Jenis jensi kelinci pedaging, pelihran hias, dan harganya

Beragai Macam Jenis Kelinci Untuk Kamu Peternak dan Pecinta Kelinci

Jenis Kelinci – Salah satu jenis hewn peliharaan yang sangat populer karena lucu ramah dan jinak adalah kelinci. Siapasih sekarang yang tidak tahu hewan lucu dan berbulu yang berjalan dengan cara melompat lompat ini. Pasti semua sudah pada tahu hewa peliharaan satu ini.

Walaupun hewan satu ini banyak dipelihara orang orang karena kelucuannya, Beberapa jenis hewan ini juga banyak dibudidayakan untuk dikonsumsi dagingnya.

Biasanya kelicin populer disajikan dalam menu makanan seperti sate kelinci. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak menu makanan selain sate yang bisa disajikan.

Terlepas dari menu menu tesebut memang daging kelinci dikenal tidak hana karena tekstur daging yang yang empuk seperti ayam tapi juga kandungan kandungan didalam daging tersebut seperti  46,8% selenium, 22,4% fosfor  magnesium, dan vitamin B-12, vitamin B-3.

Yah, memang terdengar kejam jika hewan satu ini dijadikan santapan. Tetapi dengn kandungan terseut kelinci memberi banyakmanfaat dibanding daging ayam.

Kelinci merupakan salah satu contoh hewan herbivora atau yang serimg kita sebut dengan hewan pemakan tumbuhan. Hewan ini memang fikenal gemar memakan sayur sayuran sehat seperti sayur kol, wortel, atau rerumputan dan buah buahan.

Dari apa yang sudah dijelaskankita tahu ada beberapa jenis kelinci. Tapi apakah kalian mengerti jenis jenis kelinci mana yang lebih layak untuk diambl dagingnya dan jenis kelinci seperti apa yang dapat dijadikan peliharaan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dbawah ini akan dijelaskan berbagai macam jenis kelinci yang biasa dijadikan santapan dan jenis kelinci yang dijadikan hewan pelihraan.

Jenis Jenis Kelinci Pedaging Unggul Untuk Disantap

jens jensi keinci pedaging

http://edukanal.com

Pertanyaan pertama yang akan dijawab adalah

“jenis kelinci seperti apa yang paling cocok untuk diambil dagingnya?”

Sebelum dijawab, perlu diketahui bahwa yang namanya kelinci pedaging adalah kelinci yang memiiki persentase daging yang tinggi dibanding kelinci jenis lain.

Hal terseut adalah syarat utama kelinci yang diternakkan khusus untuk kelinci pedaging.

Ada beberapa kelini yang umumnya dibudidayakan untuk dikonsumsi. Namun di Indoensia ada tig jenis kelinci yang dikonsumsi. Agar lebih jelasnya berikut adalah tiga jenis kelinci yang recomonded untuk dikonsumsi.

Flemish Giant Jenis Kelinci Pedaging Terbesar

jenis kelinci pedaging terbesar

twitter.com

Kelinci yang satu ini benar benar besar. Sangking besarnya kelinci ini mampu tumbuh besr hingga beratnya 12 kg.

Namun jika dalam proses perawatannya kelinci ini diberi asupa khusus, beratnya bisa menjadi dua kali lipat berat awal, yakni 22 kg.

Walaupunn keinci ini adalah jenis kelinci terbesar, kelinci ini merupakan jenis kelinci yang ramah dan jinak. Jenis kelinci terbesr ini bukan dari Indonesia. Melainkan dari Belgian tepatnya berda di Derah Flander.

Kelinci ini memang populer untuk dimanfaatkan dagingnnya. Meskipun begitu tak sedikit orang merawat kelinci ini sebagai hewan peliharaan.

Dikethu flemish giant dewasa mampu tumbuh panjang hingga 50 cm dengan pnjng telinga hingga 15 cm. Jenis kelinc ini sangat mudah untuk didentifikasi krena ukuranna yang sangat besar.

Selain ukuran tubuh ang esar, kaki yang dimiliki juga terlihat besar dan kuat.

Karena kelinci ni memliki banyak daging, maka kelinci ini sangat lyak untuk di jadikan kelinci pedaging,

Sedangkan harga kelinci jenis satu ini mampu menjpai jutaan rupiah untuk kuaalitas unggulan atau untuk indukan yang unggul, sedangkaan unntuk anakan harganya 100 hinngga 200 ribu untuk anakan.

Jenis Kelinci Rex dengan Bulu yang Indah

jenis Kelnci pedging rex Rabit

blacksprucerabbitry.wordpress.com

Sudah pernah dengar jens kelinci satu ini?

Sama seperti kelinci pedaging lainnya, kelinci satu ini cukup populer untuk dimanfaatkan dagingnya. Kelinci satu ini berasal dari Negara Paris.

Awalnnya Kelinci ini adalah kelinci liar di negara fashion tersebut. Namun perlahan makin banak orang yang membudidaakn kelinci ini untuk dikonsumsi.

Di Indonesia sendiri kelinci rex mulai di udidykan sejak tahun 2000an.

Jenis kelinci rex memilki ciri fisik kepala yang besar dibanding kelinci lain. Berat dari kelinci ini sampai dengan 5kg.

Tidak hanya itu bulu kelinci rex walau tidak lebat tetapi memilik kelembutan dan kerapatan yang baik.

Sangking baiknya kuaitas bulu kelinci ini banyak juga yang menjual bulu dari kelinci rex. Jadi para peternak kelinci rex biasana memiliki dua produk dalam sekali panen , yaitu daging dan kulitnya.

Hrga dari Jenis kelinci satu ini beerkisar di Rp. 300.000, bahkan ada juga yang jutaan.

Kelinci Newzeland Asal Australia

kelinci zewzealand asalh australia

Youtube.com

Nahh, Kalau kelinci satu ini tidak sebesar Flemish Giant sehingga lebih terlihat imut dan lucu. Jangan salah wallapun pun nama dari kelinci ini adalh new zelnd, kelinci ini bukan berasal daari Australia.

Siapa sangka kelinci ini adah hasil persilangan antar kelinci Flemish Giant dengan kelinci Belgian Hare.

Bagi kalian pecinta kelinci, kalian biasa memelihara Newzeland. Karena keimutannya dan bentuknya yang agak bulat yang bagus kelinci ini banyak peminatnya.

Sebagai kelinci pedaging tentunya kelinci jenis ini memiliki daging yang lumayan banyak walaupun jika dibandingkan flemish giant kelinci ini lebih kecil.

Ciri fisik kelinci satu ini adalah bentuk dada yang penuh dan berisi, kaki depan yang sedikit pendek, badan yang terlihat bulat, warna bulunya merah tau coklat terang, coklat, putih, hitam, atau campuran.

Selain itu kelinci ini memiliki mata yang mmerah menyala. Berat keinci ini antara 3,6kg hingga 5,6kg.

Harg kelinci Australia ini di pasaran berkisar antara Rp. 200.000 hingga 500.000

Jenis Kelinci Termahal Untuk Dipelihara dan Dijual

Beberpa Jenis Kelinci termahal

zbinworld.com

Setela membahasa berbagai jenis kelinci yang cocok dijadikan kelinci pedaging. Sekarang glirian jenis kelinci hias atau pelihraan termahal yang recomended.

Berbicara mengenai hewan pilharaan ada banyak hewan peliharaan yang biasa dipelihara masyarkat sepertihalnya kura kura. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca artikel tentang jenis kura kura yang cocok dipelihara

Taukah bahwa ada beberapa kelinci yang dipeihara yang harganya mampu mencapai jutan rupiah.

Jenis jenis kelinci yang aka dibahas setelah ini adalah jenis jenis kelici yang populer dan karena keimutannya.

Mulai dari yang ukurannya mungil dan menggemaskan hingga kelinci bercorak unik dan menarik dengan bulu bulu yang lebat.

Kelinci Lop si Mungil Bertelinga Lebar

Kelinci mungil dan menggemaskan

Jika kalian melihat gambar diatas mungkin kalian mengira kelinci ini adalh kelinci anggora. Tap tauka klian jenis kelinci tersebut adlah kelinci lop. Kelinci ini memiliki ciri khas yaitu telinganya yang panjang menggantung sampai ke pipi.

Selain itu tubuh yang dipenuhi dengan bulu panjang menyelimuti tubuh mungilnya hingga kelinci ini terlihat bulat dan menggemaskan. Kelinci ini memang tergolog kunci yang mahal.

Sangking mahalnya kelinci satu ini harga dari kelinci ini untuk usia anak anak harganya sudah mencapai Rp 300.000, dan untuk yang dewasa.

Kelinci jenis ini sangat mirip kelinci anggora. Kelinci ini butuh perawatan ekstra. terutama pada bulu nya yang panjang. jika kalin tertarik untuk memilhara kelinci jenis ini maka pastikan kalian mampu merawat kelnci ini dengan baik dan rajin untuk menyisir bulunya.

Tidak hanya itu, kelinci jenis ini adalah jenis kelinci yng mudah setres. Kalian harus menyiapkan kandang yang bersih dan nyaman agar kelinci ini tetap sehat dan prima.

Kelinci jenis lop ini bisa mencapai harga jutan rupiah. Diketahui bahwa jenis keilnci lop ada beberapa jenis jenis.

1. Kelinci Holand Lop Asal Negeri Kincir Angin

kelinci lop asal belanda

youtube.com

Dari namanya saja kita suda bisa menebak kalu kelnci ini bersal dari belanda. Ya, memang benar. Namun kelnci ini tidak murni dari belanda. Kelinci holand lop adalah jenis keliinci hasil persilangan antara kelinci english lop dan kelinci french lop.

Sama halnya dengan kelinci lop pada umumnya, kelnci ini meiliki tubuh yang mungil. Bahkan sangking mungilna kelnci ini berat rata rat dari kelinci ini berkisar 1,5 kg. kebayangkan beta kecilnya kecilny kelinci ini.

Walaupun mungil kelinci ini memiliki badan yang bulat. Hidung kelinci ini juga pesek. Hal ini lah yang menjadikan keinci ini sangat meggemaskan. Wajar jika kelinci ini di jual mahal.

2. Jenis Kelinci Mini Englis Lop

jenis kelinci lop

en.wikipedia.org

Kelinci Lop asal Inggris ini adalah nenek moyang dari kelinci lop. Kelinci yng ditemukan di inggris ini memilii bobot yang tidak seringan holland lop.

Berat kelinci ini berkisar antara 4 kg higga 4,5 kg. yang menjdi keunikan daari kelnic ini adalah telinga yang sangat panjang. Panjang telinganya bisa leih dari 21 inchi. Sangking pajangnya teilinga kelinci ini bis sampai menyentuh lantai.

3. Kelinci Mini Frech Lop

kelinci jenis lop asal perancis

rabbitpedia.com

Jika tadi kelinci lop english memiliki ukuran yang lebih besr dari lop holland, kali ini lop french memliki ukuran pang besar dibandng kedua kelinci tadi. Berat dari kelnci frech lop sendiri bisa mencapai 6 kg.

Ukuran kteling dari kelnci tidak sepanjang kelinci lop dari inggris. bisa dibilang ukuran telinganya lumayna panjang untuk jenis lop. Kelinci ini mampu bertahan hingga 7 tahun. Usia yang luamayan untuk seekor kelinci.

4. Kelinci American Fuzzy Lop

Kelinci fuzz lop amerika

petworlds.net

Jenis kelinci lop yang kempat adalah America Fuzzy Lop. Jika tadi lop belanda berasal dari persilangan antara english lop dengan French lop, American lop merupakan hasil persilangan antara hollad lop dengan french lop.

Hasil dari persilngan tersebut adalah seekor kelinci jenis lop yang memiki ukuran tubuh yang mungil dengan berat 1,5 kg dan bulu yang lebat dan panjang. Panjang telinganya tergolong normal bagi kelinci lop.

Kelinci asal Amerika ini banyak digemari karena bentuk yang mungil bult dengan bulu yang lebat.

5. Mini Lop Rabbit

Kelinci mini lop

pets4homes.co.uk

Jenis kelinci lop yang terahir adalah mini lop. Kelinci jenis ini dikemangkan atau disilangkan di Negra Jerman.

Walau namanya “mini” tapi kelnci ini tidak se “mini” namanya. Berat badan kelinci ini lebih berat dari hollaand lop atau american fuzzy lop. Beratnya mampu mencapa 2,7 kg.

Muka dari kelinci ini tergolong lebar dengan teliinga yang lumayan lebar.

Bentuk muka yang lebar dan telinganya ini lah yang menjadika kelinci jenis ini sangat menggemaskan. Mungkin inilah penyebab mahalnya kelinci jenis lop.

6. Cashmere Lop

kelinci mini mahal

binkyabout.com

Kelinci lop satu ini keberadaannya telah diakui oleh British Rabbit Council (BRC), tetapi tidak dengan American Rabbit Breeders Association (ARBA).

Kelinci ini mulai di temukan pada tahun 1980an namun kelinci ini mulai populer pada tahun 1990an.

Miss Turner of Wales menyadari bahwa kelinci ini memiliki beberapa perbedaan yakni kualitas bulu yang bagus. Bulu bulunya lebih panjang dan lebih tebal.

Kelinci jenis Cashmere lop ini ditemukannya dikandang kelinci dwarf lop pada saat itu. Seperti halnya jenis kelinci lop lainnya, kelinci ini memliki telinga yang panjang dan menggantung kebawah.

Kelinci Anggora

kelinci anggora

caringforpets.net

Siapa yang tidak kenal denga keinci satu ini. Kelinci ini memang terkanal cukup mahal. Selain karena perawatannya yang sulit, kelinci ini memang menggemaskan.

Kelinci yang populer karena bulunya yang panjang dan lebat ini. Kampung halaman hewan imut ini adalah Turki. Namun karena keimutannya kelinci ini pun didistribusikan negara negra di dunia.

Ada beberapa jenis kelinci anggora yang dikenal sekarang seperti satin anggora, german anggora, frenc anggora dan masih banyak kelinci anggora anggora lainnya.

Kelinci ini dibilang kelnci termhal karena harganya berkisar Rp. 300.000 hingga Rp. 3 juta.

Kelinci English Spot Dengan Bintik Bintik Elegan

kelinci dari inggris

petguide.com

Kelinci Termahal berikutnya adalah english spot. Kelnci ini memiliki warna yang unik. Bintik bintik dari warna kelinci ini menjadi daya tarik tersendiri.

Seperti halnya anjing delmetion yang mahal karena bintik bintiknya, kelinci english spot juga bernilai karena bintik bintiknya.

Warna dasar dari kelnci ini adalah putih dengan bintik bintik terkadang coklat terkadang hitam.

Salah satu hal yang menarik dari kelinci ini memiliki garis di bagian punggungnya. Biasanya dimulai dari punggung sebelum leher hingga mendekati bagian ekor.

Kelinci asal inggris ini memiliki postur tubuh yang tegap dengan telinganya yang tidak terlalu panjang dan tegak.

Contoh Jenis Kelinci Hias yang Menggemaskan

Jika kalian tadi sudah membaca mengenai kelinci kelinci peliharan atau hias apa saja yang berharga mahal. Sekarang mari membahas jenis jenis kelinci yang cukup banyak peminatnya selain kelinci kelinci yang tadi sudah disebutkan.

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak mengalami persilangan, tidak hanya antara kelinci lokal, namun juga atara kelinci beda negara.

Dengan demikian akan banyak sekali spesies kelinci dengan keunikan keunikan lain. Jika kalian ingin mengetahui berbagai macam jenis kelinci yang cocok untuk di pelihara, lihatlah contoh jenis jenis kelinci di bawah ini.

Kelinci Lion Head si “Kepala Singa”

jenis-kelinci lion-head-anggora

adoptarabbit.com

Kelinci jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh British Rabbit Council (BRC) dan American Rabbit Breeders.

Kelinci ini memiliki ciri khas dibagian leher dan wajahnya yang ditumbuhi banyak bulu.

Si-“kepala singa” ini adalah kelinci hsil persilangan antaara Swiss Fox dengan Netherland Dwarft. Hasil dari kedua kelinci tersebut menghasilkan kelinci yang sangat jauh dari kedua kelinci tadi.

Bulu yang mengembang di bagian leher dan wajah, lalu badan yang mungil dengan telinga yang panjangna hanya 2 inchi, menjadikan kelinci ini jenis kelinci hias favorit.

Berat kelinci lion head ini berkisar 1,5 kg dan tidaka lebih dari 1,7 kg.

 Kelinci Belgian Hare

Jenis kelinci dari belgian

tricksterhares.com

Dari namana saja kita bisa menebak kelinci ini berasal dari belgian. Jenis kelinci satu ini meminiliki beentuk tubuh yang eksotis.

Tubuh kelinci ini ramping dengan kaki kaki yang panjang dan kuat. Ketika kelinci ini menegakan kaki depaannya, terlihat kelnnci ini memiliki badan yang tegap.

Walapun kelinci ini tidak memiliki bulu lebat ang menggemaskan, kelinci ini tetap diminati karena postur tubuhnya yang indah dan bagus. berat kelinci belgian hare berkisar di angak 4 kg.

Warna bulu dari kelnci ini cukup monoton, biasanya berwarna coklat atau cokat kehitam hitaman.

Kelinci Atlit Swedish Hare

jenis jenis kelinci peliharaan

petguide.com

Kelinci asal swed ini mulai dikemangakan oleh Mirjam Gille dan Linda Ahlsen. Kelinci ini pertama ditemukan pada tahun 2004 oleh merek berdua.

Di waktu yang hapir bersamaan di Amerika serikat dikembangkn kelinci dengan jenis yang sama.

Sehingga pada waktu itu mereka bekerja sama untuk mengmbangkan satu standar kusus yang menjadi identitas jenis kelinci Swedish.

Jika kelinci kelinci lain menjadi pilihan kren keimutannya, Jenis Kelnci Swedish Hare adalah kelinci yang menarik karena postur tubuhnya.

Kelinci ini memiliki tulang tulang yang besar dan kuat. Otot otot yang menelimuto tulang tulang ini juga kuat dan bertenaga. Maka tidak heran jika sebagian orang meyebutnnya kelinci yang atletis.

Kelinci Swedish Hare ini memiliki bulu yang tdak lebih darii satu inchi. Jika ulu bulunya disisir keblakang mereka akan kembali sperti semula.

Sedangkan warna dari jenis kelinci berotot ini  tidak menjadi patokan asalkan memilii cri ciri kelinci Swedish Hare secara postur dan panjang bulu.

Untuk lebih mengerti postut kelinci atlit ini lihatlah gambar diatas.

Kelinci Harlequin

berbagai jenis jenis kelinci unik

pinterest.com

Setiap jenis kelinci memiliki keunikan tersendiri, termasuk kelinci harlequin ini. Kelinci dengan nama penjahat ala DC Comic ini berasal dari Perancis.

Keunikan dari keinci ini adalah warna bulu dan coraknya yang bergaris garis. Dengan perpaduan dua warna yang selang seling ini menjadi keunikan kelinci harlequin ini.

Garis garis yang ada tidak hanya berada di tubuhnya saja namun garis garis warna itu ada mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Inilah yang menjadikan harlequin cukup pupuler untuk dijaadilkan peliharan atau kelinci hias.

Sedngkan harga kelinci hias ini tidak jauh berdeda dengn kelinci jenis Polish

Kelinci Berbulu Lebbat dan Lucu, Jersey Wooly

jenis kelinci mini berulu

reddit.com

Kelinci ini diperkenalkan di ARBA pada tahun 1984 , empat tahun setelahnya, ARBA mulai mengakui keberadaan kelinci terssebut, tepatnya pada tahun  1988.

Kelinci ini adalah hasil persilangan antara kelinci jenis anggora perancis dengan dwarf neterland. Hasilnya adalah kelinci yang mungil bulat yang menggemaskan.

Kelincini memiliki bulu lebat di sekujur tubuhnya kecuali di bagian kepala. Telinga dari kelinci Jersey wooly ini sama halnya dengan kelinci dwarf.

Bentuknya pendek dan tegak keatas. Warna bulunya pun cukup menarik. Kelinci ini cukup populer di Amerika Serikat. Di sana kelinci Jersey wooly ramai untuk di pamerkan dalam ajang pameran lokal.

Ini adalah pilihan kelinci hias yang menggemaskan dan recomended untuk kalian pecinta kelinci yang ingin menambah koleksi kelincinya.

Kelinci American Chinchillas, Bukan Dari Amerika

Kelinci jenis Chincilla

adoptarabbit.com

Jenis Kelinci satu ini akan sangat jarang di temu karena kelinci satu ini cukup langka. America Chinchillas merupakan nama lain dari heavyweight Chinchillas.

Walapun namanya “American” Kelinci ini berasal dari paris. Kelinci ini memiliki keistimewaan pada dagingnya. Kualits daging dari kelinci ini terbilang sangat baik.

Namun para peternak kelinci pedaging biasanya lebih memilih kelinci putih newzeland. Mungin dikarenkan kelinci ini adalah jenis dari Chinchillas yang langka atau sulit dibudidayakan.

Kelinci Himalaya

jenis kelinci dari himalaya

rabbitbreeders.us

Corak hitam di hidung adalah salah satu identitas bagi  kelinci himalaya. Tidak hanya hidung namun corak warna hitam juga ada juga di telinga daan kaki kelinci ini.

Daya tarik kelinci ini adalah perpadua warna putih bersihnya dengan corak hitam tersebut.  Kelinci ini memiliki berta berkisar di 2,5 kg hingga 4 Kg.

Sedangkan mata kelnci ini cukup unik dikarenkan mata merahnya. Kelinci satu ini cukup populer untuk dijadikan kelinci peliharaan atau hias.

Namun dikarenakan sulitnya membudidyaka kelinci satu ini harga dipasaran melambung tinggi. Harga satu ekor kelinci himalaya biasa dapat mencapai Rp. 750.000/ekor.

Kelinci Dutch Asal Belanda

kelinci belanda

omlet.co.uk

Kelinci unik satu ini berasal dari negeri kincir angin. Di indonesia kelnci ini dienal dengan kelinci dutch.

Warna dari kelnci ini cukup unik. separuh badan bagian depan berwarna putih dan separuhnya lagi berwana hitam, coklat, atau sebagainya.

Siapa sangka walau kelinci ini tidak semenggemaskan kelinci dwarf atau anggora, tapi kelinci ini memiliki cukup banyak penggemar karena corak warna yang terbilang unik. Ini menjadi daya jual kelinci Dutch atau kelinci belanda ini.

Kelnci bercorak panda ini memiliki harga jual yang lumayan. Satu ekor kelinci berumur ditas 3 bulan atau kelinci dewasa dapat dihargai antara Rp 200.000 bahkan ada yang bilang harga bisa mencapai Rp. 2.000.000.

Kelinci Tan yang Elegan

kelinci peliharaan tan

wildpro.twycrosszoo.org

Coba lihat bagian mana yang unik dari kelinci Tan. Kelinci ini memiliki bulu yang mengkilat.

Bagian atas kelinci ini berwarna hitam, coklat, biru, bahkan ada juga yang ungu. Sedangkan bagian bawah kelinci ini berwarna coklat kemerah merahan.

Banyak yang menduga kelinci ini berasal dari Amerika dikarenakan popularitas keinci ini di negeri Paman Sam tersebut.

Namun ternyat kelinci berbulu mengkilat ini berasal dari inggris berat kelinci ini mampu berkissar antara 4 hingga  ponuds

Jika ingin membeli kelinci ini, harga kelinci tan ini bisa mencapai 1 juta.

Kelinci Satin Berulu Mengkilap

kelinci satin peiharaan

petguide.com

Masih membahas kelinci asal negeri Saman Sam dengan buu mengkilat. Jenis kelinci satin adalah pilihan bagi kalian yang ingin memeliara kelinci dengn bulu mengkilat.

Berdeda dengan Jenis kelinci Tan, kelinci ini memiliki lebih banyak variasi warna dibanding dengan kelinci tan.

Dengan bulu mengilatnya kelinci ini mampu menark perhtian sipa sja yang melihatnya. Karena itu kelinci ini sangat cocok dijadikan hewan peliharaan.

Berdasarkan pernyatan dari ARBA, kelinci ini memiliki sebelas vrasi wana, mulai dari putih, itam, broken (perpduan warna dasar putih dengan warna lain) coklat, wrn tembaga, biru dan masih banyaak lagi.

Harga kelinci ini tidak semhal Jenis Kelinci Tan. Hargannya sekitar 250.000 hingga 700.000

Kelinci Polish, Asal Polandia

kelinci peliharaan satin

heartsongrabbitry.com

Lanjut kelinci asal negara Polandia. Polish rabit adalah kelincii asal kolandia yang lair dari persilangan antara kelinci Belanda tau yang kita kenal dengan Dutch dan kelinci Himalaya.

Walau ARBA mulai mengenali kelnci ini pada tahun 1938, jenis kelinci polish ini ada sejak tahun 1600an. Kelinci ini digemari karena sangat mungil.

Cocok sebagai hewan peliharaan anak termasuk baalita. Berat dari kelinci ini biasanya berkisar di 1,5 Kg.

Berbeda dengaan kelnci kelinci mini yang laain. kelnci satu ini tidak membawa gen dari kelinci Dwarf. Walau bentuka memiliki kesamaan kelnci ini tidak berasala dari persilangan kelinci dwarf.

Kelinci asal Polandia ini sangat populere dijadikan kelinci dalam pertunjukan sulap, mugkin dikarenakan ukurannya yang kecil.

Jika kalian tertarik membeli kelinci jenis ini, siapkan saja dana sekitar Rp. 1.000.000untuk

Kelinci Netherland Dwarf, Mini dan Lucu

jenis kelinci asal belanda

ebayimg.com/

Jika tadi adalah kelinci dwarf asal Jerman sekarang giliran si-mungil asal negeri kincir angin. Netherland Dwarf, dari namanya tentu kita tau kelnci ini memiliki genetik kelinci dwarf.

Ciri utama kelinci Dwarf adalah ukurannya yang mungil dengan telinga pendek yang berdiri tegak.

Kelinci Dwarf Belnda memiliki tubuh yang mungil sangking mungilnya kelinci ini diberi julukan kelinci hamster.

Bahkan ada juga sebgian orang yang menjuluki kelinci ini dengan julukan kelinci lost neck karena tubuhnya yang kecil dengan leher yang sangat pendek.

Karena kelinci ini begitu menggemaskn, banyak orang yang tertarik untuk memelihara kelinci ini. Berat dari kelinci ini tidak sampai 1 kg.

Dengan leher pendek, kepala yang bulat, telinga yang kecil dan tegak. Warna dari kelinci ini sangat beragam karena kelinci ini banyak mengalmi persilangan.

Harga kelinci dewasa jenis netherland dwarf ini berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 1.000.000.

Dwarf Hotot, Kelinci Bercelak

jenis Kelinci dwarf hotot

rabbitbreeders.us

Kelinci mungil berikutnya adalah Kelinci dwarf asal Jerman, yakni Kelinci Dwarf Hotot. Seperti halnya dwarf lainnya kelinci ini memiiki tubuh yang kecil.

Namun jika dibandingkan dengan kelinci Netherland Dwarf, kelinci ini tidak terlalu kecil. Berat dari jenis kelinci satu ini berkisar 1,5 kg.

Ciri khas dari kelinci ini adalah lingkaran hitam yang mengitari di bagian matanya dengan badan berwarna putih bersih.

Bentuk telinganya kecill tegak dan berujung lancip seperti jenis jenis kelinci dwarf kebanyakan. Salah satu keunggulan kelinci jenis ini adalah sifatnya yang ramah dan cenderung tidak kanibal terhadap anak anaknya.

Jadi bagi kaliana yang ingin merawat dan membudidayakan kelinci ini tidak perlu terlalu khawatirkan sifat kanibalisme.

Untuk kaliaan para pencinta kelinci, bsa mendapatkan kelinci ini seharga Rp. 700.000.

Leave a Reply