Sejarah Singkat, Etimologi, dan Pengertian Komputer Dari Masa ke Masa

Pengertian Komputer – Kemajuan teknolgi dan informasi yang telah tercapai saat ini telah memberi banyak kemudahan bagi perkembangan teknologi, pendidikan, penelitian dan dunia industri. Teknologi informasi dankomunikasi mulai berkembang pesat sejak ditemukanny internet dan komputer.

Penemuan kedua hal ini merupakan sebuah terbosan dalam menyelesaiakn banyak persoalan. Pekerjaan dapat dilakuakn dengan cepat dan lebih praktis. Selain itu informasi lebih mudah didapatkan dan komunikasi semakin menuju tak ada halangan.

Komputer memilik peran dalam penyelesaian beberapa pekerjaan, seperti ketik mengetik, desain grafis, editing video, perhitungan data dengan cepat, dan lain sebagainya. Beberapa pekerjaan administratif sekarnag dapat diselesaikan degan baik. Data data dapat di duplikasi dengan biaya seminim mungkin.

Dengan adanya komputer, orang orang mampu untuk berbagi file dan mengeditnya dengan lebih mudah sehingga pekerjaan pekerjaan akan terasa leih cepat.

Pencarian dokumen yang biasanya memnghabiskan banyak waktu dan membutuhkan ketelitian ekstra, dapat diselesaikan dengan mengetik kata kunci yang ada dan koputer yang akan melakukan pencaria dengan teliti.

Pada awal mula penemuannya, Komputer digunakan sebagai sebuah mesin penghitung yang canggih dan cepat. Sebelum ditemukannya komputer, orang orang terus melakukan penelitian mengenai metode hitung yang cepat dan praktis.

Alat alat bantu hitung pun ditemukan satu persatu oleh para ahli. Mulai dari Abacus (biasa disebut sempoa), napier’s Bones, mistar geser, kalkulator mekanik, dan lain sebagainya.

Penemuan penemuan terus bermunculan hingga pada tahun 1872 sebuah kmputer analog ditemukan oleh Sir William Thomson. Rieset terus dilakukan oleh para peneliti untuk menyempurnakan komputer analog ini.

Hingga pada awal abad ke 20 perangkat baru telah ditemukan. Sebuah alat yang menggeser komputer analog akhirnya ditemukan pada tahun 1941. Alat itu disebut sebagai komputer digital.

Konrad Zuse, Z3, Z3 computer, komputer Z3 , first computer, komputer pertama, komputer elektromekanis, sejarah komputer, Computer history,

siemens.com

Perang dunia keduapun terjadi. Dengan adanya perang ini, pendanaan terhadap pengembangan teknologi ditingkatkan. Dan pada ahun 1941 Konrad Zuse berhasil menemukan komputer yang diberi nama Z3, sebah komputer yang didisain untuk keperluan perang seperti peluru kendali.

Perkembangan perkembangan terus dilakuakan. hingga komputer bisa kita nikmati sebagai benda prbadi yang ada di setiap rumah. Dibalik banyaknya pengguna komputer dan laptop, sedikit yng megeti apa itu sebenarnya komputer. Apa fungsi utamanya, dan apa pendapat para ahli mengenai komputer tersebut. Maka sebagai pengguna komputer dan penikmat informasi, berikut merupakan pembahasan megenai pengertian komputer.

Etimologi

keyboard, keyboard wallpaper, sejarah komputer,

wallpaper.asik.site

Dirujuk dari kamus Oxford English. “Computer” atau komputer pertamakali diketahui pada tahun 1613 dalam buku The Yung Mans yang ditulis oleh Rhicard Braithwait.

“I Have read the truest computer Times and the best Aritmetician that ever breathed, and they reduchet the dayes into short number”

Berdasarkan kutipan tersebut diketahui pengertian komputer merujuk pada seorang ahli hitungan. Pada pertengahan abad ke 20, istilah tersebut diartikan sebagai mesin penghitung yang kita kenal sekarang dengan istilah “Komputer”.

Berbeda dengan Oxford Dictionary, sebuah situs kamus etimologi online menerangkan bahwa tahun 1640 an menunjuk seseorang yang menghitung yang berasal dari kata compute dalam bahasa inggris.

Sedangkan pada tahun 1897 kata computer merujuk pada alat bantu hitung dalam bentuk apapun. Baru pada pertengahan abad ke 20 istilah ini merujuk pada perangkat elektronik digital yang mengerjakan peritungan matematika atau operasi logika.

Kata komputer berasal dari kata “computare” yang memilii arti menghitung, menyimpulkan, atau berpikir bersama. dari kata tersebut dapat diketahui bahwa arti kata komputer adalah perangkat ynag melkukan perhitungan.

Pengertian Komputer

computer wallpaper, wallpapper komputer

pexel.com

Pengertian Komputer sendiri didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang diinstruksikan untuk melakukan urutan urutan tugas yang sudah ditentukn melalui pemrograman. Tugas tugas yang berupa berupa operasi artimatika atau logika tersebut dilakuakan secara otomatis.

Komputer di era moderen dirancang agar dapat mengeksekusi atau mejalankan program dalam bentuk aplikasi yang mejadikan komputer dapat melakuakan berbagai macam tugas.

Komputer merupakan sebuah perangkat yang telah diprogram dengan kumpulan instruksi untuk melakuakan tugas tertentu dan meghasikan dengan kecepatan yang sagat cepat.

Pengertian Komputer dalam fungsi yang luas merupakan perangkat yang dapat digunakan sebagai sistem kontrol pada perangkat perangkat industri maupun digukan oleh konsumen pada perabotan rumah tangga biasa.

Perangkat perangkt tersebut biasanya berupa oven listrik, micorwave, remote cotrol, perangkt abrik seperti robot, CNC, dan perangkt perangkat yang sifatnya umum digunakan seperti PC, laptop dan smartphone.

Berdasarkan apa yang telah di jelaskan sebelumnya, pengertian komputer awalnya adalah “alat bantu hitung kuno”. setelah itu komputer terus berkmbang dalam dunia industri untuk melakukan otomatisasi pada pekerjaan pekerjaan yang panjang, seperti menenun kain.

Pengertian komputer terus bergeser mengalami kemajuan hingga pada perang dunia ke II komputer digital berhasil ditemukan dan merubah arti kata komputer sebagai alat yang dignakan masyarakat sehari hari, tidak hanya sebagai alat bantu perhitungan namun dalam menyelesaikan bebagai macan pekerjaan.

Secara konvensinal komputer moderen yang dikenal sekarang terdiri dari Beberapa perangkat keras komputer. seperti perangkat pemroses data (CPU) yang berfungsi melakukan semua aktivitas aritmatika dan fungsi fungsi logika, perangkat input (keyboard, mouse) sebagai alat yang memasukan data untuk diolah processor, perangkat output (monitor, printer, speaker) sebagai perangkat yang menampilkan hasil data yang diproses.

Sejarah Singkat

Sejarah Komputer Z3

Konrad Zuse, Z3, Z3 computer, komputer Z3, first computer, komputer pertama, komputer elektromekanis, sejarah komputer, Computer history,

computerhistory.org

Komputer digital pertama bekerja secara elektromekanis. Komputer pertama ini memiliki keceptan rendah. Penyempurnaan ters dilakukan dan akhirnya Z3 ditemukan oleh Zuse pada tahun 1941. Komputer ini merupakan komputer elektromekanis yang dapat diprogram pertama di dunia pada saat itu. Z3 di temukan untuk memenuhi kebutuhan militer pada saat perang dunia ke dua. Zuse dirancang untuk keperluan perang seperti peluru kendali.

Diciptakannya ENIAC 1943

ohn W. Mauchly, J. Presper Eckert, ENIAC, ENIAC computer, komputer ENIAC, first computer, komputer pertama, komputer elektronik, sejarah komputer, Computer history,

pri.org

Beberapa tahun kemudian sebuah komputer elektronik digital pertama telah ditemukan, bernama ENIAC yang dikembagkan oleh John W. Mauchly and J. Presper Eckert di unversitas Pennsylvania. Electrical Numerical Integrator and Calculator atau yang biasa disebut ENIAC dikembangkan sekitar tahun 1943 tahun dan mulai digunakan secara produktif pada tahun 1946 hingga tahun 1955.

Eniac erupakan komputer elektronik digital pertama atau disingkat EDC. ENIAC dapat menggunakan 10 angka desimal diprogramnya. Eniac merupakan komputer yang yang menggunakn 1hampir 18.000 (pengganti transistor pada waktu itu) tabung udara, dan memiliki luas keseluruhan seluas 167 meter persegi.

Small-Scale Experimental Machine (SSEM) 1948

Pada tahun 1948, dua orang ilmuan Universitas Manchester, Frederic Williams, Tom Kilburn and Geoff Toothill mengmbngkan Small-Scale Experimental Machine (SSEM). Komputer tersebut dibangun untuk pegujian konsep teknlogi memri baru yang dikembngkan oleh Williams and Kilburn yang dikenal denga Williams Tube.

Memori tersebut adalam RAM atau Random Access Memmory pertama untuk koputer. pada tahun 1978 sebuah program komputer pertama yang menggunakan tuju belas instruksi telah berhasil dijalankan di komputer.

Ditemukannya Transistor dan Perkembangan Pesat Lainnya

Tahun demi tahun penelitian mengenai komuter terus berkembang. peneman penemuan baru bertambah seirirng berjalannya waktu. Komponen komponen penunjang pun mulai ditemukan komponen komponen ini lah yang akan berperan mengurangi ukuran komputer secara drastis.

Pada tahun 1947 tabung tabung gas mulai digantikan denga perangkat yang jauh lebih kecil yaitu transistor. tarnsistor ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen and Walter Brattain pada tahun itu. Lalu bahasa pemrograman juga mulai dikenal pada tahun 1953.

Berikutnya mulai ditemukan juga system operasi yang menunjang kinerja komputer pada saat itu. Higga akhirnya kmputer komputer seperti Aplle ditemukan

Perkembangan terus berlajut, perusahaan perusahaan baru seperti apple, microsoft, perusahan CPU intel dan lain sebagainya mulai bermunculan dan industri komputer berkembang hingga seperti saat ini. komputer menjadi lebih compact, dengan kinerja yang semakin tahun semakin membaik.

Komputer Era Sekarang

Komputer yang awalnya hanya digunakan di laboratorium, perusahaan, atau instansi instansi tertentu akhirnya mulai dapat digunakan perorangan karena ukuran yang semakin compact dan harga yang leih ekonomis. Pada akhirnya komputer menjadi perangkat yang sehari hari kita gunakan bekerja.

Seiring berkembngnya Internet, Komputer menjadi lebih fungsionl, tidak hanya sebagi alat bntu kerj namun juga sebagai alat komunkasi yang efektif. Walau demikiaan ada beberap hal yang menjadikan penggunakan komputer harus berhati hati karena banyaknya macam virus komputer yang mudah tersebar dn menyerang file file penting.

Fungsi fungsi komputer, sekarang mulai disispkan ke perangkat perangkat seperti smartphone. Sehingga dapat dibawa kemana mana dan mempermudah penggunanya.

 

Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Performanya

Server wallpeper, wallpaper server, sejarah komputer, pengertian komputer

pexel.com

Setelah mengetahu pengertian Komputer dan sejaran awal mula komputer. ada beberpa jenis komputer yang dikelompokkan berdasarkan ukuran dan kemampuannya yang di lansir dari cs.cmu.edu.

Personal Computer (PC): Komputer dengan microprocessor yang biasa digunakan masyarakat secara umum untuk keperluan pribadi dan pekerjaan sehari hari.

Workstation: Merupakan PC yag terintegrasi dengan PC lain dalam satu jaringan. Biasa digunakan dalam perkantoran atau komputer didalam gedung gedung. Wokstation umumnya hadir dengan layar grafis resolusi tiggi dengan kapasitas RAM yang tinggi. Kebanyakan workstation jga memiliki pernagkat penyimpanan masal seperti disk drive. Tetapi ada beberap Workstation yang hadir tanpa disk drive yang disebut Diskless.

Mini Computer: Sebuah komputer yang mampu menampung ratusan user secara bersamaan. Umumnya komputer jenis ini mampu menampung lebih dari 200 user.

Mainframe: Pengertian komputer mainframe, adalah sebuah komputer multi user yang mampu menampung ratusan hingga ribuan user sekaligus. Komputer ini merupakan komputer yang sangat besar dan mahal penggunaanya sudah pasti bukan untuk kepentingan pribadi. Komputer jenis ini mampu menjalakan banyak program secara bersamaan.

Supercomputer: Super komputer merupakan sebuah istilah yang diberikan kepada sebuah komputer dengan keceptan yang sangat cepat. Supercomputer sangat mahal, penggunaannya bukan lagi untuk keperluan sederhana. Super komputer dapat digunakan sebagai server server besar yang mengerjakan ramalan cuaca, penelitian energi nuklir dan analisis data sekala besar.

Fungsi Komputer

komputer, wallpaper komputer, computer wallpaper,

pexel.com

Dari pengertian komputer dan jenis jenis kmputer yang telah dibahas sebelunya, dapat diketahu bahwa komputer memiliki banyak fungsi. Komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan keperluan pribadi hingga keperluan industri atau pemerintahan. Jenis komputer yang digunakan pun disesuakan dengan tingkat kebutuhannya. Berikut adalah penggunaan peggunaan komputer dalam lingkungan industri maupaun pribadi.

Pendidikan : Komputer dapat digunakan sebagai alat bantu pendidikan, mulai dari mengerjakan tugas hingga kelas yang bersifat online dapat dilakukan dengan komputer.

Bisnis : Fungsi komputer dalam keperluan bisnis akan sangt membatu menyelesaikan pekerjaan, seerti prestasi, badgian administrasi, disain. Namun dalam perusahaan sekala besar. Tujuan penggunaan komputer akan lebih luas lagi, seperti control mesin dan database.

Rumahsakit: Dalam industri rumahsakit, komputer dapat digunakan sebagai alat bantu administrasi hingga peyimpanan database pasien.

Perbankan : Fungsi komputer dalam dunia perbankan sudah pasti dibutuhkan. Komputer yang digunakan dibank bukanlah komputer sembarangan. komputer ini membutuhkan kapasitas dan kecepatan yang tinggi. Komputer yang digunakan membutuhkan tingkat keamaan super agar tidak mudah diretas. Kebutuhan akan transaksi cepat menyebabkan komputer utama di bank tidak diizinkan untuk mati, sehingga membutuhkan perawatan ekstra.

Kantor pemerintahan : Untuk melayani masyarakat degan cepat, kantor kantor pemerintahan membtuhkan komputer pada setiap devisiya. Komputer komputer ini akan membutuhkan server yang penyipanan database.

Penggunaan Rumahan : Fungsi paling sederhana adalah penggunaan rumahan. Biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas tugas dan mencari informasi.

Leave a Reply