fbpx
Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta dan Artinya

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta dan Artinya

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta – Jawa merupakan salah satu pulau terpadat di indonesia, jawa merupkan pusat pemerintahan pendidikan dan ekonomi di negara ini. Penduduk pulau jawa sendiri sekrang sudah sangat banyak, berbagai suku agam dan bahasa berkumpul di pulau ini. Mulai dari Sunda, Batak, Dayak, Madura, Hingga mandarin berkumpul di pulau ini melkukan beerbagai kepentingan mereka.

Puau jawa sendiri di huni dengan myoritas suku jawa. Mereka mendomnasi mulai daari jaw gian tmur hngga jwa bagian tengah. Banyak orang yang nyaman hidup dijwa selain karena fasilitasnya juga karena penduduknya yang sangat ramah. Orang jawa memang dikenal sebagai saah satu suku yang ramah, sehingga bnyak orang yang nyawan hidup dijawa.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa. Dalam penggunaanya, bahasa jawa dibedakan dengan tingkat kesopanan bahasa, ada bahasa yang diigunaakan sebagai bahasa sehari hari yang tergolong cukup sopan, ada juga bahasa kasar yang biasa digunakan untuk teman sebaya dn bersend gurau, ada juga bahasa yang sangat halus untuk menghormati orang orang tertentu.

Namun dengan berbagai perbedaan bahasa tersebut dalam penggunanya, banyak pelajaran atau kata kata bijak bahasa jawa yang dapat kita jadikan pelajaran. Mulai dari yang lucu, berbbau cinta, yang kasar, hingga yang benar Benar halus dan memiliki arti yang sangat mulia sebagai pengingat dan motivasi diri. Berikut adalah Kumpulan dari kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta, bahasa jawa timur, kasar, lucu, penuh cinta, kuno, hingga yang bisa digunakann sebagai status whatsapp atau Caption Instagram.

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Kasar dan Artinya

Kata kata bijak bahasa jawa kasar tentang syukur

Seperti yang sudah kita tahu bahwa bahasa jawa terpecah menjadi beberapa bahasa. Ada yang halus dan ada yang kasar. Penggunaan kata kata kasar biasnya digunakan untu komunikasi sehari hari bersama teman teman.

Walaupun kasar Tapi Kata kata ini tetap mengandung makan dan hikmah. Berikut merupkan kumpulan kata kata bijak bahasa jawa yang kasar dan artinya yang dapaat kta jadikan pembelajaran.

Nek Wis Niat Kerjo IKu,Ojo Golek Perkoro, Nek wes diniati golek rejeki iku Ora Usah Golek Rai.
Kalu sudah mendaptan pekerjan itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rejeki tu tidak usah cari muka.

Kata kata bijak bahasa jawa kasar diatas  memiliki makna, Kalau sudah dapet suatu peker jaan jangan cari perkara, terkadang orang ketika meiliki pekerjaan malah mencari masalah seperti penggelapan dana, korupsi, penipun dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu Ketik sudah diniati mencaari rejeki jangan tidak usah cari muka lah, kerja yang iklas tapi berkah, dengan harapan akan mempermudah jalannya rejeki nantinya.

Nek Wes Onok Sukurono, Nek Durung Teko Entenono, Nek Wes Lungo Lalekno, Nek Ilang Iklasno.
Kalau sudah punya itu disukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau  sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang iklas kan.

Ada nasihat buat kalian yang yang mengharapkan sidia, kalimat diatas merupakan Kata kata bijak bahasa jawa kasar  yang menasihati kita agar mensyukuri sesuatu jika sudah memiliki, jika belum datang nantilah dengan sabar, jika sudah pergi maka lupakanlah, dan jika menghilang maka iklaskanlah.

Kata kata bijak bahasa jawa kasar tersebut tidak hanya berlaku untuk si-dia, namun juga untuk rejeki dan kesenangaan kesenangan lainnya. Walupun disampaikan dengan bahasa yang kasar, kalimat tersebut tetap sarat makna.

Wong Iku Yo Sesekali Ndelok Ngisor Ojo Ndelok Ndukur Ae, Nek Kesandung Kapok Lho.
Jadi Orang Itu Sesekali Melihatlah Kebawah, Jangan Lihat ketas Saja, isa Jadi Nanti Akan Tersandung

Menjadi seseorang yang memilki jabatan tinggi itu janganlah melihat terus keatas memgejar jabatan terus menerus. Namun juga lihatlah siapa yang ada dibawah. Lihatlah mereka sesekali untuk dan tolonglah mereka.

Berhati hati lah karena bisa saja kalian tersandung ketika terus melihat keatas tanpa melihat yang ada di bawah kalian. Kira kira itu adalah makana yang terdapat dari kumpulan kata kata bijak bahasa jawa kasar diatas.

Gambar Untuk  Caption Status Whatsapp Bahasa Jawa Lucu Singkat

Setelah membahas kata kata bijak bahasa jawa kasar dengar artinya yang memberikita pelajaran. Berikut adalah kumpulan kata kata bahasa jawa yang bisa kalian gunakan untuk update status di sosmed. Ya, Ini adalah Kumpulan Kata kata  untuk Status Whatsapp Bahasa Jawa yang kocak tapi tetap bermakna. Eits janagn salah, Berikut juga bisa kalian gunakan sebagai Caption Bahasa Jawa

Status Whatsapp Bahasa Jawa
Bayangan Itu Tidak Kalah Pentngnya Dengan Cahaya

Jangan Bandingkan Cahaya Dengan Bayangan karenaa kedua hal tersebut adalah sama sama baik adanya. Saling melengkapi satu sama lain.  Tanpa salah satunya, keduanya tidak akan pernah ada. Jangan pandang buruk sesuatu dengan sebelah mata dan membanding bandingkan dengan yang lain.

Sama halnya gelap dan terang keduanya sama sma berharga. Sebuah kumpuln kata kata bijak bahasa jawa yang singkat dan penuh makna. Sangat cocok dan keren jika dibuat status Whatsapp bahasa jawa dan caption bahasa jawa.

Status Whatsapp Bahasa JawaIngin Melihat Fotoku? Berani Bayar Berapa

Walaupun Kata kata di atas bukan kata kata bijak bahasa jawa, namun kata kata diiatas cukup unik. dapat digunakan sebagai status Whatsapp bahasa jawa. Kalian juga menggunakan kalimat “Wani Bayar Piro” sebagai Caption Bahasa Jawa.

Maksut dari kalimat tersebur adalah ketika orang membuka status untuk sekedar kepo akan disambut dengan kalimat “Mau Lihat Foto Ku??” dan diteruskan dengan “Mau Bayar Berapa Memang”.

Status Whatsapp Bahasa Jawa
Biasa Aja Jadi Orang, Gak Usah Sombong, Aku Juga Dulu Pernah Ganteng

Kalimat diatas adalah kata kata sindiran bahasa jawa bagi orang orang yang sombong, Yang bikin unik disini adalah cara penympaiannya yang dipadu dengan ekspresi jengkel terhadap orang yang sombong.

Walaupun kalimat tersebut lebih terkesan sebagai ekspresi kejengkelan tapi anggap saja itu kata bijak bahasa jawa karena ada peljran dibalik kata kata tersebut. “Jangan Sombong” itu lah intinya. Kalimat tersebut juga cocok dijadikan status whatsapp berbahsa jawa karena keunikanya.

Jika kalian ingin menggunakannya sebagaiu caption bahasa jawa, kalian bisa menggunakan kata kata seperti “Rasah Sombong” atau “Biasa Ae”.

Filosofi tentang hidup bahasa jawa Hidup itu bagaikan secangkir kopi, Jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasan hanyalah pait

Sebuah filosofi jawa yang menggambarkan paitnya hidup dengan secangkir kopi. Kopi adalah minuman yang pait tapi banyak orang yang bisa menikmati minuman tersebut dengan senang karena rasa dan manfaatnya. Ada juga sebagian orang yang merasakan kopi itu pait dan tidak bisa di nikmati.

Sama halnya dengan hidup, walapu pait tapi ada orang yang bisa menikmati hidup tersebut dengan senang senang saja. Tapi juga ada orang yang hanya bisa merasakan paitnya kehidupan hidup. Kata kata tersebut cukup keren jika digunakan untuk status Whatsapp bahasa jawa. TIdak hanya status whatsapp, namun juga dapat digunakan sebagai caption bahasa jawa di Instagram kalian.

Status whatsapp bahasa jawa tentang quotes semangat Harus Semangat Walau Gak Ada yang Kasih Semangat

Ngenes banget kalimat tersebut. Sebuah kalimat yang diucapkan seseorang untuk menyemagati diri sendiri walau tidak  ada yang menyemangatinya. Tapi karena ngenes itu kalimat ini jadi terdengar lucu dan akan makin kocak apa bila di-upload dan dijadikan status Whatsapp bahasa jawa lucu dan singkat. Gunakan juga sebagai caption bahasa jawa di status instagram kalian.

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta dan Artinya

kumpulan kata bahasa jawa tetang cinta jomblo ngenes

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta dan Artinya

Tresna kanggo manungsa mung Amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta’aken manungsa!
Cinta Kepada Seorang Manusia Hanya Dikarenan Kecintaan Kepada Allah TuhanSemesta Alam yang Telah Menciptakan Manusia.

Ada pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta diatas. kata kata tersebut mengingatkan kita bahwa cinta terhaadap sesama manusia hanyalah merupakan wujud dari cintanya kita kepada Allah swt Tuhan semesta alam.

Cinta kita hanyah mencintai makhluk yang telah diciptakan-Nya sebagai wujud taat ita kepada-Nya, Melaksanakan Apa yang Telah di Perintahkannya.

Gusti Yen Arek iku Jodohku Tulung Dicidakaken, Yen Mboten Joduhku Tulung Dijodohaken
Tuhan Jika Anak Itu Adalah Jodohku Tolong Didekatkan, dan Jika Bukan Tolong dijodohkan

Kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta diatas memang merupakan sebuah do’a, tapi do’a tersebut mengundang tawa orang yang membacanya. Bisanya orang berdoa ” Tuhan Jika dia jodohku maka dekatkanlah, Jika Bukaan Maka Jodoh kanlah”. Namun karena bener bener menginginkan si-dia akhir dari doa tersebut dia rubah agar di jodohkannya dengan orang yang dia sukai.

Iso Nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding
Bisa nembang tidak bisa bermain seluling, bisa melihat tidak bisa mendamping

Sebenarnya dari pada menggolangkan kalimat tersebut sebagai kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta, Lebih cocok sebagai kata kata sindiran bahasa jawa tentang cinta. Kalimat tersebut merupakan sindiran bagi merekaa yang hanya mampu melihat tanpa mampu mendampingi si-dia.

Aku Gak Enek Sampean Bagai Sego Kucing Ilang Karete *AMBYAARR
Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karetnya *Berantakan

Maksut dari kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta dan artinya diatas merupakan ekspresi seseorang yang begitu menyayangi pasangannya. Namun ang bikin ketawa ialah mengibaratkan dengan sebungkus nasi kucig tanpa karet. Benar benar receh tapi bikin ketawa.

Arek Lanang Kuoso Milih, Arek Wedok Kuoso Nolak
Anak laki laki  bebas memilih, Anak perempuan Bebas Menolak

Laki laki dan perempuan merupakan dua mahluk yang diciptakan saling melengkapi satu sama lain. Begitu pula dalam urusan memilih atau dipilih. Lelaki memilii hak lebih banyak untuk memilih sang wnita idaman karena memang maanita lebih banya dripada laki laki. Namun wanita juga berhak menolak pria yang memilihnya. Itu lah rti dari kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta di atas.

Uwong Duwe Pacar Iku Kudu Sabar Ambek Pasangane. Opo Maneh Seng Gak Duwe.
Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang gak punya.

Kalimat diatas walau sebenarnya adalah kata kata sindiran bahasa jawa tentang cinta, namun ada sebuh pelajran yang bisa kita ambil. Yaitu sebagai orang yang memiliki pacar atau pasangan haruslah sabar satu sama lain dan jangan mendahulukan ego masing masing.

Yang bikin ketawa kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta diatas adalah tambahan kalimat di bagian akhir. Artinya adalah yang punya pacar pacar aja harus sabar apalagi yang tidak punya.

Akeh Manungsa Ngerasaaken Tresna, Tapi Lali Lan Ora Kenal Opo Iku Hakikate Tresna
Banyak manusia Merasakan CInta, Namun Mereka lupa dan tidak mengenal Hakikat Cinta Sebernarnya

Cinta diciptakan sebagai fitrah setiap manusia. setip manusia pasti memiliki rasa cinta. Namun banyak orang yang telah merasakan cinta tetapi tidak mengerti apa sebenarnya itu cinta. Siapa yang di cintai, dan apa yang sebenarnya tuhan harapkan dengan memberikan cinta kepada setiap manusia.

Kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta diatas memaksa kita berfikir apa itu cinta sebenarnya dan cinta seperti apa yang ideal bagi manusia.

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno dan Artinya

.

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa lucu dan Artinya, Singkat

Banyak kata Mutiara bahasa jawa lucu

Pelajaran dari Sebuah kata kata mutiara bahasa jawa tentang cinta dan kehidupan

Nek Dipikir Suwi Suwi Iku Loro, Nek Dirsake Yo Tambaha Loro, Loro Tambah Loro, Papat
Kalau Dipikir lama lama bikin loro (sakit), Kalau dirasakan malah makin loro (sakit). loro (dua) tambah loro (dua)
sama dengan Empat

kalau ini sih lebih cocok disebut kata kata bahasa jawa lucu, dari pada kata kata mutiara heheh. Kalau di pikir lama lama bikit sakit, kalau dirasakan  malah tambah sakit.

Dalam bahasa Jawa kata “loro” memiliki dua arti yaitu “sakit” dan “dua”. Kalimat tersebut menyatakan kalau sakit di tambah sakit saama dengan empat. Karen sakit juga bisa diartikn dua dalam bahasa jawa.

Gak popo alon alon, pokok seng penting iso move on
Tidak apa pelan pelan yang penting bisa move on

“Alon-Alon Waton Kelakon” merupakan kata kata mutiara khas jawa yang artinya pelan pelan yang penting dilakukan. Pada katak kata mutiar bahas jawa lucu di atas diplesetkan menjadi alon alon yang penting bisa move on.

Kata kata ini tidak hanya tegolong lucu namun juga termasuk kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta, karena dibalik kata kata itu ada nasihat bagi kalian yang sulit move on

Merga seng biasane wenehi coklat Bakal kalah ambek seng wenehi seperangkat alat sholat
karena yang sering memberi coklat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat sholat

Wahh kalau kalimat yang satu ini bisa jadi nasihat kepada kalian para cowok yang sudah merasa memiki dengan sering memberi coklat pada hari valentine. Kalau pesaing kalian memberi seperangkat alat sholat bisa jadi hangus begitu saja perjuangan kalian.

Walau kocak tapi kata kata mutiara bahasa jawa lucu ini memiliki makna bahwa wanita akan memilih orang yang lebih dulu memberi kepastian walau baru kenal.

Ngimpi  Seng dukur koyo langit, Yen awkmu logor berarti turumu kurang nengah
Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang tengah

Arti kata kata lucu bahasa jawa diatas itu bukan mimpi mengejar cita cita ya.., tapi mimpi dalam arti kata sebenarnya. Kalau lagi enak enaknya bermimpi tiba tiba terjatuh itu berarti posisi tidurnya kurang tengah. Makannya kalau tidur lebih tengah lagi biar tidak terjatuh saat bermimpi yang tinggi.

Saiki Wong wong podo kemayu, emben nek wes sepuh bakal koyo mbahku
Sekarang orang orang banyak yang kemayu (sok cantik), nanti kalau sudah tua aka seperti nenekku

Kali ini kata kata mutiara bahasa jawa lucu yang memiliki makna “jangan sok cantik nanti kalau sudah tua tetep aja jadi nenek nenek.

Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Ilmu

Kumpuln Kata Mutiara Bahasa jawa tentang ilmu

Merasa Bisa dan Mampu

kata mutira bahasa jawa lucu

kumpulan kata kata bijak bahasa jawa lucu tentang alasan

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa timuran

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa timuran

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa timuran

Gambar lucu Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa timuran

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa kasar

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa timuran

status whatsapp bahasa jawa lucu singkat

 

Gambar Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Timur dan Artinya

kata kata lucu Bahasa Jawa Timur

Asline Aku Iku Yo  Kudu Nangis, Tapi Aku Mek Wedi Umbelku Moro Moro Metu
Sebernernya aku itu ya ingin  menagis, tapi aku cuma takut umbelku keluar dari hidung.

Kalau yang satu ini memang agak kotor sih .Tapi tetap bikin ketawa para pembacanya. Entah, tertawa karena lucu atau karena jijiknya. aang jelaas kata kata jawa bahasa jawa timur ini bisa bikin ketawa dan cocok kjuga kalau mau dijadikan gambar status whatsapp bahasa jawa.

Merdeka Iku Nek Soekarno, Hatta Onok Ndek Sakmu, Lha Nek Onoke Patimura Tok Jenenge Jek Berjuang
Merdeka Itu ya kalau Soekarno dan pak Hatta ada di dalam saku celanamu, Ya kalau yang ada cuman matimura berarti itu masih berjuang.

Hmm, kalau yang ada disaku adanya patimura berarti itu uang seribuan, haarus berjung biar dapet gambar Sokarno dan Hatta yang nilainya Seratus Ribu dan Lima Puluh Ribu. Kata kata lucu  bahasa jawa ini kocak juga sih, bisa buat dagelan di keidupan sehari hari atau di sosmed.

Aku Tanpamu Bagai Susu Gak Kutangan, Teromabang Ambing Tapi Akeh Seng Seneng
Aku Tanpamu Bagai Susu tak bakai bra, Terombang ambing tapi banyak yang suka.

Emang kurang etis siihh bahasa yng digunkan, Tapi namanya aja kata kata lucu bahasa jawa timur. Bahasa yang digunakan memang terkenal kasar, bagi mereka orang jawa timur memang ada kata kata dagelan kasar seperti ini. Yang bikin ngakan ialah perumpamaan “terombang ambing tapi banyak yang suka”.

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa dan Artinya

kata kata bijak bahasa jawa tentang kebahagiaan

Sudah banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Mulai dari kata kata bijak bahasa jawa tentang cinta, hingga Kata Kata mutiara bahasa jawa lucu dan bikin ketawa beserta artinya. Akan tetapi sebagai penutup ada sedikit kumpulan kata kata bijak bahasa jawa yang memiliki makna yang dalam. Di bawah ini adalah kata kata pilihan untuk kalian semua.

Wit, Yen di Uncali Watu Tetep Dibales Kanggo Woh
Hiduplah Seperti Pohon, Ketika Dilempari Batu Tetap Dibalas Dengan Buah

Belajar dari pohon, kata kata bijak bahasa jawa tersebut memberi contoh kepada it agar hiduplah seperti pohon. ketika orang lain melempar kita dengan batu, kita balas dengan buah. Ketika orang lain berperilaku jelek kepad kita balaslah dengan kebaikan. Dengan demikian tidak akan ada permusuhan antar manusia.

Kilangan Niku Sebuah Penemuan Tanpa Wates
Kehilangan Itu Merupakan Sebuah Penemuan Tanpa Batas

Ketika kita kehilangn sesuatu bukan bearti kita tidak mendapat apa apa. Dengan kehilangan  tersebut kita dapat mengambil pelajaran dan akan mendapatkan hal hal baru. Sesutu yang hilang akan selalu akan digantikan kembali. Kata Kata Bijak Bahasa Jawa di Atas Mengajarkan bahwa jangan sesali sebuah kehilanagan.

Wektu Seng Sampen Lewati Ambek Prasaan  Seneng Niku Guduk Mbuak Wektu
Waktu Yang Kamu Lalui Denga Perasaan Senang Bukan Lah Membuang Mbuang waktu

Menghabiskan waktu dengan persan senang bukanlah sesuatu yang sia sia. Terkadang kita memang memerukan waktu untuk sekedar bersenda gurau dan bersenang senang asal tidak terlewat batas. Sebuah nasihat untuk  menyadarkan kita kesenagann itu jugalah penting.

Cara Sing Paling Apik Kanggo Nyenengno Awak Dhewe Iku Ambik Nyenengno Wong Liyo
Cara terbaik untuk menyenangka diri sendiri adalah dengan berbagi kepada orang lain

Dengan beragi kebahagiaaan dengan orang lain, tidak hanya akan menyenangkan orang lain tapi kita aka memiliki kepusan batin tersendiri. Kat kata bijak baha jawab ini mengajarkan kita seberapa pentingnya berbagi antar sesama.

Bahagia Niku Ora Bakal Berkurang Yen Niku Dibagiaken Nang Wong Liyo
Kebahaagiaan itu tdak akan berurang dengan membagikannya kepada orang lain

Kalau yang satu ini melengkapi  kata kata bijak sebelumnya. Dengn berbagi kebhagiaan kita tidak akan berkurang sedikitpun. Malah dengan berbagi kita akan semakin seng dan meberi manfat kepada orang orang disekitar kita yag memerlukan kepedulin lebih.

Leave a Reply