di luar negeri namun didalam negeri  sudah mulai sering diterapkan.

Prosedur melamar pekerjaan juga mulai berubah, yang awalnya hanya mengirim surat melalui kantor pos hingga melamar pekerjaaan melaui email  Maka dari itu, banyak hal yang perlu disiapkan untuk melamar pekerjaan sekarang ini seperti CV berbahsa inggris seperti memahami maksut dari pertanyaan dalm interview perkenalan bahasa inggris.

Mengetahui arti pertanyaan pertanyaan tersebut beserta cara menjawabnya akan sangat membantu anda dalam melakukan interview bahasa inggris. Berikut merupakan TOP 15 pertanyaan dan jawaban untuk interview bahasa inggris dan artinya.

1. Tell Me About Yourself
(Ceritakan Kepada Kami Tentang Anda).

freepik.com

So, Tell me Abou Yourself.”

Memang terdengar seperti sebuah pertanyaan yang cukup simpel . Namun apakah anda mengerti jawaban seperti apa yang seharusnya dilontarkan ketika ada dialog interview bahasa inggris seperti diatas ?

Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan wajib yang perlu anda persiapkan. Dalam interview bahasa inggris maksut dari pertanyaan tersebut tidak hanya melulu tentang membangun hubungan yang lebih baik degan interviewer, Namun juga menunjukan seberapa cocok anda dalam posisi tersebut.

Ada beberapa Forlmula untuk perkenalan bahasa inggris dalam interview tersebut. diantaranya adalah Present-Past-Future Formula. Artinya adalah, jawab pertanyaan tersebut dengan megawali apa yang anda lakukan sekarang, lalu pengalaman apa yang anda miliki sebelumnya dan keahlian apa saja yang anda dapatakan dari situ. Apa pengaruhnya pengalam kerja anda dengan masa depan anda. Terahir, Ceritakanah mengapa ada begitu tertarik terhadap posisi tersebut.

Dikutip dari themuse.com ini adalah contoh cara menjawab perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat.

“Well, I’m currently an account executive at Smith, where I handle our top performing client. Before that, I worked at an agency where I was on three different major national healthcare brands. And while I really enjoyed the work that I did, I’d love the chance to dig in much deeper with one specific healthcare company, which is why I’m so excited about this opportunity with Metro Health Center.”

Dari contoh teks perkenalan diri saat interview kerja diaatas, kita mendpat gambaran mengenai bagaiman memeperkenal kan diri dalam bahahasa inggris yang baik dan tidak berbasa basi.

2. What is Your Greatest Strength ?
(Apa yang Menjadi Keunggulan Terbaikmu?)

pertanyaan interview bhasa inggris

Unsplash.com

Tidak hanya dalam pertanyaan interview kerja berbahas indonesia, “apa kelebihan mu?” merupaka sebuah pertanyaan ang sering diajukan di interview bahasa inggris.

Namun bagi sebagian dari anda yang tidak tebiasa dengan membual dan membangga banggakan diri anda, buang jauh jauh sifat anda tersebut. Setidaknya hanya untuk interview kerja anda.

Karena perusahaan tidak akan mengerti siapa anda dan apakah ada layak atau tidak, untuk menduduki posisi yang ditawarkan, jika anda menutupi kepribadian tau tidak menceritakannya secara jelas.

Tim HRD mengajukanpertanyaan tersebut untuk mengetahui dua hal. Pertama dengan mendengarkan apa yang anda sampaikan mengenai kelebihan anda, meraka dapat menilai kepribadian anda. Kedua, pertanyaan tersebut merupakan cara tercepat mengetahui kelebihan anda.

Untuk menjawab pertanyaan interview dalam bahasa inggris tersebut cukup perisapkan dengan mencatat semua keunggalan anda milki.

Setelah itu sesuaikan keunggalan mana yang paling cocok terhadap posis pekerjaan tersebut. Keunggulan anda bisa sampaikan adalah personality dan Skill. Tunjukan bahwa anda memang pantas berada di posisi tersebut berdasarkan personality dan skill anda.

3. What is Your Greatest Weakness?
( Apa yang Menjadi Kekurangan Terbesarmu?)

rapat, meeting wallpapper

Unsplash.com

“You’ve told me about your strengths—now, can you share what you consider to be your biggest weakness?”

Pertanyaa tersebut adalah pertanyaa yang tidak disukai oleh siapapun dalam interview bahasa inggris. untuk menjawab pertayaan seperti ini, tetaplah jujur namun jangan sebutkan secara gamblag apa kekurangan anda. sebagian besar perusahaan ingin mempekerjakan seseorang yang reflektif tentang keahlian mereka dan tahu apa yang tidak baik dan perlu mereka kerjakan.

Jawablah dengan mempertimbangkan sesuatu yang tidak anda miliki dan bukan menjadi keunggulan anda yang mutlak. lalu sampaikan pula cara anda mnegatasi kekurangan anda. Bisa juga dengan memutar sebuah kekurangn menjadi sebuah kelebihan.

Contoh menjawab iterview baha inggris tersebut adalah seperti yang dicontohkan Themeuse.com.

“Well, I used to be pretty horrible at public speaking. When I started college, it was a massive problem, and I was just terrified of doing it, and I didn’t do a very good job. So first I took the small step of promising myself that I would speak up in front of really small groups, for example in class. Then, I worked up to taking a public speaking class, which made a big difference. Now, even though I get nervous, I feel like its something that doesn’t completely hold me back, and, in fact, recently I gave a speech at a conference to over 100 people. My hands were shaking the whole time, but I got really good feedback at the end.”

4. Interview Bahasa Inggris – Why Should we Hire You?
(Mengapa Kami Harus Menerima Anda ?)

Salah satu pertanyaan yang paing sering di ditanyakan ketika melamar pekerjaan adalah “Mengapa kami harus menerima anda?”. Terlepas dari betapa sulit pertanyaan tersebu, pertanyaan itu merupakan sebuah kesempatan emas anda untu menyapamikan segala keahlian, kemampuan menyesuaika diri, dan lain sebagainya.

Pertanyaan interview dalam bahasa inggris dan artinya diatas dapat dijawab dengan, mempersiapkan jawaban yang menjelaska anda memang lebih baik dari yang lain. Anda juga bisaa menjawab dengan “akan berusaha untuk selalu lebih baik lagi dari yang lain”.

Namun tetaplah jujur dan jangan berlebihan. Untuk melakukannya cukuplah memahami bidang pekerjaan yang akan anda hadapi dan tunjukan kompetensi anda dan wawasan anda.

Sebuah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentu dia sedang memiliki maasalah di bidang tersebut. Maka tunjukanlah bahwa anda memang mampu di posisikan disana. Karena pertanyaan tersebut juga bertujuan untuk mengetahui apakah calon pekerja ini mampu menyelesaikan permasalahan perusahaan atau tidak.

5. What are Your Salary Expectations?

(Berapa Gaji yangAda Harapka)

tagihan, bills

Pexel.com

Sebuah contoh interview bahasa inggris singkat yang sulit dijawab. Pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan pada setiap interview dimanapun itu.

Disaat anda ingin gaji yang tinggi belum tentu perusahaan menerimanya, jika anda mengatakan nominal yan rendah maka anda yang akan susah. Maka dari itu ada beberapa tips dalam mejawab pertanyaan satu ini.

Say you’re flexible:  Sampaikan bahwa nilai yang anda sebut dapat dinegosiasikan. Lakukan riset gaji melalui internet, forum forum karyawan, maupun sosial media. Anda juga bisa mengatakan hal seperti berikut.

“My salary expectations are in line with my experience and qualifications.”

“If this is the right job for me, I am sure we can come to an agreement on salary.”

Offer a range: Ketika anda sudah menyampaikan bahwa gaji anda dapat di negosiasikan apa bila sudah diterima, terkadang perusahaan akan tetap menginginkan nilai dari gaji anda, maka anda bisa menjawab dengan kisaran harga berdasarkan hasil riset anda. seperti

“plus or minus about $15-18,000”

Think about your current salary:  Selain memikirkan kisara gaji anda, bisa juga anda menyebutkan nilai dari gaji anda saat itu di perusahaan lain.

Only give numbers you’d be happy with:  Jangan sampai ketika anda menyebutkan nilai bayaran yang anda iginkan di bawah kebutuhan hidup anda. Atau dikisaran angka yang belum tentu anda bersama keluarga anda akan hidup dengan itu.

Highlight your skills: beritau kemampuan dan pengalaman kerja anda selama ini sehinga ketika anda menyebutkan nominal HRD akan mengerti berapa gaji yang seharusnya anda dapatkan.

Contoh jawaban yang bisa anda sampaikan berdasarkan thebalancecareer.com adalah:

“My salary range is quite flexible. I would, of course, like to be compensated fairly for my decade of experience and award-winning sales record. However, I am very open to discussing specific numbers once we have discussed the details of the position.”

6. Why are you leaving or why have you left your job?
(Mengapa Anda Meninggalakan Pekerjaan Anda yang Lama)

bekerja, interview bahasa inggris

Pixabay.cpm

Jangan sampai ketika menjawab ertanyaan tersebut anda meceritakan danmenyebutkan penglaman buruk anda di pekerjaan lama anda. Memberikan jawaban negtin dan memicarakan keburukan perusahaan sebelumnya akan mencerminkan kepribadian anda yang meliha dari sudutpandang negatif. berilah jawaban jwaban positif yang membuat HRD yakin bahwa anda adalah orang yan tepat.

Perhatikan contoh yang di ambil dari thebalancecareers.com dibawah ini

I found myself bored with the work and looking for more challenges. I am an excellent employee, and I didn’t want my unhappiness to have any impact on the job I was doing for my employer.

There isn’t room for growth with my current employer, and I’m ready to move on to a new challenge.

I’m looking for a bigger challenge and to grow my career, but didn’t feel like I could give equal attention both to my job search and to my full-time work responsibilities. It didn’t seem ethical to slack off from my former job in order to conduct my job search, and so I left the company.

I was commuting to the city and spending a significant amount of time each day on travel. I would prefer to be closer to home.

7. Why do You Want This Job?
(Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini)

interview bahasa inggris, kerja sama wallpapper

Unsplash.com

Sebuah pertayaan interview bahasa inggris yang terdengar mudah. Pertayaan yang menanyakan sesatu yang kita inginkan terkadang memang terlihat mudah. Namun mudahnya pertanyaan bukan berarti anda tidak perlu mempersiapkanya. persiakan segala jawaban sebaik mungkin. Sehingga ketika anda mejawab pertanaan tersebut, anda dapat menjawabnya dengan lancar dan meyakinkan.

Jawablah pertanyaan tersebut tanpa mencantumka kepentingan pribadi seperti gaji dan tunjangan. Fokuslah dengan bagaiman anda akan memberi keuntunganada perusahaan. dan sampaikan secara spesifik apa yang menyebabkan anda paling cocok bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut merupakan contoh jawaban yang didapat dari website thebalancecareer.com.

“I want this retail job at your store because I know I would be terrific at it. I love engaging with people and providing them with assistance. I also have two years of experience working cash registers at other stores. I am a regular customer of this store, so I would love to apply my skills to a store I believe in and support.”

8. How do You Handle Stress and Pressure?
(Bagai Mana Anda Mengatasi Stress dan Tekanan)

Dalam menjawab pertanyaan interview bahasa inggris tersebut jangn sampai anda fokus terhadap sebeapa stres anda. Tetaplah fokus bagaimana nada mengatasi stres tersebu. Cara paling mudah adalah mengabil contoh dari engalaman kerja anda selama ini.

Sampaikan konflik yang terjadi dan bagaimana anda mengatasi stres anda yang dikarenakan konflik tersebut. Jangan pula anda menyapaikan stres umum di perusahaan tempat anda bekerja. seperti stres karena anda lalai dan pekerjaan anda menumpuk. atau stres karena panjangnya jam kerja anda.

9. Describe a Difficult Work Situation or Project and How?
(Jelaskan Mengenai Situasi Pekerjaan yang Sulit dan Bagaiman penyelesainannya?)

Peranyaan inerview kerja tersebut memanglah cukup sulit. Anda harus melihat kebelakang keputusan apa yang sulit untuk dilakukan. jika anda sebelumya pernah bekerja dan harus mengambil keputusan yang meyangkut nasib orang lain dan bukan anda, ceritakanlah kasus tersebut dan bagaimana cara anda mengambil keputusan. Seklai lagi gunakanlah sudut pandang positif dan jangan sampaikan sesautu yang negatif tentang tim anda atau yang berkaitan tentang pekerjaan anda.

Ada beberapa keputusan yang ungkin cukup sulit untuk disampaikan dan di selesaikan seperti

Memutuskan siapa yang akan diberhentikan,yang keputusan itu merupakan kebijakan secara ekomi.

Memberhentikan seseorag yang bermaksut baik tapi tidak berkompoten dalam tim kerja.

Memutuskan siapa yang akan dipromosikan ketika Anda memiliki beberapa kandidat hebat.

10. What are Your Goals for The Future?
(Apa Tujuan Anda Beberapa Tahun Kedepan)

strartup, business, bisnis,presentasi, wallpapper

Pexel.com

Tujuan Seorang HRD menanyakan pertanyaan tersebut adalah mengetahuai apakah anda memiliki visi dan misi dalam janka panjang pada perusahaan tersebut atau tidak. Perusahaan juga ingin mengetahui apakah anda punya rencana untuk tetap tinggal atau apa bila memungkinkan anda akan meningglakan perusahaan secepat mungkin.

Tentunya akan sulit memikirkan masa depan dan visi misi kedepan selama waktu interview. Makan anda diharuskan meyusun Visi dan Misi beberapa tahun kedepan saat bekerja di perusahaan tersebut. Kontribusi apa yang akan anda beri, dan sebagai apa anda akan menjadi di keesokan hari.

Ada beberapa tips untuk anda ketika merencanakan jawaban pertanyaan interview kerja bahasa inggris.

Start with short-term goals, then move to long-term goals: Mulailah dengan mendeskripsikan rencana jangka pendek anda. apabila sudah barulah anda dapat menjelaskan rencana jangka panjang anda.

Explain the actions you’ll take: Akan percuma apa bila anda merencanakan sesuatu tanpa tau apayang harus dilakukan terlebih dahulu. Jelaska langkah lagkah anda dalam mencapai Visi dan Misi anda. Beri tahu secara rinci langkah lagkah apa yag akan anda tempuh. Bisa jadi anda akan menbuat sebuah tim dan melakukan sebuah proyek untuk melatih sifa kepemimpinan anda. Atau melanjutkan pendidikan dan aka memberi kotrubusi kepada perusahaan

Focus on the employer: Tetaplah fokus terhadap kontribusi yang akan anda berikan kepada perusahaan. Jangan melulu mengenai diri anda dan gaji anda. Beri tahu atasan anda bahwan anda tidak ada rencana keluar dalam waktu dekat.

Avoid discussing salary: Hindarilah pembahasan mengenai tujuan tujuan pribadi anda seperti membahas gaji anda kedepanya. Jangan fokus mengenai bonus bonus yang akan anda dapatkan. Tetaplah fokus dengan pencapaian pencapaian dalam jenjang karir anda, sehinga menunjukkan bahwa anda adalah karyawan yang berambisi membangun dan tidak akan keluar dalam waktu dekat.

Berikut merupakan contoh jawaban dari pertanyaan interview bahasa inggris tersebut

“In the short term, I hope to work as a sales representative for a company such as yours – one with a mission based on great customer service and care. Working as a sales representative for a company I believe in will prepare me to hopefully take on expanded team leadership responsibilities in the future, as these become available.”

11. What is Your Greatest Professional Achievement?

pertanyaan interview bahasa inggris

Dalam menjawab pertanyaan interview bahasa inggris satu ini. Jawaban yang perlu anda siapakan adalah tugas dan jabatan apa yang anda duduki di perusahaan lama lalu fokuslah terhadap prestasi yang pernah anda dapatkan. Ceritakan apa yang sebenarnya telah anda lakukan dan pencapaian apa yang anda dapatkan.

dibawah ini merupakan sedikit contoh jawaban interview bahasa inggris.

“In one month, I streamlined the process, which saved my group 10 man-hours each month and reduced errors on invoices by 5%..

12. Tell Me About a Challenge or Conflict you’ve Faced at Work, and How you DeaIt With it. 

(Ceritakan Tantangan atau Konflik Pernah Anda Hadapi, Dala Pekerjaan Anda)

Sudah biasa apa bila anda perusahaan ingi mengenal anda, salah satunya dengan mengajukan pertanyaan interview bahasa inggris seperti diatas. ada beberapa tujuan perusahaan menanyakan hal tersebut. yang pertama perusahaan memastikan apakah anda memang orang yag cocok dalam pekerjaan ini atau tidak, melalui pengalaman anda. Berikutnya apakah kamu orang yang sesuai untuk menjadi pekerja atau seorang pemimpin dalam perusahaan tersebut. Terakhir dan terpenting adalah mengetahui seberapa ketertarikan anda pada pekerjaan ini

14. What Do You Know About Us?
(Apa yang anda Ketahui Mengenai Perusahaan Kami)

industry, town, city, perkotaan, wallpapper

Pexel.com

Tujuan pertanyaan tersebut adalah melihat keseriusan anda dalam bekerja di perusahaan tersebut. Dengan menanyakan “apa yang anda ketahui tentang kami?”. tim HRD akan mengetahui apakah benar anda sudah melakukan riset mengenai job description di perusahaa tersebut. Dengan wawasan anda mengenai perusahaan tersebut akan memberi informasi kepada tim HRD mengenai keseriusan karyawan tersebut.

15. Do You Have Any Question?
(Apa ada yang ditanyakan)

Menanyakan sesautu diakhr wawan cara adalah keawajiban. Janan sia siakan kesempatan ini. Ini merupakan sebuah kesempatan dimana anda dapat menunjukan beta tertariknya anda dengan pekerjaan tersebut. Namun berhati hatilah dalam menanyakan sesuatu, janga sampai anda salah bertanya sehingga merusak citra anda yang anda bangun dari awal hinga akhir. Berilah pertanyaan pertanyaan yang akan medukung adan dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut merupakan sebagian pertanyaan yang di kutip dari thebalancecareer.com.

How would you describe the responsibilities of the position?
How would you describe a typical day in this position?
Is this a new position? If not, what did the previous employee go on to do?
What is the company’s management style?
Who does this position report to? If I am offered the position, can I meet him or her before making my final acceptance decision?

Selainrekomendasi pertanyaan diatas, dibawah ini ada sedikit pertanyaan yang harus dihindari.

What does this company do? (Do your research ahead of time!)
If I get the job, when can I take time off for vacation? (Wait until you get the offer to mention prior commitments.)
Can I change my schedule if I get the job? (If you need to figure out the logistics of getting to work, don’t mention it now.)
Did I get the job? (Don’t be impatient. They’ll let you know.)

Leave a Reply