EDSAC, Komputer Pertama, Kmputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama dan Perkembangannya

Komputer Generasi Pertama – Komputer merupakan sebuah perangkat yang sering digunakan dalam berbagai aktifitas industri, kantoran maupun rumahan. Ada berbagai jenis komputer yang ada di dunia, mulai dari komputer server, PC, laptop, bahkan komputer dalam perangkat rumah tangga seperti microwave.  Sangat banyaknya fungsi dan penggunaan komputer dalam kehidupan sehari hari, namun sagat sedikit orang yang mengetahui asal usul dan sejarah komputer itu ada.

Komputer generasi pertama hadir dengan berbagai macam perkembangnnya. Berbeda dangan komputer sekarang yang sangat memungkinan untuk terserang berbagai macam virus komputer. Komputer  pertama tidak di pergunakan secara umum sehingga tidak ada Virus Developer pada saat itu.

Zaman sekrang sudah baanyak para pengguna komputer moderen. Akan tetapi sangat disayangkan belum banyak orang yang mengerti mengenai komputer generasi pertama. Maka dari itu berikut akan dijelaskan mengenai Komputer generasi pertama sebagai tambahan ilmu pengetahuan.

Pengertian Komputer Secara Singakat

Komputer pertama, pegertian

Pexel.com

Sebelum pertengahan abad ke 20 instilah komputer merujuk pada benda yang digunakan sebagai alat bantu hitung manual ataupun yang mekanik. Alat hitung ini tidak menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.

Hingga pada pertengahan abad ke 20 beberpa tahun sebelu ditemukannya komputer digital elektronik, telah ditemukan sebuah komputer berbasis elektromekanik yang bernama Z3.

Komputer ini merupakan pengembangan dari Z2 yang di fungsikan dalam perancangan peluru kendali untuk perang dunia saat itu. Z3 ditemukan dan dikembangkan oleh ilmuan

Setelah ditemukannya Z3 oleh Konrad Zuse beberapa taun setelahnya, istilah komputer mulai berganti. Istilah komputer sejak saat itu memiliki arti Sebuah perangkat elektornik yang didalamnya mengandung instruksi instruksi untuk melaukan berbagai macam tugas dengan cepat. Tugas tugas dan intruksi yang diberikan dapat dilakuka secara otomatis dan sangat cepat.

Pengertian Komputer dalam arti luas memiliki arti sebuah perangkat yang berfungsi sebagai sistem kontrol yang didalamnya berisi istruksi intruksi untuk menyelesaikan berbagai macam tugas. Instruksi intruksi tersebut tersusun dalam perngkat industri maupun rumahtangga yang akan membantu pekerjaan pemiliknya.

Peragkat perangkat tersebut biaasanya berbentuk, mesin CNC, Robot industri, mesin produksi, Microwave, Kompor elektrik. PC, Laptop, Smartphone, dan lain sebagainya.

Zaman sekarang komputer  dapat digunakaan tidak hanya oleh perushaan besar. Namun sekarang daapat digunakan dalam keperluan rumahan. Komputer yang digunkan untuk keperluan rumahan atau pribadi disebut PC atau Personal Computer. PC terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang terjual umum di pasaran sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari dn membelinya.

Komputer Generasi Pertama.

Komputer pertama Komputer Generasi Pertama,

wikipedia.org

Pertanyaan “seperti apa komputer generasi pertama yang pernah diciptakan?” merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. luasnya definisi mngenai komputer membuat iformasi informasi yang di sampaikan akan rancu. Istilah komputer generasi pertamakali muncul pada tahun 1600 an. Ketika itu komputer diartikan sebagai seseorang ahli hitungan.

Namun seoring bercalannya waktu istulah terseut bergerser artinya menjadi alat bantu hitung. Pada saat itu alat bantu hitung tidak bekerja secara digital seperti calculator sekarang ini. Akan tetapi bekerja secara mekanik.

Hingga akhirnya komputer sekarang ketika seseorang mengatakan komputer, yang ada di bayangan orang adalah perangkat elektronik dengan monitor, keyboard, dan mouse yang dapat melakuan berbagai macam kegiatan kantor ataupun hiburan. Maka dari itu untuk menjawab pertanyaa “Seperti apa komputer generasi pertama yang pernah dicipktakan?”, telah dikumpulkan beberapa jawaban mengenai kokputer pertama di dunia.

Komputer Elektromekanik Pertama – Z3 1941

Z3, Konrad Zuse, First Computer, Komputer generasi pertama

computerhistory.org

Z3 merupakan merupakan komputer generasi pertama yang dikembangkan oleh Zuse sebagai penerus dari Z1 dan Z2. Komputer ini merupakan komputer analog elektromekanik yang cukup kecil untuk digunakan di atas kapal selam. Z3 ada untuk keperluan Perang Dunia 2 sebagai komputer data peluru kendali yang di temukan pada yahun 1941.

Z3 merupakan komputer yang dapat diprogram pertama dengan cara kerja elektro-mekanik, dan komputer moderen pertama yang benar-benar berfungsi. Z3 kemudian hancur pada perang dunia ke 2 dan akhirnya di replika di Museum Deutsches di Munich. Komputer ini menggunakna 2300 relay dan memiliki panjang kata sebanyak 22 bit.

Komputer ayang diperuntukan  perang ini ada bukan untuk memenuhi keperluan bisnis ataupun komersil. Pada tahun tersebut Z3 tidak di pantenkan sebagai kaomputer petama. Mungkin dikarenakan penggunaanya yang khusus untuk peluru kendali atau tidak bekerja secara digital elektronik.

Komputer Generasi Pertama Telah di Patenkan – ABC 1942

Komputer ABC, Professor John Vincent Atanasoff, Kompuer generasi pertama

freeware-star.de/

Satu tahun kemudian 1942 John Vincent Atanasoff dan Cliff Berry berhasi mengembangakan sebuah komputer generasi pertama di dunia. Komputer tersebut diberi nama ABC atau Atanasoff-Berry Computer. Koputer ini dikembangkan sejak awal pototipenya diperkenalkan pada tahun 1937. Komputer elektroik ini meggunakan 300 Vacum Tubes atau tabing hampa udara untuk melakukan perhitunga digital.

Namun sangat disayang ka oputer jenis ini tidak mengguakan CPU sehingga tidak dapat diprogram sepenuhnya. Komputer ini telah resmi dipatenkan menjadi komputer generasi pertama di dunia sejak memenangkan sidang sengeketa patent pada tahun 1973. Hakim Federal AS Earl R menyatakan kemenangan hak patent oleh ABC dengan lawannya ENIAC yang dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly.

Komputer Kedua – ENIAC 1943

ENIAC, Komputer generasi pertama,, Presper Eckert dan John Mauchly

pri.org

Electronic Numerical Integrator and Computer atau yang biasa di sebut dengan ENIAC merupaka sebuah komputer yang di kembangkan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly.

Komputer ini termasuk generasi komputer komputer awal yang di tujukan untuk memenuhi tujuan umum (bukan perang). ENIAC adalah pesaing ABC dalam memperebutkan patent atas komputer generasi pertama yang pernah dibuat. Namun

ABC telah berhasil berfungsi scara penuh pada tahun 1942 sedangkan ENIAC beru mulai dikembangkan lebih lanjut pada tahun 1943 dan baru benar benar selesai pada tahun 1946, sehingga patent tersebut dimenangkan oleh ABC. Walau begitu Sebagina kalangan masih meyakini dan memilih ENIAC sebagai komputer generasi pertama.

Komputer ini di claim memiliki kecepatan 1000 kali lipat daripada komputer sebelumnya yang menggunakan teknolgi elektromekanik. Berbeda dengan ABC ENIAC Menggunaka 18.000 tabung vacum dengan luas kurang lebih 1.800 kaki persegi dan berat yag diperkirak mencapai 30 ton. Ada yang meyakini bahwa dalam peggunaanya selama 10 tahun ENIAC telah melakukan perhitungan lebih banyak dari pada seluruh manusia pada saat itu.

Komputer Pertama Dengan Sebuah Program – SSEM 1949

SSEM, Programable Computer, Komputer Generasi Pertama

geekazine.com

Tahun 1949 merupkan tahun dimana ditemukannya dua komputer dengan kemampuan menyimpan program. Komputer generasi pertama yang di sebut Small-Scale Experimental Manchester atau biasa di sebut dengan SSEM merupakan komputer karya Frederic Williams, Tom Kilburn, dan Geoff Toothill dari unversitas Manchester.

Nama laindari SSEM adalah Baby. Baby dibuat sebagai uji coba teknologi memmori terbaru yang dikembangkn oleh Williams dan Kilburn yang kemudian dikenal dengan Williams Tube. Williams Tube merupakan RAM atau Random Acces Memmory pertama yang pernah diciptakan pada saat itu. Program yang pertama dibuat terdiri dri tujuh belas perintah yang buat oleh Kilburn. Program tersebut pertama kali dijalankan pada 21 juni 1948.

Komputer Dengan Permainan Berbasis Grafis Pertama – EDSAC 1949

EDSAC, Komputer Pertama, First Computer, Maurice Wilkes

cbsistatic.com

Pada waktu yang hampir bersamaan Inggri juga berhasil menciptakan komputer yang mampu menjalankan program. Komputer ini bernama Electronic Delay Storage Automatic Calculator atau disingkat EDSAC.Terinspirasi dari gagasan John von Neumann pada seminarnya mengenai Draft Pertama Dari Laporan di EDVAC.

Komputer ini dikembangkan oleh Maurice Wilkes dan timnya yang berasal dari Laboratorium Matematika Universitas Cambridge di Inggris. Komputer ini dikenal sebagai komputer kedua yang dapat menjalankan Program. Walau bukan yang ertama koputer ini memiliki keunggulan tersendiri. EDSAC adalah komputer generasi pertama yang mampu menjalanka permainan berbasis grafis.

Setelah EDSAC ditemukan, sebuah peruhsahaan yang J. Lyons & Co. Ltd bergabung untuk membiayai proyek ini lebih lanjut. EDSAC mulai dikerjakan pada tahun 1947. Kemudian EDSAC berhasil menjalakan programnya pada tanggal 6 Mei 1949. Bertepatan pada tanggal 11 Juli 1958 EDSAC akhirnya ditutup dan digantikan denga EDSAC 2 yang terus dijalnkan hingga tahun 1965.

Perusahaan Komputer Pertama 1949

EMCC, Perusahaan Komputer Pertama

computerhistory.org

Pada tahun yang sama sebuah perushaan didirikan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. Perusahaan ini merupakn perusahaan komputer generasi pertama saat itu. Nama dari perusahaan ini adalah Elektronik Control Company. Dua orang pendiri perusahaan ini adalah orang yang sama dengan yang menemukan ENIAC. Beberapa saat kemudia perusahaan ini berganti nama menjadi Eckert-Mauchly Computer Corporation atau yang biasa disebut dengan EMCC. EMCC telah berhasil memproduksi komputer dibawah naungan UNIVAC.

 

Leave a Reply