fbpx

15 Jenis – Jenis Virus Komputer yang Paling Sering Menginfeksi Komputer | Wajib Tahu

Jenis Virus Komputer –┬áVirus koputer merupakan sebuah program yang merusak dan mengganggu kinerja atau sistem pada komputer. Tidak seperti komputer komputer terdahulu yang sangat kecil kemungkinan terinfeksi virus, komputer sekarang memiliki peluang tinggi untuk terinfeksi. Komputer generasi pertama di ciptakan dan di produksi bukan untuk umum, sehingga tidak semuaa orang mampu membeli komputer. Dengaan demikian tidak ada yang namanya virus developer.

Virus ini memiliki kemampuan mereplika atau menyisipkan program mereka ke aplikasi, program maupun file yang ada di sebuah komputer. Tujuan utama diciptakanya sebuah virus adalah menginfeksi sistem yang rentan dan mengambil alih kendali admin dan mencuri data pengguna.

Ada beberapa cara suatu virus berkeja dengan metode penyebaran yang berbeda beda. Ada yang melalui lampiran e-mail. mengunjungi situ situ brbahaya dan tidak aman, menjalankan file yang tidak aman, atau klik iklan yang terinfeksi.

Selai itu ada juga jenis virus komputer yang menyebar dengan cepat hanya dengan melalui media penyimpanan data seperti USB Flashdrive, removable storage dan lain sebagainya. Virus yang berhasl menginfeksi sebuah komputer akan merusak dengan cara menginfeksi sistem perangkat lunak, memodifikasi atau menghapus aplikasi utama, dan menyalin atau mengahpus data, ada juga yang mengenkripsi data komputer.

Mengetahui seberapa berbahayanya virus virus tersebut tidak lah cukup. ada sangat banyak virus yang tersebarluas didunia komputer. masing masing jenis virus komputer meiliki cara kerja yang berbeda beda dengan cara penyebaran yang berbeda beda pula. Berikut adalah beberapa jenis virus komputer yang terseba di luar sana.

1. Macro Virus

Jenis Virus Komputer

symassets.com

Macro Virus merupakan jenis virus komputer yang berbasis file. Virus macro menular melalui file seperti microsoft excel dan microsoft word. Sayangnya ketidak tahuan orang terhadap virus ini membuat mereka tidak berhati hati trhadap virus ini. Biasanya orang mengunduh email tanpa memindainya terlebih dahulu. Sistem proteksi yang baik akan memindai terlebih dahulu setiap file yang keluar masuk komputer

2. Worm

Jenis Virus Komputer, worm

ytimg.com

Worm merupakan jenis virus komputer “standalone”. Worm memiliki kemampuan mereplikasi diri secara masif. Hal ini menyebabkan worm sangat mengganggu. Worm dapat menggandakan diri dan menyebar luas dengan mudah melalui media menyimpan data atau melalui jaringan komputer dan internet.

Worm dapat menyebar ke internet atau jaringan lokal tanpa perlu campur tangan dari manusia. Berbeda dengan kebanyakan virus yang aktif dan menyebar melalui file atau program komputer yang disusupi, Worm menyebar melalui celah sistem yang ada. Salah satu yang akan terkena dampak worm adalah penuhnya bandwidth komputer.

3. Polymorphic Virus

Jenis Virus Komputer, Polymorphic

vecteezy.com

jenis virus komputer polymorphic adalah jenis yang sulit untuk di identifikasi oleh mesin pemindai virus. Diakrenakan kemapuan unik virus ini. Virus jenis ini mampu terus mengenkripsi dan mengubah pengkodean mereka . Mereka terus mengubah operasi mereka dari waktu ke wakttu, yang mana akan berdampak negatif pada program program anda.

Cara mengatasinya: Karena kecedasa virus ini, tidak akan mudah untuk menyelesaikan. Namun anda dapat menggunakan anti virus atau anti malware dan mengaktifkkan firewall sebagai tindakan pencegahan.

4. Multipartite Virus

Jenis Virus Komputer multipartite Virus

freepik.com

Jenis virus ini adalah satu dari sekian virus yang sangat berbahaya. Virus ini sangat merusak meradang sampai kedalam sistem dengan banyak cara. Virus ini bekerja deganara menyerang RAM llau menjalar ke sistem operasi dan akhirnya akan bermuara di Harddisk. Kemampuan menyerangnya yang ganas akan sanga mengganggu kinerja Komputer anda.

Istilah ini diciptakan untuk menggambarkan virus pertama yang memasukkan file DOS executable dan kode virus boot sector BIOS PC, di mana kedua bagian itu adalah virus itu sendiri. Sebelum nama yang dikenal sekarang ini virus ini dikenal dengan nama Boot Infector. Namun kemampuannya dalam menyebar atau meradang lebih cepat dari pada boot infector, virus ini dinamakan Multipartite Virus

Cara mengatasi dampak kerusakan viru ini cukuplah dengan cara mendefrag Harddisk anda serta melakukan mantanance lainnya seperti badsector.

5. File Infector

Jenis Virus Komputer, File Infector

virus-removal-guide.com

File infector meruakan jenis virus komputer yang bekerja degan menyisipkan kode yang telah terinfeksi kedala aplikasi yang dapat di eksekusi atau dijalanan. ketika file tersebut dieksekusi, virus tersebut akan bekerja dan tersebar kekomputer.

Virus yang menginfeksi file juga dapat tersebar ke komputer dalam satu jaringan yang sama. Dalam beberapa kasus file ini jga dapat memformat ulang Hard Drive. salah satu virus yang cukup terkenal pada tahun 2011-2012 dari jenis ini adalah Win32.Saliy.BK. Virus ini dapat menyerang mac, windows, maupun linux. Namun file yang paling sering terkena adalah pile dengan ekstensi .exe atau .com.

6. Direct Action Virus

Jenis Virus Komputer, Direct Action Virus

alphacoders.com

Direct Action Virus merupaan salah sau virus yang dulunya sempat populer. Namun virus ini tidak terlalu berbahaa dan cenderung mudah diatasi menggunaka aplikasi pemindai virus. Jenis virus komputer ini akan aktif apabila aplikasi yang terinfeksi djalankan. Namun setelah aplikasi ditutup, virus ini sudah tidak berjalan lagi. Untuk megatasinya cukup dengan menggunaka aplikasi pemindai virus yang biasa dipakai.

7. Web Scripting Virus

Jenis Virus Komputer, Web Sripting

alphacoders.com

Virus jenis ini merupakan virus ynag berkembang di internet melalui website website. Penempatan konten website dibuat menggnakan pengkodean ini seperti video, gambar, dan lain sebagainya. Konten konten tersebut dapat disispkan sript yang akan menginfeksi komputer anda ketika anda mengekil konten tersebut.

Ada beberapa situ di internet yang tanpa pemilik website sadari telah dsisipkan script tambahan yang akan menginfeksi komputer pengunjung. Untuk mencegah dan megatasinya gunakan aplikasi pemindai virus yang mampu mendteksi keamanan situs ketika anda menjelajahi website.

8. Boot Sector Virus

Jenis Virus Komputer, Boot sector virus

itguyswa.com

Virus ini merupakan jenis virus komputer lama. Virus ini ramai ketika komputer masih sering menggunakan Flopydisk. Walau sekarang sudah tidak pernah dipakai lagi, virus ini masih ada dan menyebabkan beberaa maslah. jika ada komputer ang terinfeksi, virus tersebut akan bekerja saat komputer akan dijalankan. Visrus ini menyerang menu boot.

9. Browser Hijacker

Jenis Virus Komputer, Hijacker

howtoremoveblog.wordpress.com

Serangan visru Browser HIjacker ditujuan kepada brewser. jenis virus komputer ini me-redirect alamat situs yang diketikan kesitus yang telah ditetntukan oleh Browser Hijacker. Halaman halaman yang dimunculkan adalah halaman yang memiliki kepentingan pribadi, seperti link download, toolbar yang menarik dan lain sebagainya. Tujuannya adalah meningkatkan pengunjung website pemilik irus tersebut. Program pemindai virus akan sangat membantu anda dalam mengatasi hal ini.

10. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah virus yang yang menyerang perangkat keras komputer RAM. Virus ini ditanam di RAM agar dapat dijalankan, yang artinya virus ini aka aktif ketika komputer dinyalakan. Komputer yang terserang virus ini bisa menjadi sangat lambat. Efek lain dari virus ini adalah file file yang dijalankan bisa saja menjadi korup, rusak, bahkan hilang.

11. Jenis Virus Komputer – FAT Virus

File Alocation Table Virus atau biasa dikenal dengan FAT virus merupakan jenis virus komputer yang sangat mengganggu. Virus ini mampu untuk merusak file file penting di komputer. virus ini juga mampu untuk menghilangkan atau menyebunyikan file file yang disimpan.

12. Jenis Virus Komputer – Trojan

Trojan atau yang biasa disebut dengan Trojan Horse merupaakn sebauh virus komputer. Virus ini dapat merusak jaringan dan sistem yang ada ada komputer. Fungsi utama viru ini adalah untuk memperoleh informasi seperti password, kebiasan user,system log, dan memperoleh hak akses terhadap target. Jenis viru komputer ini bersifat “Stealth” atau tidak terihat. Kebanyakan trian saaat ini berupa file yang dapat dieksekusi atau dijalankan sebagi program. seperti file dengan ekstensi .exe

13. Jenis Virus Komputer – Companion Virus

Companion virus merupakan jenis virus komputer yang sangat mengganggu. Virus inimampu bersembunyi didalam harddisk dan mengubah file ekstensi prgra program tertentu. Virus ini merupakan virus yang tidak akan berfungsi jika tidak ada folder atau file. Untuk mengaktifkan virus ini file atau folderr yang sudah disertai dengan virus haruslahdibuka dan dijalankan. ada beberapa contoh virus Companion diantaranya Terrax.1069, Stator, dan Asimov.1539. Cara mengatasinya cukuplah dengan anti virus dan firewall. Jenis Virus Komputer –

14. Jenis Virus Komputer – Directory Virus

Cara kerja directory virus adalah dengan mengubah jalur file. Ketika sebuah program dijalankan dan progra tersebut terinveksi virus maka viru ini akan berjala di backgrn data. jika sebuah program terinfeksi oleh jenis virus komputer ini, maka akan sulit program asli tersebut ditemukan

15. Jenis Virus Komputer – Overwrite Virus

Virus jenis ini adalah virus yang merepotkan. Dari namanya saja dapat disimpulkan bahwa virus ini menimpa file asli sehingga konten asli yang ada akan hilang. Virus ini juga bedampak pada kapasitas Harddisk. Dari berbagai jenis virus komputer, overwrite virus adalah virus yang mampu meghapus file komputer tanpa ada perubahandi kapasitas harddisk.

Virus ini mampu meghapus bebagai macam file yang ada di komputer secara otomatis. Data atau file yang tadi terinveksi akan terhapus dari komputer. File yang tadi terhapus ada kemungkinan dapat dikembalikan dengan software tertentu untuk mengebalikan file yang sudah hilang. Atau solusi lain sebagai tindkan antisipasi dapat juga dengan mem-backup data secar berkala.

Leave a Reply