fbpx
Kerajaan Hindu di Indonesia, Kerjaan Hindu pertama di Indonesia

10 Daftar Kerjaaan Kerajaan Hindu di Indonesia

Kerajaan kerajaan Hindu di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni berbagai macam suku, budaya dan berbagai macam agama. Banyaknya suku, budaya dan agama tentunya memiliki sejarah dibalik itu semua. Indonesia diketahui memiliki beberpa peinggalan kerajaan tempo dulu sebelum bersatu dan menjadi Indonesia. Kerajaan kerajaan tersebut beperperan dalam membawa dan menyebar luaskan agama dan budaya.

Salah satu agama tertua di Indonesia adalah agama Hindu. Telah banyak ditemukan peninggalan dan sisa sisa kerajaan yang membawa corak berbagai macam agama termasuk Hindu di Indonesia. Untuk Mengetahu kerajaan HIndu apa saja yang pernah berkuasa di indonesia, berikut merupakan 10 Daftar Kerajaan Hindu di Indonesia

Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia – Kutai

kerajaan kutai, kerajaan hindu pertama di indonesia

onysumar-blog.blogspot.com

Kutai merupakan kerajaan Hindu di Indonesia yang pertama sekaligus kerajaan hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini berdi sejak abad ke 4 Masehi yang didirikan oleh orang pribumi yang bernama Kudungga. Kerajaan ini didirikan tepat di Kuara Kaman, Kalimantan Timur dekat sungai Mahakam. Kerajaa ini dapat bertahaan berabad abad lamanya. Hal tersebut dapat diketahui dari jumlah raja yang meminpin pernah memimpin kerajaan tersebut.

Memiliki peninggalan yang dikenal dengan Yupa, Yaitu prasasti berbentuk menara batu. Sekarang telah ditemukan 7 buah yupa sebagai peninggalan kerajaan kutai. Dari informasi yang tertulis di Yupa tersebut, dapat diketahui segelintir cerita, keagungan, dan silsilah keluarga Kadungga.

Kadungga memiliki seorang anak yang bernama Aswawarman. Lalu Aswawarman memilik 3 orang anak yang di akui kebaiknnya. Tapi salah satu dari mereka yang sangat intimewa adalah Mulawarman. Dia pernah menyumbangkan 20.000 ekor lembu untuk para Brahmana.

Kerajaan hindu di Indonesia yang tertua ini jaya selama ratusan tahun. Hingga pada raja ke 21, kerajaan yang dipimpin oleh Maharaja Dharma Setia runtuh karena kalah dalam peperangan. Dharma setia tewas ditangan raja Kutai Kartanegara ke 13.

Kerajaan Hindu di Indonesia – Tarumanegara

udfauzi.com

Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan ini diketahui berdiri sejak abad ke 4 hingga abad ke 7 Masehi. Kerajaan ini berada di bagian Barat pulau jawa. Tarumanegara merupakan satu dari beberapa kerajaan Hindu di Indonesia.

Nama Tarumanagara berasal dari kata “Tarum” yang merupakan nama sungai yang membelah Jawa Barat yaitu sugai “Citarum” dan “Nagara” yang berarti kerajaan atau negara. Pada muara sungai Citarum ditemukan dua buah candi yang diduga sebagai peniggala kerajaan Taruma Nagara, yaitu candi Batujaya dan Candi Cibuaya.

Tidak diketahui siapa pendiri dan raja pertama kerajaan Taruma Nagara, Namun ada seorang raja yang terkenal berasal dari kerajaan ini yaitu Raja Punawarman. Raja Punawarman pernah memerintahan peggalian sungai Sungai Gomati dan Candrabaga (Kali Bekasi) pada abad ke 5. dengan panjang kurang lebih 11 Km.

Kemudian demi merayakanya dilaukan sukuran dala bentuk menyedekahka 1000 ekor sapi kepada para Brahana. Bukti dari keberadaan kerajaan Taruma Nagara adalah ditemukannya 7 buah prasasti di Jawa Barat. Dalam prasasti terseut diketahui kerajaan tersebut sedang dipimpin Raja Dirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia – Mataram Kuno

Kerajan Mataram Kuno, Kerajaan Hindu di Indonesia

seputarsemarang.com

Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang di pimpin dua dinasti. Kedua dinasti ini hidup beriringan di jawa Tengah. Dinasti yang pertama adalah dinasti syailendra. sedangkan dinasti yang kedua adalah dinasti Snajaya.

Dinasti Syailendra adalah dinasti yang didirikan oleh Bhanu pada pertengahan abad ke 8 dan dinasti ini bercorak agama Hindu. Sedangkan dinasti Sanjaya didirikan oleh sanjaya sekitar tahun 1732. Sedangakan nama Mataram sendiri disebut di ambil dari sebuah prasasti.

Adapun beberapa peninggalan mataram kuno yang dibagi menjadi dua dinasti antara lain Candi Borobudur yang sangat terkenal dan pernah terdaftar sebagai keajaiban dunia UNESCO. Candi ini merupakan candi dari dinasti Sanjaya yang bercorak Budha, hal ini dapat diketahui dari oranamen dan patung patung yang ada. Selain Candi borobudur ada juga candi candi lain, antara lain. Candi Mendut, Candi Sewu, Candi Pawon, Candi Sari, dan Candi Sojiwan.

Sedangkan candi peninggalan dari dinasti Sailendra yang merupakan kerajaan hindu di Indonesia dan paling dikenal masyarakat dunia adalah Candi Prambanan. Candi ini merupakan candi Hindu yang merupakan tandingan dari candi Borobudur. Selain candi Prambanan adajuga candi candi lain seperti Dieng, Brahma, Siwa, Wisnu, Boko, dan Sukuh.

Kerajaan Hindu Kediri

Kerajaan Hpndu, Peninggalan Kerajaan Kediri

.gurupendidikan.co.id

Kerajaan Kediri merupaka kerajaan yang bercorak agama Hindu. Pada saat itu kerajaan ini berdiri dikota Daha yang sekerang berada di sekitar Kota Kediri. Salah satu Kerajaan Hindu di Indonesia ini berdiri sejak tahun 1042 dan runtuh pada 1222.

Kerajaan ini merupapakan pecahan dari sebuah kerajaan yang kedua pangernnya memperebutkan tahta yang ada. Kerajaan pertama bernama Panjalu yang berpusat di kota Daha dan satunya lagi berada di Timut yang bernama Janggala yang berpusat di kota lama. Kerajaan Kediri dalam sejrahanya lebih serin dikenal sebagai kerajaan Panjalu. Nama tersebut lebih sering digunakan dan ditulis dalam prasasti prasastinya.

Kerajaan Hindu di Malang – Singasari

Kerajaan Singasari Malang, Kerjaan Hindu, Candi Singasari

ibnuasmara.com

Kerajaan hindu di Indonesia berkutnya adalah kerajaan Singasari atau serig disebut dengan Singosari. kerajaan ini berdiri pada tahun 1222 yang didirikan oleh Ken Arok. Kerajaan Sighasari diketahui juga dikenal dengan Kerajaan Tumapel. Nama Singhasari awalnya merupaka nama ibu kota, namun justru lebih dikenal sebagai Tumapel.

Awalnya Tumapel merupakan nama daerah atau kecamatan yang dipimpin oleh Tunggul Ametung. Dia memiliki pengawal yang bernama Ken Arok. Kemudia Ken Arok Membunuh Tunggul Ametung dan menikahi istrinya yang bernama Ken Dedes.

Setelah kematina Tunggul Ametung, kemudian Ken Arok mengambil alih kekuasaannya dan berinisiasi untuk memisahkan diri dari kerajaan Kadiri. Pada tahun 1292 Kerajaan Singasari yang dipimpi oleh Kertanagara kalah perang melawan Kerajaan Kediri. Dengan begitu Runtuh pula kerajaan Ken Arok.

Kerajaan Hindu Terbesar di Indonesia – Majapahit

Kerajaan Majapahit, Kerajaan Hindu di indonesia, Daerah kerkuasaan Majapahit

toriolo.com

Majapahit merupakan sebuah kerajaan yang berdiri pada tahun 1293 dan runtuh pada tahun 1500 an. Kerajaan ini adalah salah satu kerajaan hindu di Indonesia yang bertempat di Jawa Timur. Kerajaan ini tercatat sebagi kerajaan terbesar di Indonesia. Walaupun masih dalam perdebatan, wilayah kekuasaa kerajaan Majapahit mencapai pulau kalimantan, Sumatra, bakan sampai Indonesia bagian timur.

Nama Majapahit diambil dari nama buah Maja yang memiliki rasa pahit. Hingga kini belum jelas siapa pendiri kerajaan dan raja pertama dari Kerajaan Majapahit. Para sejarawan lebih banyak merujuk pada Nagarakertagama. Kerajaan ini berada pada puncak kejayaannya dibawah kekuasaan Raja Hayam Wuruk yang berkuasa pada tahun 1350 hingga 1359.

Kerajaan Hindu di Jawa Timur – Janggala

Kerajaan Jenggala, Kerajaan Hindu, Kerajaan Janggala

situsbudaya.id

Janggala atau bisa disebut dengan Jenggala merupakan pecaha dari kerajaan yang didirikan oleh Airlangga. Anak anak Airlangga yang memperebutkan tahta dipisahkan dengan dibaginya dua daerah kekuasaan yang akhirnya berdiri dua kerajaan, yaitu kerajaan Kediri dan Kerajaan Jaggala.

Diperkirakan pusat pemeintahan kerajaan ini berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Diketahui bahwa kerajaan ini menganut Wangsa Isyana yang berkepercayaan Hindu. Umur darikerajaan ini sangatlah singkat. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1042 dan berakhir sekitar tahun 1130-an. Runtuhnya kerajaan ini dikarenakan perang saudara dengan kerajaan Kediri.

Kerajaan Hindu – Kahuripan

Kerajaan Hindu, Kerajaan Kahuripan Kerajaan Hindu di Indonesia

idsejarah.net

Terbunuhnya Dharmawangsa Teguh ketika kota Watan diserang oleh Raja Wurawari dari Lwaram yang merupakan sekutu Kerajaan Sriwijaya, Mengakibatkan runtuhnya Kerajaan Medang atau baisa disebut Mataram. Dala penerangan tersebut, keponakan raja Dharmawangsa Teguh yang bernama Airlangga berhasil melarikan diri.

Meinindak lanjuti hancurnya kota Wetan dan runtuhnya kerajaan Mataram, Airlangga menidirikan Kerajaan Kahuripan di pulau jawa tepatnya di Kota Watan Mas dekat gunung penanggunga. Salah satu kerajaan hindu di Indonesia ini tidak bertahan lama. Diketahui kerajaan ini Runtuh Sekitar tahun 1045.

Kerajaan Hindu di Kota Malang – Kanjuruhan

Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Hindu di Indonesia

kumparan.com

Kerajaan Kanuruhan adalah sebuah Kerajaan hindu di Indonesia yang berpusat di Malang, jawa timur. Kerajaan ini diperkiraan berdiri sejak abad ke 8 Masehi. Peninggalan dan bukti bahwa kerajaan ini pernah ada, dapat diketahui melalui Prasasti Dinoyo.

Salah satu raja yang paling dikenal adalah Raja Gajayana. Peninggalan kerajaan ini selain prasasti Dinoyo ada juga Candi Badut dan Candi Wurung. Kerajaan ini berdiri di daerah kota Malang yang sekarang dikenal dengan Lowokwaru.

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia – Kalingga

Kerajaan Kalingga, Kerajaan Hindu di indonesia

asharipad.blogspot.com

Menurut Wikipedia.org Kerajaan Kalingga atau disebut juga dengan Ho-Ling oleh orang tiongkok, tidak mutlak sebagai kerajaan hindu di indonesia. Kerajaan ini merupakan Kerajaan yang bercorak capuran. sebagian menganut Budha dan seagian lagi menganut Hindu.

Kerajaan ini berdiri di jawa Tengah pada abad ke 6. Tidak pasti dimana pusat kerajaan ini berdiri. Namun diperkirakan berada di sekitar Kabupaten Pekalongan atau Kabupaten Jepara. Sumber mengenai kerajaan ini didapat dari sebuah catata yang ditulis sekitra berabad abad berikutnya, tepatya abad ke 16. Catatan tersebut bernama Carita Parahayangan.

Diketahui penguasa di kerajaan tersebut yang terkenala adalah Ratu Shima. Runtuhnya kerajaan ini diperkirakan pada pertengahan abad 17. Adapun beberapa peninggalah kerajaan ini adalah Prasasti Tukmas, Prasasti Sojomerto, Candi Angin, Candi Bubrah, dan Situs Puncak Sanga Likur.

Leave a Reply