Berbagai Jenis Kura Kura Dunia Mulai Dari yang Langka Hingga Untuk Peliharaan

Siapa sih yang tidak tau hewan mungil dengan cangkang keras bermotif dipunggungnya yang seperti batu guna melingungi dirinya.

Ya, Kura kura merupakan salah satu reptil yang populer untuk dipelihara. Tidak seperti reptil biasanya, reptil jenis ini memang banyak digemari karena gerak geriknya yang menggemaaskan.

Berbeda dengan jenis reptil ular, kadal, bunglon yang cenderung memiliki wajah yang sangar dan terlihat galak. Baca juga artikel mengenai contoh hewan reptil untuk mengetahui ragam dan kelompok spesies reptil

Kita juga sering mendengar berbagi cerita fabel mengenai kura kura dalam maupun luar negeri. sehingga kita tidak asing lagi dengan hewan satu ini. Kura kura sering kita jumpai di kebun binatang maupun taman rekreasi seperti rumah reptil.

Tidak hanya di tempat wisata, di toko toko hewan peihaaran atau petshop kita sering melihat kura kura mungil dengan cangkang bulatnya.

Tapi taukah kalian Kura kura yang paling sering kita jumpai di petshop adalah kura kura jenis brazil yang identik dengan warnnya yang hijau dan corak oranye dilehernya?

Itu adalah satu dari sekian banyak jenis kura kura yang ada di dunia, dan masih banyak lagi kura kura yang belum pernah kalian lihat di toko hewan peliharaan maupun tempat wisata seperti rumah reptil.

Kura kura murupakan salah satu contoh hewan omnivora atau yang bisa kita sebut dengan hewan pemakan segala. Ya, KUra kura ini tidak haya memakan tumbuhan melankan juga memakan hewa hewan kecil lainnya, sepertihalnya ikan ikan kecil.

Kura kura sendiri merupakan salah satu hewan yang memiliki karakteristik mirip dengan hewan hewan purba zaman dahulu kala. Maka dari itu kura kura juga disebut dengan salah satu hewan tertua yang maasih ada di dunia seperti halnya komodo dragon, sekeor reptil purba asal indonesia.

Tiga Jenis Kura Kura Berdasarkan Habitatnya yang Perlu Kalian Tahu

Kura kura peliharaan

abcnews.go.com

Jenis Kura Kura Darat

Perlu kalian ketahui di dunia ini ada tiga jenis kura kura yang dikelompokan berdasarkan ciri fisik dan tempat tinggalnya. yang pertama adalah kura kura darat. Kura kura jenis ini disebut juga tortoise. Sedangakan masyarakat indonesia menyebutnya “kura kura” saja.

Ciri khas dari kura kura jenis ini adalah kaki dengan jari jari dan kuku tajam yang digunakan untuk berjalan di darat dan menggali sarang. Kura kura ini lebih sering berdiam didarat daripada berendam berlama lama di air.

Jenis Kura Kura Laut

Jenis yang kedua adalah kura kura air laut, masyarakat indonesia lebih mengenaln dengan sebutan penyu. jenis kura kura satu ini tidak memiliki kuku kuku tajam dan jari jari. Kura kura ini hanya memliki sirip yang digunakan untuk berenang di perairan air laut dan berjalan di pesisir pantai.

Jenis Kura Kura Sungai

Jenis yang terakhir adalah jeniis kura kura air tawar. kura kura ini sering kali dijadkan hewan peliharaan rumah rumah. Ciri ciri khasnya adalah kaki dengan bentuk yang seperti sirip.

Beberapa Jenis Kura Kura Di Indonesia

Indonesia merupakan negara perairan terbesar yang beriklim tropis. Tentunya Indonesia memiliki beraneka ragam flora dan fauna yang tersebar, tidak terkecuali kura kura. Ada bannya kura kura yang berhasil di budidyakan di Indonesia. Namun apakah kalian tau kura kura yang biasa ada di Indonesia? Berikut ada bebera contoh kura kura khas perairan Indonesia yang perlu kalian ketahui keberadaannya.

Tuntong Sungai

Jenis Kura kura tuntuong sungai

http://nakamaaquatics.id

Kura kura satu ini adalah jenis kura kura sungai yang memliki habitat di pulau Sumatra, Kalimantan Thailand, dan Malaysia. ada dua subspesies dari kura kura ini yaitu Affinis dan Edwarmolii.

Kedua sub spesies ini terpisah ada yang di Sumatra dan yang lainnya berhabitat di pulau yang tadi disebutkan. Ciri fisik kura kura ini adalah badannya yang besar, dengan warna gelap kehitam hitaman, mata oranye menyala dengan hidung yang tajam.

Tuntong Laut

Jenis Kura kura laut Tutong

wikimedia.org

Sesuai namannya kura kura jenis ini hidup di laut atau air asin. Kura kura khas Indonesia ini banyak dijumpai di Kalimantan dan Sumatra.

Seperti halnya penyu hijau kura kura ini akan bertelur di pesisir pantai. tidak jauh berbeda dari tutuong air tawar, kura ura ini memiliki badan yang besar hidung yang tajam dengan cangkang bulat tak jauh berbeda dengan tutong air tawar.

Kura Kura ambon

Jenis kura kura ambon

bisnis.com

Kura kura Ambon merupakan jenis kura kura yang berasal dari Indonesia.

Walau kura kura ini bernama kura kura ambon, kura kura ini tidak hanya ditemukan di Ambon, namun juga ada di Sumatra, Sulwesi dan ada beberapa tempat di negara negra lain.

Kura kura ini memiliki bentuk yang khas yakni tempurung yang bulat dan tinggi seperti batok kelapa. Karena bentuknya ini banyak orang menyebutnya dengan kura kura batok.

Kura Kura Sulcata

Jenis kura kura afrika sulcata

daddyspetsupply.com

Kura kura jenis ini adalah salah satu kua kura yang sangat populer untuk dipelihara konon kataya jenis kura kura ini adalah kura kura terbesar ketiga setelah kura kura jenis Galapagos dan Aldabra. Kura kura ini benyak digemari karena memiliki corak yang menarik.

Warna gonjreng pada tubuh dan cangkngnya menjadi cirikhas utama kura kura ini. Jenis kura kura Sulcata juga diperjual belikan di Indonesia. Kura kura ini pertama kali ditemukan di Afrika.

Habbitat kura kura ini adalah pesisir gurun sahara Kura kura ini termasu golongan kura kura terbesar ketiga karena ukurannya mampu mencapai 70cm.

Sebuah ukuran yang cukup fantastis untuk kura kura peliharaan. Ketika sudah besar kura kura ini akan memiliki sisik yang besar di sekujur tubuhnya terutama di bagi kaki yang sangat menonjol

Beberapa Jenis Kura Kura yang Dilindungi di Indonesia

Walau Indonesia negara perairan ada banyak satwa air yang terancam punah. Tidak terkecuali kura kura. Di indonesia ad beberapa kura kura yang terancampunah karena rusaknya habitat mereka. tidak hana itu perburuan terus dilakuakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi para nelayan. Kura kura djual untuk di ambil daging dan cangkangya di pasaran. Akibatnya ada beberapa jenis kura kura yang terancam punah. berkut adalah kura kura asal indonesia yang terancam punah.

Senggawangan (Chitra-chitra)

jenis Kura kura tempurung lunak yang dilindungi

edgeofexistence.org

Di Indonesia Kura kura Senggawangan adalah kura kura air tawar terbesar. Kura kura ini adalah jenis kura kura peredator yang mampu menyergap maangsanya dengan memanjangkan lehernya secra cepat lalu melebarkan mulutnya dan menyedot mangsanya hingga masuk kemulutnya.

Pola makannya yang lumayan tinggi menjadikan jens kura kura air tawar ini mampu tumbuh besar hingga 1,2m dengan berat mencapai 254 kilogram. sungguh ukuran yang besar untuk jenis kura kura air tawar.

Senggawangan hidup di perairan air tawar yang bersih dengan kualitas air yang baik dan dasar sungai yang berpasir. Kura kura jenis ini dapat ditemukan di Malaysia, Indoesia, Tahiland.

Di Indonesiaa kura kura ini berloksi di pulau Sumatera dan Jawa. Namun sangat disayangkan maanusia manusia yang haus akan harta melakukan perburuan habis habisan untuk dijadikan bahan makanan restaurant. Tidak hanya itu habitat kura kura jenis ini banyak dirusak dengan pembangunan bendungan, limbah rumah tangga higga limbah industri.

Penyu Hijau

jenis kura kura yang dilindungidi indonesia penyu hijau

tutorialchip.com

Kalau kura kura yang satu ini pasti sudah pada kenal. Pelestarian Penyu hijau sudah ada dimana mana termasuk di Indonesia. Penyu hijau adalah jenis kura kura air laut ang sekrang keberadannya mualai punah. Kura kura jenis ini berpergian, migrasi dari satu tempat ke tempat yang lain secara berkelompok. Ada setidaknya 80 Negara yang menjadi sarang penyu hijau bertelur. Penyu Hijau betina mampu menghasilkan 100 telur dalam sekali bertelur. Telur telur ini nantinya akan menetas secara bersman dan anak anak penyu hijau berbondong bondong pergi ke laut lepas.

Jenis kelamin dari jenis reptil satu ini ditentukan dari suhu sarangnya. Kura kura atau penyu hijau ini mampu bertahan hingga usia 80 tahun.

Hal yang menjadikan reptil amfibi mulai langka adalah perburuan telur penyu oleh masyarakkat, selain iitu juga baanyak nelayan yang memburu penyu hijau untuk dikonsumsi dan dijual cangkangnya.

Selain itu diluar sana banyaak sekali predator pemangsa penyu seperti burung dan hiu. Untuk mengatasi kepunahannya indonesia sudah memdirikan penangkran penyu di Sukabumi. Disana mereka mengabil telur telur yang ada untuk diamankan hingga nanti telur menetas.

Jenis Kura Kura Hias yang Ramah dan Dapat Kalian Jadikan Peliharaan di Rumah

Jenis reptil satu ini memang banyak pecintanya, maka tidak heran kalau kura kura banyak yang menjadikanya hewan peliharaan.

Tidak hanya karena kura kura hewan yang jinak tapi kura kura sangat cocok hidup di aquarium dengan cangkang dan corak yang beraneka ragam.

Jika kalian tertarik dengan jenis kura kura untuk peliharaan anda, berikut adalah beberapa kura kura di dunia yang sangat populer untuk di jadikan hewan pelihraan.

African Aquatic Sideneck Turtle

jenis kura kura dari afrika

Youtube.com

Kura kura ini pertama kiali ditemukaan di afrika. Jenis dari kura kura ini adalah fresh water turtel atau kura kura air tawar. Reptil afrika ini mampu tumbuh besar higga 18 inci.

Ukuran yang cukup besar untuk peliharaan dalam aquarium. Kalian bisa saja menjadikan kura kura jenis ini sebagai hewan peliharaan. Karena kura kura ini tidak termasuk jenis kura kura yang dulindungi oleh pemerintah karena tidak termasuk hewan langka atau punah

Central American Wood Turtle

Jens kura kura Wood-Turtle asal amerika

Kura kura satu ini sangt cocok dijadikan hewan peliharaan. Lihat saja corank inda di cangkangnya, tidak mainstrem berwarna tajam dan indah di pandang.

Sepeti namanya kura kura ini ditemukan di Amerika Utara. Hidup di sepanjang Meksiko utara higga Kosta Rika.

Dari letak geografisnya dapat diketahui jenis kura kura kayu ini hidup di wilayah yang sangat tropis. Sebernarnya ada banyak sub spesies dari kura kura kayu ini tapi yang paling sering ditemui dalam penagkaran dan budidaya kura kura dalah ‘Ornate Wood Turtle”.

Jenis kurakura ini memiliki corak berwarna merah dan kunig yang cukup mencolok. Spesies kura kura ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan rumahan.

Painted Turtle

kura kura Painted turtle

wikipedia.org

Painted turtel adalah jenis kura kura yang berkampung halman di Amerika Utara. kura kura jenis ini adalah kura kura yang memiliki habitat paling luas. Yaitu di sepanjang kanada selatan hingga meksiiko utara, sepnjng pntai tmur ke pantaii barat. Ukuran kura kura ini bis hingga 10 inci besarnya.

Untuk si-pejantan biasanya ukurnnya lebih kecil dari betina. Kura kura ini bisa jadi hewan peliharaan seumur hidup untuk kalian. Karena umur kura kura jenis ini bisa hingga 55 tahun, Rata rata umur manusia sekarang berumur 60 tahunan.

Selain umurnya yang panjang, kura kura ini memliki corak yang garang. Berwarna oren kemerah merahan di seluruh tubuhnya. menjadikan kura kura ini melilki warna yang begitu mencolok dan begitu cantik untuk dijadikan hewan peliharaan kalain dirumah. Selain itu ukuranya juga kura kura ini tidak terlau besar.

Caspian Pond Turtle

jenis kuraa kura caspian pond turtle

theturtlesource.com

Kali ini kura kura yang berasal dari negeri Timur Tengah. Caspian Pond Turtle merupakan jenis kura kura yang memilki ciri identik seperti buas zaitun yng memiliki pola kuning agak krem di cangkang engan ingga ujung kepalanya.

Pasti ada pertanyaakan apakah kura kura ini layak ijadikan hewan peliharaan atau tidak. Jawabanya “SANGAT COCOK'”, walau tidak seperti kura kura sebelumya yang memiliki corak yang tajam, kura kura jenis ini adalh kur kura yang mudah mengenali tuannya.

Kekurangannya untuk awal pemeliharaan, kura kura ini mudah terkejut dan lari ke perairan jika di terkejut.

Red Ear Slider Turtle / Kura Kura Brazil

jenis kura kura caspian pond turtle

theturtlesource.com

Kura kura inilah ang kita tunggu tunggu. Pasti kalian sudah sangt mengenal kura kura jenis ini. Kura kura ini adalah kura kura yang paling sering ita jumpai ditoko hewan maupun Petshop. Nama lain kura kura ini adlah kura kura Brazil.

Seprti namanya kura kura ini memang berasal dari Amerika Selatan. Jenis kura kura ini paling sering ditemukan dari Ilinois ke Teluk Meksiko dan dari Pantai Timur ke Texas barat. Ciri ciri utama kura kura jenis ini adalah warnanya yang berwarna dengan garis gris hijau muda dan warna merah di bagian telinganya.

Kura kura ini lebih suka hidup di rawa rawa dan untuk jenisnya reptil ini termasuk kura kura perenang yang kuat. Kura kura memang cocok banget buat dijadikan hewan peliharaan karena umurnya benar benar panjang banget.

Jenis kura kura brazil ini mampu hidup antara 50 hingga 70 tahun. Seperti umur manusia saja. Ukuran kura kura brazil terbsesar adalah 30 cm. Ukuran tersebut dapat dicapi ketika umur dari kura kura brazil mencapai 20 tahunan.

Eastern Box Turtle

jenis kura kura eastern box

reptilesmagazine.com

Jenis kura kura satu ini sangat populer dijadikan hewan peliharaan di negara asalnya. Sesua denga namannya kura kura ini berasal dari Amerika Serikat bagian timur, sering kali berada di caronila utara.

Walau pertumbuhannya sangat lambat. Jenis kura kura ini di alam liar mampu bertahan hingga 100 tahun lamanya.

Walau begitu kura kura ini tidak bertahan selama itu ketika dibudidayakan tidak bisa bertahan selama itu. Kekurangan hewan pelihraan satu ini adalah sulit untuk di pelihara karena membutuhkan tingkat kelembapan yang sesuai, sinar mtahari yang cukup dan tanah yang sesuai untuk bisa digali.

Mississippi Map Turtle

jenis kura kura mississippi

pinterest.com

Jenis Kura kura berkutnya adalah Mississippi Map Turtle, Dari namanya kita bisa tahu bahwa kura kura jenis ini hidup di sekitar lembah Misisipi.

Mereka banyak hidup di sekitaran sungai dan danau disana. Tidak seperti kebanyakan kura kura pelliharaan yang ada,  jenis ini lebih cenderung suka berada di perairan yang deras.

Kalian akan sulit menemukannya di sekitar perairan yang tenang seperti peraian di sawah sawah. Kura kura ini memiliki ukuran tubuh yng tidak terlalu besar.

Untuk betina dewasa mampu mencpai panjng sekitar 10 inci atu 25 centi meter. Sedangkan pejantan ukuranna lebih kecil dari betina dengan postur yang ramping.

Ciri ciri khas dari kura kura misisipu ini adalah warnanya dengan corak hitam dan kuning kehijau hijauan dengan cangkan yang bersisik. Walaupun kura kura ini membutuhkan perairan yang bagus dan bersih kura kura ini tetap menjadi pilihan favort warga Amerika sebagai hewan pelihaaraan.

Russian Tortoise

Kura kura asal rusia

wikipedia.org

Kalau kura kura yang satu ini memang cocok banget untu dijdikan hewan pelihraan. Kura kura ini mampu hidup di suhu ekstrim. Kura kura ini berjenis kkura kura dart. l itu dapat dilaiht dari postur tubuhny dan bentu kakinya.

Ukuran kura kura ini cukup kecil yakni sekitar 10inci atau 5 centi. Tapi jangan salah, walau kecil kura kura njenis ini tergolong kura kura yang aktif. Dia juga memiliki selera makan yang tinggi.

Hal tersebutlah yang menjadikan kura kura ini cocok dijadikan hewan peliharan. selin kura kur ini aktif, perawtanya cenderung mudah.

Ciri isik dari kura kur ini adalah. sisik yang jelas terlihat di tubuh dan kakinya, cangkang yang bulat, motifnya berwarna hitam dengan degradasi warna terang.

Greek Tortoise / Kura Kura Yunani / Testudo Graeca

Kura kura yunani Testudo Graeca

Greek tortoise atau jenis kura kura Turki ini berkembng biak dengaan aik di daerah afr utara selatn eropa, barat daya asia.

Kura ra ini juga dikenal dengan kura kura bertulng paha, mungkin karen strutur tubuhnya. Banyak orang melporkan bahwa jeis kura kura ini mampu hidup 100 tahun di penangkaran atau ketika dipelihara.

Namun pada kenyataannya, ketika di alam liar umur kura kura ini hanya sekitar 20 tahun saja dikarenkan perburuan oleh predator. Krenaa umurnya yng sngat pnjang kura kkura ini dapat dijadikan hewan peliharaan seumur hidup. Selain itu sifat kura kura ini ramah dan responsif kepad para pemiliknya.

Leave a Reply