10 Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer – Dalam era informasi sekarang ini, banyak sekali memberikan berbagai macam kemudahan kemudahan bagi manusia. Melakukan sebuah pekerjaan dapat dilakuakan dengan lebih praktis dan cepat. Sejak diteukannya komputer digital dan TCP/IP perkembangan teknolog informasi semakin melesat.

Dalam melakuakn aktifitas bisnins, komputer menjadi hal wajib yang dimiliki untuk melakuakan penyimpanan data, editing, dan lain sebagainya. Jika anda memiliki tim yang bekerja dengan anda, tentu anda akan banyak bertukar file dan berkomunikasi. Sebuah jaringan dibangun memiliki berbagai tujuan. untuk keperluan rumahan maupun untuk keperluan bisnis. Banyak Manfaat jaringan komputer yang sangat membantu pekerjaan kita. Untuk member pemahaman kepada anda, berikut merupaka manfaat jaringan komputer:

Manfaat Jaringan Komputer Terhadap Perkembanagn Bisnis

Unsplash.com

Dengan adanya jaringan komputer, akan mempermudah segala macam pekerjaan anda, termasuk bisnis anda. Manfaat jaringan komputer bagi sebuah perusahaan menegah kebawah maupun menegah keatas adalah efisiensi waktu dan biaya. Dalam sebuah jaringan yang memiliki pusat penyimpanan data sendiri akan mempemudah berbagai macam pekerjaan.

Dengan adanya jaringan komputer, akan memungkinkan berbagai komputer mengambil, membaca, dan mengedit satu file yang ada pada komputer utama. Anda dapat mengupload file anda atau sekedar berbagi file melalui komputer utama kepada rekan rekan anda. Sehingga file tersebut dapat diselesaikan kawan anda dari tempat yang berbeda.

Anda juga bisa memantau hasil pekerjaan rekan kerja anda hanya degan mengunakan komputer yang terhubung, untuk mengetahui hasi pekerjaan oranglain. Adanya jaringan komputer dalam bisnis anda akan membuat pekrjaan jadi lebih efisien.

Jaringan Komputer Menghemat Biaya dan Sumber Daya

Pexel.com

Sebuah jaringan komputer yang terintegrasi dapat melakukan banyak hal dengan menggunakan sedikit sumberdaya. Salah satu manfaat jaringa komputer dalam rumah maupun kantor anda adalah penghematan sumberdaya.

Satu buah perangkat seperti printer dan scanner dapat digunakan lebih dari satu komputer yang saling terhubung. Sehingga anda tidak perlu berjalan dan mencolokan USB ke komputer yang terhubung langsung dengan printer. Dengan penghematan perangkat anda dapat memaksimalkan pegeluaran kepada hal yang lebih penting dari sekedar mencetak dokumen.

Meningkatkan Efisiensi dan Volume Penyimpanan

Pexels.com

Jika anda sudah menghunbungkan komputer komputer di kantor anda dalam satu jarigan yang terintegrasi, cakerja penyimpanan komputer anda aka berubah seketika. Komputer yang saling terhubung akan mampu berbagi sumber daya termasuk ruang penyimpanan.

Jika anda memiliki file yang memakan banyak ruang penyimpann dan harus dikerjakan lebih dari satu orang dan komputer anda tidak terhubung dengan jaringan komputer. Maka anda harusmembagi file tersebut satu persatu melalui Flashdisk dan akan menghabiskan banyak ruang.

Bayangkan apa bila komputer anda saling terhubung dan anda cukup membagi file yang anda miliki melalui jaringan tersebut kepada rekan kerja anda. Jika ada 20 orang yang akan menggunkan file tersebut dan hanya butuh 1 komputer untuk menyimpan file tersebut, anda akan menghemat 20 kali lipat penggunaan ruang pada harddisk. Selain itu jika file yang anda sebarkan berukuran 1 GB lebih, dengan membaginya melalui jaringan anda akan menghemat 20 GB lebih hanya untuk 1 file.

Kebebasan dalam Menggunakan Jaringan

Dulu tidak semua komputer kompatibel dengan suatu jaringan. Namun sekarang and dapat megunakan berbagai macam komputer dengan berbagai macam system opresi untuk saling terhubung dengan jaringa komputer yang ada. Bahkan tidak hanya komputer.

Sekarang telephone genggam mampu berbagi file dengan komputer melaului jaringan keomputer yang ada. Manfaat jaringan komputer satu ini sudah ada sejak beberapa tahun terahir. Hal ini menjadikan anda dengan mudah menghubungkan komputer komputer dengan system opersi berbeda.

Manfaat Jaringan Komputer yang Memberikan Fleksibilitas

freepik.com

Sebuah jaringan komputer yang baik akan mampu mengintegrasikn berbagai jenis perangkat termasuk Smartphone anda. Hal ini menjadi salah satu manfaat jaringan komputer yang membantu anda menjadi lebih fleksibel.

Anda dapat menyimpan file anda dalam smartphone, lalu ketika anda tiba di kantor anda cuku menghubugkan Smartphone anda denga jaringan yang ada dan anda dapat mengedit file anda melalui komputer dan menyelesaikanya. Setela anda selesai mengerjaakan anda dapat memperlihatkan kepada atasan atau rekan kerja anda apa yang telah anda selesaikan melalui Smartphone anda.

Lebih dari itu, ketika file yang butuhkan berada di komputer dan anda tidak mau repot memindaakan file anda dan membawaya kemana mana. Anda dapat mengaksesnya melalui tablet atau smartphone anda. anda dapat menggunakannya ketika rapat bersama rekan kerja di dalam ruagan yang memiliki koneksi wireless kekomputer anda.

Memotong Biaya Untuk Perangkat Lunak

Unsplash.co

Manfaat jaringan komputer lainnya adalah kemudahan menggunakan perangkat lunak dengan hanya satu lisensi. Sekaraang sudah muali bertebaran sotfware developer yang menjual lisensi produk bersama. Sehingga komputer dalam satu jaringan tidak diharuskan untuk menginstal software atau aplikasi dengan lisensi yang berbeda.

Software dengan lisensi versi jaringan dapat diinstal di server pusat sehingga dapat digunakan komputer komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan yang sama. Dengan demikian biaya yang di perlukan untuk membayar lisensi perangkat lunak tidak terlalu besar dan sisa anggaran yang ada dapat dipergunakan untuk keperluan yang lain.

Manfaat Databas Terpusat dalam Jaringan Komputer

Server, Computer Network, Jarigan Komputer

pexel.com

Dengan terhubungnya komputer satu dengan komputer yang lain dalam suatu jaringan yang terpusat berbasis server. Akan sangat mempermudah pekerjaan anda. Manfaat jaringan komputer akan semakin terasa denga adanya komputer yang menjadi pusat komunikasi seperti komputer server.

Dengan adanya komputer server, anda dapat berbagi file dengan mengunggah file yang di butuhkan ke database server. Sehingga file yang anda upload dapat diakses oleh semua orang yang terhubung dengan menggunakan berbagai macam perangkatnya meski komputer anda sedang mati.

Tidak hanya sebagai media berbagi file, namun juga sebagai pusat database perusahaan anda. Dengan adanya pusat database dalam sebuah jaringan komputer, memungkinkan karyawan dan rekan kerja anda mengakses pusat data dengan informasi lengkap yang dapat diakses oleh mereka di semua device atau perangkat mereka.

Sebagai contoh, jika anda memiliki seorang Customer service yang sedang melayani konsumen, dia dapat dengan segera membuka pusat data dan mengidentifikasi data dengan cepat jika terjadi komplain. Tidak hanay itu customer service anda juga dapat memasukkan data baru dan melakukan edit data konsumen tersebut.

Manfaat Jaringan Komputer dalam Berbagi File

Dalam berbagai kondisi kita diuntut untuk melakukan pekerjaan dengan cepat. Manfaat jaringan komputer antara lain adalah berbagi file. Dengan adanya jaringan komputer, para penggunan tidak hanya dpat berbagi perangkat keras seperti printer dan scanner. Namun berbagi file dan dokumen juga dapatĀ  anda lakuakan.

Anda dapat membagi file kerja anda agar data anda dapat diakses orang lain. Anda juga dapat memberi otoritas kepada komputer tertentu untuk megakses dan mengedit data yang anda bagikan. Dengan demikian keperluan tim ataupun pribadi dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Bayangkan apabila anda memerlukan file dan harus berjalan memabawa perangkat penyimpan data, membuka komputer, memindahkan file tersebut lalu kembali lagi ke komputer anda untuk mengeditnya, akan sangat merepotkan di banding dengan berbagi file melalui jaringan yang ada.

Leave a Reply