fbpx

Kumpulan Nasehat Bahasa Jawa Tentang Keidupan Beserta Arti dan Penjelasannya

Nasehat Bahasa Jawa Tentang Kehidupan – Sebagai salah satu suku terbesar di indonesia tentunya masyarakat jawa telah melaui berbagai macam lika liku kehidupan yang telah dilalui oleh nenek moyang mereka.

Sebagai pusat peradaban dan pendidikan di Indonesia, orang orang jawa terkenal karena pitutur atau nasehat mereka dalam menjalani kehidupan.

Ada segudang falsafah yang telah disampaikann turun temurun oleh orang jawa untuk dijadikan pelajaran hidup. Berikut merupakan kumpulan pitutur atau nasehat jawa tentang kehidupan.

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Sabar Menjalani Hidup

nasehaat orang jawa tentang kehidupan

Kata Kata Bijak Jawa Agar Selamat

Kata kata diatas merupakan Sebuah nasehat kehidupan orang jawa yang mengajarkan kita untuk tetap bersabar dalam menghadap godaan duniawi. Sebagai manusia kita memang harus menjadi orang yang selamat.

Yakni orang yang selamat dari bergai ancaman duniawi tanpa kehilangan kebahagiaannya dan memiliki hidup yang sejahtera. Walau begitu kita tetap diajarkn agar tidak serakah ataupun tamak. Kita juga haru menjaga murka kita terhadap sesuatu agar hidup menjadi lebih tenang. Sebuah falsafah jawa yang sederhana tapi tetap dalem ya.

Gambar Nasehat Bahasa jawa untuk berbuat baik

Gambar Nasehat Untuk Berbuat Baik

Sepandai pandainya orang menyebunyikan sesatu pasti akan diketahui orang lain. Hal yang buruk pasti akan diketahui, begitu pula sesuatu yang baik pasti akan terlihat. walau sederhana nasehat bahasa jawa tentang kehidupan ini mengingatkan kita agar terus berbuat baik dan jangan berbuat mungkar.

Karena apa pun itu akan ada yang melihat dan akan ada yang mengetahui. Nasehat atau falsafah jawa ini sekarang tanpa sadar mulai dilupakan. Banyak orang yang berbuat kemungkaran sembunyi sembunyi. Terlihat baik tapi berbuat buruk. Dari apa yang kita ketahui dari kata kata diatasa ini suatu saat akan waktunya dimana mereka akan diketahui banyak orang.

Beberapa Pitutur Jawa Kuno Sebagai Pembejaran Hidup

nasehat dan Ptutur Bahasa jawa

Nasehat Orang Beruntung

Kalimat diatas merupakan sebuah filosofi hidup dari sebuah kitab kuno Ronggo Wrista Punjangga. Dari kitab terseut kita mendapat sebuah nasihat hidup yang memiliki makna cukup dalam. Arti nasehat bahasa jawa tentang kehidupan diatas memiliki maakna yang dalam.

Orang yang paling beruntung adalah orang yang selalu ingat dan selalu waspada terlebih ingat kepada sang pencipta dan hati hati terhadap masalah kehidupan. Bukan orang yang sekedar beruntung tanpa mengingat siapa yang memberi keberuntungan.

naseht bahasa jawa tentang kehidupan

Nasehat Orang Jawa Tentang Kekuatan dalam Hidup

Kata kata di atas merupakan sebuah pitutur bahasa jawa kuno yang mengaandung makna, “menyerang tanpa psukan” artinnya kita bera bertindak tanpa mengndalkan orang orang yang ada dibelakang kita.

“Menang tanpa menindas atau merendahkan orang lain” artinya kita mampu mencapai tujuan kita tanpa harus menjatuhkan orang lain.

“Sakti tanpa aji aji” bahwa kekuatan itu datang bukan dari hal lain, melainkan kuat karena usaha diri sendiri dan pertolongan Dia yang maha kuasa.

“Kaya tanpa perbendan” artinya kaya itu tidak berpatok dari ekonomi dan financial atau harta benda yang dimiki. Kata Kata itu merupakan sebuah falsafah jawa yang memiliki makana yang dalam.

Kumpulan Kata Bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil

kata mutiara bahasa jawa kuno

Nasehat Orang Jawa Jangan Mudah Menyesal

Kalau kalimat satu ini memang sering didengar bagi kita orang jawa.

Walaupun agak pasaran kalimat diatas merupakan sebuah nasehat bahasa jawa tentang kehidupan agar kita tidak menjadi orang yang mudah heran terhaadap sesuatu, tidak mudah menyesali sesuatu terhadap apa yang kita pernah atau tidak pernah lakukan, tidak mudah terkejut melihat sesuatu, dan tidak menjadi orang yang manja atau suka dipuji.

Kata kata tersebut sangat bijak dan disampaikn menggunakan bahasa kromo inggil. Karena halus dan kunonya bahasa ini, anak anak sekarang belum tentu bisa mengartikannya

pitutur bahasa jawa

Nasehat Bahasa Jawa Agar Tidak Terburu Buru

Yahh… walau ada yang megatakan lebih cepat lebih baik, namun dalam beberapa kasus orang jawa memegang prinsip alon alon waton kelakon dengan kuat. Sebuah nasehat tentang kehidupan yang disampaikan orang agar dalam melakukan sesuatu jangan tergesah gesah, atau terburu buru.

Nasehat ini merupaakan salah satu peribahasa yang sudah populer dan banyak orang yang mengerti maksut peribahasa jawa. Bahkan orang yang bukan berasal dari pulau jawa pun memahaminya.

Kumpulan Kata Kata Jawa Kuno Penuh Makna

Nasehat jawa kuno agar tidak celaka

Nasehat Agar Tidak Celaka 

Jadilah orang jangan merasa paling pintar atau sok tau apabila kita tidak ingin salah arah atau tersesat. dan jangan pula suka menipu orang atau curang dalam melakukan sesuatu apa bbil tidak ingin celaka. Itu adalah makna dari kata kata nasehat orang jawa yang penuh makna.

Kita dapat mengamil banyak pelanaran dari kalimat tersebut. ketika kit tahu akan sesautu janganlah merasa yang paling tahu.

Dalam kehidupan ketika sok tahu kita seringkali melakuakn kesalahan karena kita mersa bisa. tidak hanya itu, ketika orang orang berlaku curang seperti para koruptor ada waktunya mereka akan menerima balasan dari yang mereka lakukan.

nasehaat bahasa jawa tentang kehidupan

Contoh Nasehat Kehidupan Orang Jawa yang Berkuasa

Jangan mersa bisa sehingga mengandalkan apa yang kita miliki. Apalagi ketika kita memanfaat kaan apa yang kita miliki utuk kepentingan pribadi. Ketika kita memiliki fisik yang kuat atau memiliki kedudukan, janganlah kita mengandalkan kekuatan kita, jangan pula kita mengandalkan kepandaian kita.

falsafah bahasa jawa ini mengajarkan kita agar tidak sombong terhadap apa tang kita miliki. Ini merupakan kata kata bkuno penuh makna yang menjadi nasehat bahasa jawa bagi kita semua.

Kumpulan Nasehat Bahasa Jawa Tentang Kehidupan Dunia

kata kata Nasehat Bijak Bahasa Jawa tentang Kehidupan

Gambar Nasehat Singkat Bahasa Jawa Tentang Berserah Diri

Orang orang jawa dulu dikenal sebagai orang orang yang sabar dalam mejalani hidup mereka. Ternyata dibalik sabarnya merek ada banyak kata kata bijak kuno sebagai pelajaran dalam menjalani kehidupan mereka.

Salah satu nasehat bahasa jawa tentang kehidupan  yang mereka ajarkan adalah kaliamat diatas. Kalimat tersebut mengajarkan kita agar ketika tertimpa musibah kita tidak  dengan mudahnya sakit hati,  dan ketika kita kehilangan sesuatu yang berharga kita jangan terlalu merasa sedih atau kehilangan.

Satu kata berjuta arti. “semeleh” adalah kata yang singkat namun bagi orang jawa ini merupakan sebuah pitutur jawa  dalam menjalani kehidupan. Kata selemeh memilliki arti “Berserah” atau meletakan sesuatu.

Berserah berbeda dengan menyerah. Berserah adalah berpasrah ketika sedang berusaha.  Mengaharap balasan dari-Nya yang Maha Esa. Sayangnya nasehat bahasa jawa tentang kehidupan ini memang jarang diketahui orang orang jaman sekarang. Karena pergeseran budaya dan penggunaan bahasa.

Nasehat singkat Bahasa jawa tentang kehidupan

Gamabar Nasehat Singkat Orang Jawa Tentang Keidupan

Hiduplah seperti nyala api. sebuah kata kata bijak yang disampaikan orang dulu mengenai kehidupan. maksut dari nala api adalah mampu menerangi lingkungan sekitar dan menghangatkan yang dingin.

Artinya adalah hidup lah tidak hanya dengan urusan pribadi kita tapi mampu memberi manfaat kepada orang lain di sekitar kita. Kata kata itu sampai sekarang tetap populer sebagai nasehat dan teladan hidup orang jawa.

nasehat orang jawa tentang rasa syukur

Nasehat Jawa Tentang Syukur

Pesan sebenarnya yang ingin disampaikaan adalah jadilah orang bersyukur terhadap apa yang telah diberikan kepada kita. Rasa berkecukupan adalah hal yang diperlukan oleh setiap manusia dalam konteks dan pemaknan yang luas. Pesan utama dalam nasehat bahasa jawa tentang kehidupan tersebut adalah “legowo” atau lapang dada. Kata kata ini memberi pelajaran kepada kita tentang bagaimana menghadapi kehidupan agar hidup tenang dengan belajar iklas.

Beberpa Kata Motivasi yang Baik Dari Nenek Moyang Jawa

Falsafah Nasehat orang jawa tentang kehidupan

Nasehat Jawa Agar Terjaga Dari Kemurkaan

kata kata nasehat bahasa jawa tentang keidupan diatas memiliki makna yang dalam dan bisa kita terpkan dalam kehidupan kita. kalikmat tersebut tersebut diambl dari sebuah ait Pupuh Kinanthi ang tertera pada Serat Witaradya, kara dari  R Ngabehi Ranggawarsita (1802-1873) seorang pujangga esar Surakarta pada waktu itu.

Arti dari kata kata  yang memotivasi  diatas memiliki arti  segala sifat yang mengandung kemurkaan amarah, kepicikan dapat tundukkan dengan sifat lembut hati dan sabar.

nasehat dan falsafah jawa kuno tentang kehidupan

Falsafah Jawa Kuno Jangan Sampai Terlena

Nasehat bahasa jawa tentang kehidupan diatas mengajarkan kita agar tidak mudah terlena terhdap kekayaan ataupun kemegahan, jangan terlalu serakah atau niat baik kita bisa kendor. Makadari itu mari kita jaga hati agar tidak serakah menjalani hidup dinuia.

gambar nasehat bahasa jaawa tentang kehidupan kuno

Gambar Nasehat Obsesi Keduawian

Walau setiap manusia memiliki ambisi hidup masing masing jangan sampai kita termakan ambisi kita sendiri. Jangan kita terobsesi dengan jabatan kekayaan, maupaun kepuasann dunia yang sesaat ini agar hidup kita lebih tenang. Karena jika kita sudah termakan obesesi itu bisa jadi kita menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Selain itu kata kata tersebut menasehati kita agar kita terjaga dari nafsu duniawi dan keserakahan dan ketamakan.

Gmabar falsafah jawa orang kumpul

Gambar Nasehat Agar Kumpul

kata kata diatas adalah sebuah nasehat untuk kita agar tetap menjalin tali slaturahmi antar kawan ataupun saudara. Seoalah menegaskan ada atau tidak makanan kita seharusnya tetap berkumpul.

Nasehat bahasa jawa tentang kehidupan ini muncul dan pupuler di kalangan anak muda sekarang ini agar selalu berkumpul bersama teman teman.

Gambaar nasehat bahasa jawa tentang kehidupan

Gambar Nasehat Orang Jawa yang Mulya

Sangat banyak nasehat nasehat yang disampaikan orang terdahulu untuk menjadi pelajaran bagi kita semua. makna dari nasehat bahasa jawa tentang kehidupan diatas dalah agar kita menjaga lisan kita karena lisan mencerminkan kepribadian kita.

Orang yang tidak mampu menjaga lisannya akan tidak dihargai oleh lingkungannya. Selain itu falsafah jawa diatas mengajarkan kita agar berbusana yang baik.

Raga yang mulia dan baik adala raga terjaga dari segi busananya. Intinya nasehat kehidupan orang jawa diatas mengajarkan kita agar menjaga lisan dan busana kita.

gambar falsafah atau nasehat jawa kuno tentang kehidupan

Gambar Falsafah Jawa Mendapatkan Apa yang Ditanam

Setiap orang akan mendapaktkan sesuatu dari apa yang dia lakuakan. Setiap orang akan memanen sesuatu dri apa yang ia tanam. jika ada orang yang mennam pohon apel tentu yang dia panene adala apel, tidak mungkin dia akan mendpatkan pisang dari pohon apel tersebut.

Maka berhati hati lah ketika berbuat karena apa yang kita lakukan akan selalu ada balasannya. Nasehat tentang kehidupan orang jawa ini mengajarkan kita agar tidak sembarangan dalam berbuat.

Penutup

Dari sekian banyaknya nasehat bahasa jawa tentang kehidupan yang kita dapatkan diatas, kita dapat mengambil banyak pelajaran. Tidak hanya itu kita jadi tahu bahwa banyak filosofi hidup yang penuh makna.

Namun sagat disayangkan orang orang sekarang terutama anak muda sering kali mengabaikan nasehat nasehat ini dan sudah tidak mencerminkan citra orang jawa terdahulu. Banyak perilaku tidak beradap yang dicerminkan oleh orang sekarang mulai dari tutur kata dan perbuatan mereka. Padahal jika diperhatikan, semua nasehat bahasa jawa tentang kehidupan tersebut sangat bermakana dan memiliki pesan yang dalam.

Leave a Reply