Pengertian Seni Musik Secara Umum dan Menurut Para Ahli Terpercaya

Pengertian Seni Musik – Seni musik merupakan salah satu aliran seni yang sudah lama dikenal manusia. Bahkan sekarang musik sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan perpaduan nada nada yang sederhana hingga kompleks memiliki peminatnya masing masing. Seni musik juga sering digunakn pada cabang seni campuran seperti seni tari, lagu lagu drama, dan lain sebagainya. sekarang makin banyak di konsumsi oleh masyarakat secara luas dengan berbaga macam aliranya. Pada umumnya musik di setiap negara atau daerah memiliki ciri khas nadanya masing masing, mulai dari musik dengan menggunakan alat usik tradisional hingga yang moderen sekalipun.

Namun apa itu pengertian musik, etimologi, sejarah singkat musik dan lain sebagainya banyak orang yang belum mengerti. Maka dari itu hal yang akan dibahas ini adalah sejarah, etimologi hingga pengertian seni musik itu sendiri.

Etimologi Musik

vintage music wallpapper, pengetian seni musik

wallpaperswide.com

Musik berasal dari bahasa yunani yaitu “mousike” yang memiliki arti “Seni Muses” Dalam mitologi yunani sembilan muses adalah dewi dewi zeus yang mengilhami sastra, sains, dan seni sebagai sumber pengetauan yang terkandung dalam puisi, lirik lagu, dan mitos dalam budaya Yunani. Adapula pendapat lain mengenai etimologi seni musik, kata “musik” berasal dari pertengahan abad ke tiga belas, yang berasal dari kata “Musike” yang berbahasa perancis kuno, Musica oleh spanyol;, Musica Italia, Sousikos fem, semuanya kata kata itu berasalh dari “art of MUses” yang artnya sama seperti sebelumnya, yaitu Seni dari muses, Dalam Yunani klasik, stilah “musik” mengacu pada seni apa pun yang dipegang Muses, terutama musik dan puisi.

Pengertian Seni Musik

wallpapper musik

stmed.net

Seni musik merupakan sebuah hasil karya seni yang mampu mengekspresikan mosi, perasaan, pesan. Karya seni ini diciptakan melalui perpanduan irama , melodi, alat musik dan tak jarang dipadukan dengan vokal. DEngan kata lain pengertian seni musik dapat dkatakan sebagai hasl karya, karsa, dan asa anusia yang kemudian diwujudkan dalam bentuk alunan nada nada, suara , yang harmnis dan beritme.

Ada pula sebagian kelopok seperti filsuf yunani dan India kuno mendefinisikan pengertian musik sebagai jupulan nada nada atau alunan suara yang disusun secara horizontal sebagai suatu melodi dan vertikal sebagai harmoni. Namun ada pemikiran seorang komposer abad ke-20 yang bernama John Cage bahwa bunyi apapun itu dapat dinyatakan sebagai musik.

Dalam mmendefinisikan apa itu pengertian seni musik, Banyak perdebatan perdebatan yang terjadi. Penjelasan mengenai seni diungkapkan oleh Kania pada tahun 2014. mMsik adalah suara suara yang teroganisir. Namun mereka juga menyatakan bahwa suara yang terorganisir itu terlalu luas untuk didefinisikan seperti itu. Karena suara manusia, orang berbicara dan suara suara lain.

Berdasar pengertian seni musik menurut oxford dictionary seni musik merupakan perpaduan dan kombinasi suara vokal atau suara suara intruental untuk menghasilkan menghasilkan keindahan bentuk, harmoni, dan ekspresi emosi (Concise Oxford Dictionary 1992).

Sedangkan menurut KBBI Online pengetian seni musik merupakan “sebuah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi nada nada dan suara yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan.

Nada nada tersebut di kombinasikan dan disusu sedimikian rupa sehingga didalam nada nada tersebut mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang dihasilkan alat alat yang mampu menghasilkan bunyi.

Menurut id.wikipeda musik adalah kumpulan suara suara yang diolah sedimikian rupa memjadi seubah irama yang dapat dinikmati yang didalamnya mengandung irama, lagu, dan keharmonisan

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

music vintage wallpapper

ihdimages.com

Pengertian Seni Musik – Jamalus

Merupakan hasil karya seni yang berupa suara yang mengandung ungkapan persaan, emosi, pikiran penciptanya yang dipadukan dengan sunsur unsur seperti melodi, harmoni, irama sebagai sat kesatuan yang tak terpisahkan.

Pengertian Seni Musik – Sunarto

Pengertian seni musik menurut Sunarto adalah penghayatan isi hati seseorang yang disapaikan melalui suara suara yang beritme, dan teratur serta memiliki unsur kendahan.

Pengertian Seni Musik – Reed dan Seidneel

Reed dan Sidneel berpendapat pengertian seni musik merupakan cabang seni yang berbentuk suara yang terdapat unsur unsur seperti melodi, timbre,dan ritme.

Pengertian Seni Musik – David Ewen

Seni Musik merupakan ilmu pengetahuan mengenai ritmik dari nada nada yang berupa vocal maupun instrumental yang mengekpresikan hal hal yang hendak disapaikna oleh penciptanya seerti perasaan, pesan, kritikan attau aspek aspek emosional lainya.

Pengertian Seni Musik – Norman Dello Joio

Dello Joio merupakan salah seorang dari komposer terkenal asal Amerika Serikat menjelaskan pengertian Seni Musik merupakan seni yang mampu menambah pengetahuan dan pandangan mengenai musik itu sendiri atau hal hal lain du luar musik.

Pengertian Seni Musik – Suhasrarja

Seni musik merupakan sebuah ungkapan emosi dan rasa yang indah yang diwujudkan dalam bentuk konsep pemikiran yang matang dan tersusun oleh nada nada atau bunyi yang didalamya mengandung ritme dan harmoni. Dan bentk nya daat dikenal oleh penciptanya maupun yang menikmatinya.

Kosep Musik

Unsur Musik

musik wallpapper

ytimg.com

1. Melodi

Melodi merupakan kumpulan frase frae yang tersusun dari nada nada dengan tinggi rendah nada dan interval yang tertata. Pengolahan meodi yang baik akan menjadii daya tarik musik tersebut.

2. Irama

Irama Adalah pergantian atau tarnsisi tinggi rendah, panjang pendek dan keras lembut setiap srangkaian nada nada yang terdapat dalam musik. fungsi utama irama adalah sebagai penentu ketukan dalam.

3. Birama

Birama adalah ketukan atau ayunan nada yang terjadi secar berulang ulang yang hadir secara taratur di waktu yang bersamaan. Ada dua jenis birama, yang pertama adalah birama yang penyebutnya genap disebut birama binar, sedangakan yang penyebutnya ganjil disebut birama tenair.

4. Harmoni

Pengertian dari harmii adalah kumpulan nada nada yang disususn dan dimainkan secara bersamaan, membentuk bunyi yang dapat dinikmati pendengarnya. adal juga yang menjelaskan harmini sebagai rangkaian akor akor yang disusun dan dimaikan sebagai iringan musik.

5. Tangga Nada

Tangga nada adalah deret nada yang disusun secara bertingkat. tangga nada terbagi menjadi dua, ada tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah susunan dari tujuh nada ydengan dua jarak (1/2 dan 1), sedangkan pentatonis tersusun dari lima nada.

6. Tempo

Tempo meruakan satuan atau ukuran kecepatan birama. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. tempo dikelompokan emnjadi delapan tingkatan:
1. Largo (Lambat Sekali)
2. Lento (Lebih Lambat)
3. Adagio (Lambat)
4. Andante (Sedang)
5. Moderato (Sedang Agak Cepat)
5. Allegro (Cepat)
7. Vivace (Lebih Cepat)
8. Presto (Cepat Sekali).

7. Dinamika

Dinamika adalah tanda dimana nada nada harus dimainkan secara lembut atau secara keras. dengan aanya dinamika musik yang dimainkan akan memiliki nuansa seperti sedih, senang, semangat,dan lain sebagainya.

8. Timbre

Timbre bisa disebut juga dengan warna suara. Warna ini ditentukan oleh alat musik yang digunakan. memainkan nada yang sama dengan menggunakan alt musik yag berbeda akan menciptakan warna suara ynag berbeda.

9. Ekspresi

Seni merupakan media berekspresi para penciptanya. Musik adalah saalah satu media b=perantara untuk berekspresi dan musik yang baik adalh yang dapat dimengerti oleh audiens. itulah pentingnya ekspresi dalam bermusik agar pesan pesan yang terkandung dalam susunan nada tersebut dapat dirasakan oleh pendengar.

Jenis Jenis Seni Musik

Pengertian seni Musik, Piano, klasik

wallpaperup.com

1. Musik Klasik

Musik klasik bereasal dari masa sekiar abad ke 18 yaitu ketka masa hidup Mozart dan Hayden. namun ada pendapat lain mengenai hal ini. Menurut Wikipedia indonesia musik klasik ada sejak abad ke 9. Musik klasik di Indonesia selalu identik dengan musik denga tardisi kesenian eropa atau gaya barat, musik orkestra, musik musik kristiani.

Menurut Dagun tahun 2010 menyatakan bahwa masa Mozart dan Hayden disebut dengan periode klasik dan pembuatan musik klasik ini mengandung gaya nada dan sifat dari periode tersebut. Sedangkan menurut Pattikawa tahun 2014 menyatakan pengertian musik klasik adalah komposisi musik yang berasal dari kebudaaa eropa sekitar tahun 1750-1850.

2. Musik Populer

Merupakan musik yang paing bayak diminati oleh berbagaikalangan. komposisi nada nada yang medah didenger atau easy to listen membuat musik ini mudah untuk disukai banya orang. musik ini sangat fleksibel. karaker nada nada yang digunakan dapat berubah seiring berjalaannya waktu, menyesuakan dengan zaman yang ada. musik ini mulai populer sekitar pertengahan abad ke 20. Ada bebera genre yang biasa didengar masyarakat, seperti R&B, Rap, EDM, Gospel, Hiphop dan lain sebagainya.

3. Musik Tardisioanal

Jenis musik tradisional adalah yang paling bebeda dari kedua jenis musik yang lain. Musik ini menggunakan alat alat yang berbeda. Alat musik yang biasa digunkan adalah alat musik tradisioal daerah tersebut. Atau terkadang menggunakan perpadua alat musik tadisional dari berbagai daerah. Musik ini seringkali dijaadikaan iringan pada beberapa pementasan seni daerah, sepert ludruk, pentas tari jawa tengah dan provinsi lainnya, drama dan lan sebaganya.

Musik tadisional merupaka salah satu identitas dari daerah asal musik itu ada. Setiap daerah emimiliki gaya bermusik daerah yang khas dan berbeda satu degan yag lain. Namunsangat disayangkan, musik ini tidak banyak peminatnya karena tidak mudah untuk mendengarkan msuik tradisional. Perlu wawasan dan usaha lebih untuk memaknai musik ini.

Leave a Reply