fbpx

Penjelasan Fungsi, Macam, Unsur dan Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Tari – Seni merupakan salah satu bidang ilmu yang yang kompleks. Didalam seni terdapat unsur unsur seperti perasan manusia, emosi, kreativitas, pesan, dan juga expresi manusia itu sendiri. Ada berbagai macam seni yang dapat kita ketahui seperti seni musik, seni rupa, kata, dan seni campuran.

Indonesia terkenal dengan berbagai kekayan alam dan budayanya. kayanya budaya indonesia selalu menjadi pembicaraan yang menarik bagi masyarakat Indonesia ataupun dunia. Salah satu seni campuran yang menjadi daya tarik manca negara adalah seni tari daerah indonesia.

Sebagai masyarakat penikmat seni. Mengetahui pengertian seni tari akan menambah wawasan kita terhadap seni itu sendiri. Maka dari itu berikut merupakan penjelasa secara lengkap mengenai pengertian seni tari .

Pengertian Seni Tari

http://livingroomtheology.com

Seni tari merupakan salah satu dari berbagai seni campuran yang ada. Dianggap sebagai seni campuran karena seni tari memadukan lebih dari satu jenis seni. Berdasarkan jenisnnya, ada beberapa seni yang biasa diterpakan, ada seni suara, seni sastra, seni vusual. Seni tari memadukan berbagai macam jenis seni tersebut. Seni tari dianggap seni campuran karena mengandung Seni musik, sastra, gerak, kostum, dan lain lain.

Pengertian seni tari sendiri adalah sebuah seni yang diekspresikan melaului gerakan tubuh yang berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, seni tari adalah seni mengenai tari-menari atau gerak-gerika yang berirama.

Biasanya seni tari tidak hanya ditampilkan dengan gerakan. Seni tari biasa ditampikan degan memadukan musik ataupun lagu, latar tempat, kostum, bahkan topeng. Maka dari itu seni tari dapat di kategorikan sebagai seni campuran.

Dilansir dari Wikipedia inggris bahwa pengertian seni tari adalah bentuk dari sebuah seni pertunjukan yang didalamnya terdiri dari gerakan gerakan manusia yang sudah direncanakan. Dalam gerakan tersebut mengandung nilai estetik dan simbolik.

Artinya seni tari adalah seni yang dapat merepresentasikan nilai nilai keindahan sebagai ungkapan emosi. Seni dapat dideskripsikan berdasarkan koreografi, repertoar gerakannya, sejarahnya, atau lokasi asal tari tersebut ada.

Orang orang menari selain bertujuan untuk mengekspresikan pikiran dan hatiya, juga bertujuan untuk menghibur dan menunjukan karyanya di depan banyak orang sebagi suatu perunjukan yang menarik. Seperti yang tetulis di Britanica.com, menari merupakan gerakan yang beritme yang biasanya mengikuti musik.

Tujuan menari itu sendiri adalah sebagai media penyampaian emosi, melepaska energi, atau menari hanya untuk menikmati gerakan itu sendiri. Prinsip dasar bahwa tarian adalah bentuk seni atau aktivitas yang memanfaatkan tubuh dan jangkauan gerakan yang mampu dilakukan oleh tubuh.

Berbeda dengan gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, gerakan tari tidak terkait langsung dengan pekerjaan, perjalanan, atau kelangsungan hidup.

aristoteles, sejarah seni

zendalibros.com

Pernyataan Aristoteles dalam Poetics bahwa menari adalah gerakan ritmis yang tujuannya adalah “untuk merepresentasikan karakter laki -laki serta apa yang mereka lakukan dan derita” mengacu pada peran sentral tarian yang dimainkan di teater Yunani klasik, di mana paduan suara melalui gerakannya menghidupkan kembali tema drama selama selingan lirik

John Weaver, seorang ahli balet menulis pada yahun 1721, Dalam bukunya tersebut dia berpendapat. “Menari adalah gerakan yang anggun dan teratur, secara harmonis terdiri dari Sikap yang indah, dan kontras Postur Tubuh yang anggun, dan bagian-bagiannya.” Deskripsi Weaver mencerminkan sangat jelas jenis gerakan yang indah dan sopan yang menandai balet pada zamannya.

Sejarawan tari Perancis abad ke-19, Gaston Vuillier juga menekankan keanggunan, harmoni, dan keindahan, membedakan tarian “sejati” dari gerakan mentah dan spontan manusia purba. Sedangkan John Martin menyatakan pengertian seni tari adalah dorongan dalam jiwa yang disampaikan dan di ekspresikan melalui gerakan karena tidak dapat menyapaikan melalui cara cara yang rasional. Itulah dasar seni tari menurut John Martin.

Prinsip dasar pengertian seni tari adalah bentuk seni yang diekspresikan dengan aktivitas tubuh atau gerakan. Bukan gerakan gerakan yang biasa dilakuakn sehari hari dala kehidupan kita sehari hari, gerakan tari tidak terkait langsung dengan pekerjaan, perjalanan, atau kelangsungan hidup.

Mendefinisikan Pengertian Seni Tari Berdasarkan Fungsiya

inspiratorfreak.com

Dari banyakya pengertian seni tari, ada yang mengartikan seni tari berdasarkan fungsi dari tari itu sendiri. Dalam spektrum yang lebih luas seni tari merupakan seni yang dapat memenuhi beberapa fungsi sekaligus seperti agama, militer, dan sosial. Hampir disetip kebudayaan yang ada, Seni tari berperan dalam aktifitas keagamaan mereka.

Ada sebagian suku yang melakuka tarian sebgai cara beribadah mereka, ada juga yang melakukan tarian untuk memanggil roh roh leluhur mereka. Ada beberapa kominitas kristen yang salah satu prosesi berdoa mereka menggunakan tarian. Ada uga warga di India yang tariannya memberlakukan kisah kisah dewa dewa mereka.

Ada pula sekelompok suku yang memiliki tarian perang. Mereka menggunakan kostum senjata dan gerakan bertarung mereka dalam tarian mereka. tarian semacam ini digunaka sepanjg sejarah untuk melatih para pasukan mereka. Dengan tarian perangg mereka melatih sisi emosional dan sepiritual mereka untuk pertempuran.

Seni tari juga digunakan dalam berbagai budaya sosial, terutama dalam hal perayaan, pernikahan, rekreasi, atau bahkan percintaan. Ada beberapa tarian tradsional yang digunakan dalm hubungan percintaan yang meunjukan keintiman sepasang kekasih. Sebuah tarian yang memang tidak untuk dikonsumsi publik secara umum, namun dipergunakan sebagai media mengekpresikan perasaan mereka.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

steemitimages.com

1. Pengertian Seni Tari Menurut – Soedarsono :

“Tari adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa manusia yang di ekspresikan melalui gerakan ritmis yang indah (estetis)”. Maksud dari Dr. Soedarnoso ungkapan rasa adalah keinginan dari dalam diri seorang yang melimpahkan atau menujukan rasa dan emosional seorang tersebut. Sedangkan gerakan ritmis yang indah adalah gerakan tubuh yang disesuaikan dengan irama nada yang mengiringinya, sehingga menciptakan daya pesona yang memikat bagi yang melihatnya”

2. Pengertian Seni Tari Menurut – Corrie Hartong :

“Tari adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis”. Jadi maksudnya adalah dikatakan tari jika gerakan itu ritmis”.

3. Pengertian Seni Tari Menurut – Aristoteles :

“Menari adalah gerakan ritmis yang tujuannya adalah “untuk merepresentasikan karakter laki-laki serta apa yang mereka lakukan dan derita”

4. Pengertian Seni Tari Menurut – John Weaver:

seorang ahli balet menulis pada yahun 1721, Dalam bukunya tersebut dia berpendapat:  “Menari adalah gerakan yang anggun dan teratur, secara harmonis terdiri dari Sikap yang indah, dan kontras Postur Tubuh yang anggun, dan bagian-bagiannya.”

5. Pengertian Seni Tari Menurut – Yulianti Parani :

“Gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu”.

6. Pengertian Seni Tari Menurut – Corrie Hartong :

“Tari adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis”.

Unsur Utama Seni Tari

http://nowbali.co.id

Suatu gerakan yang berritme belum tentu dapa disebut sebaai tari. ada beberapa unsur yang menjadi syarat wajib suatu gerakan dapat disebut dengan tari. Apa bila ada salah sau unsur yang tidak terpenuhi maka bisa dikatakan gerakan tersebut bukalah sebuah tarian walau tarian itu memiliki ritme. Berikut Merupakan tiga unsu wajib dari Seni Tari:

1. Unsur Seni Tari – Wiraga (Raga/Penari)

Raga atau badan adalah unsur wajib yang pertama. Raga yang dimaksut adalah penari itu sendiri. tanpa seorang penari tidak akan ada tarian yang disajikan.

2. Unsur Seni Tari – Wirama (Irama/Musik)

Unsur seni tari yang kedua adalah Wirama atau bisa disebut irama. Irama berfungsi mengiringi gerakan gerakan tarian. Tanpa adanya irama atau musik gerakan beritme pun hanya berahir menjadi gerakan biasa. Seni tari merupakan perpaduan gerakan dan irama.

3. Unsur Seni Tari – Wirasa (Rasa/Emosi)

Unsur yang terahir adalah rasa. Suatu hal dapat disebutndengan seni ketika dia dapat menyapikan emosi atau rasa pemilik seni tersebut. Begitu pula dengan seni tari yang haru diiringi dengan pesan dan perasan penarinya.

Unsur Pendukung Seni Tari

agunggoldenback02.wordpress.com

Selain unsur unsur utama yang harus ada di dalam seni tari, ada juga unsur unsur pendukung yang sifatnya tidak diharuskan diantaranya

1. Kostum

Dalam satu pentas seni, kostum akan memberi efek lebih dramatis kepada suatu tarian. Mulai dari kstum adat, atau moderen akan memberi kesan berbeda terhadap tarian yang disampaikan. Bahkan hal seperti topeng akan memeberi arti lebih dan menjadi identitas dari penari tersebut.

2. Disain Seting Tempat

Seting tempat yang baik akan mempermegah suatu pentas. Tidak terkecuali pentas seni tari. Tata panggung ataupun latar, akan membantu penonton dalam mengartikan tarian tersebut, dipadukan dengan kostum akan memperjelas tarian apa yang mereka tarikan dan apa pesannya.

3. Formasi dan Koreografi

Dalam melakukan tarian ada yang melakukan tarian secara sendiri atau secara bersama sama. keduanya tentu membutuhkan koreografi yang matang, terutama pada saat pentas di depan orang. Koreo yang terencana akan lebih dinikmati banyak orang.

Macam Macam Seni Tari

vexels.com

1. Jenis Seni Tari Berdasarkan Koreografi dan Jumlah penarinya

a. Tari tunggal (Solo): Merupakan jenis tari yang cukup dilakukan satu orang entah itu pria atau wanita. Tari ini tidak memerlukan grup untuk ditampailkan.

b. Tari Berpasangan (Duet): Tari berpasangan adalah tari yang dilakukan oleh dua orang saja. pria dengan pria, wanita dengn wanita, atau pria degan wanita.

c. Tari Kelompok (Group): Tari ini merupakan tari yan paing sering di tampilkan di panggung panggng hibura. dilakukan oleh lebih dari dua orang.

d. Tari Kolosal: Adalah tari yang dlakukan oleh bayak kelompok, dan memiliki jumlah masa yang besar. Tari ini memiliki anggota penari yang lebih banyak dari sekedar kelompok tari.

2. Jenis Seni Tari Berdasarkan Genre

a. Seni Tari Tardisional

Seni Tari tradisional merupakan tari yang berasal dari suau daerah tertentu yang menjadi identitas bagi penghuni asli daerah tersebut. Tari ini di ajarkan turun temurun sebagai suatu kebudayaan suku tersebut. Seni tari tradisional biasanya mengandung nilai, filosofi, simbol dan unsur religius. Jenis tari ini tidak banyak mengalami perubahan dari tahun ketahun. Unsur unsur pendukung seperti kostum dan tata rias memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Salah satu daerah yang terkenal dengan trian daerahnya adalah jawa, banyak sekali tarian yang bersalah dari jawa, dan yang terkenal dengan keragaman tariannya adalah tarian jawa tengah.

b. Seni Tari Moderen

Merupakan seni tari yang muncul baru baru ini, biasanya memiliki kostum dan tatarias yang leih bebas dan bervariasi. Tari ini juga lebih dinamik, dapat di padukan dengan tari tari tradisional lainnya. seni tari moderen bukan menjadi identitas dari suku tertentu. gerakan gerakannya juga sangat variatif

c. Seni Tari Kontenporer

Seni tari jenis ini berbeda dengan kedua jenis senitari yang lain. Tari kontenporer tidak memiliki pakem pakem gerakan seperti tari tradisional. Tari ini biasa dipadukan dengan tari tradisional yang mengalami moderenisasi., memiliki gaya penampilan yang unik, dan tetap mengandung pesan yang dalam pada gerakan gerakannya tidak seperti tari moderen yang lebih mengeksresikan emosi saat itu, dan terkesan  Showoff. Tidak hanya tarian yang memiliki keunikan, namun mulai dari seting tempat hingga penampilan tergolong unik dan berbeda.

Fungsi Fungsi Seni Tari

ichef.bbci.co.uk

Berdasarkan fungsinya yag sudah disebutkan diawal ada tiga fungsi utama yang dilansir dari britanica.com yaitu agama, militer, dan sosial.

1. Fungsi Agama

Banyak tari yang dilakukan oleh suku suku tertentu yang bertujuan sebagai persembahan dewadew mereka. Tarian yang di tampilkan memiliki makna penting bagi mereka. Ada tari yang dilakukan agar dewa menurunkan hujan, ada tari yang dilakukan sebagai persembahan, ada tari yang dilakukan sebagai ritual keagmaan, dan lain sebagainya. Hal tersebut menggambarkan bahwa dalam tarian juga mengandung unsur unsur keagamaan.

2. Fungsi Militer

Dalamb beberpa kasus pada komunitas masyarakat tertetu memiliki tarian yang bertjuan untuk membakar semangat para pasukannya. Tidak hanya itu, tarian mere gunakan untuk meatih pasukanpasukan perangya denga gerakan yang diadapasikan ke gerakan tari. Seni Tari ini biasanya menggunakan kostum dari pakaian tradisional dan senjatanya sebagai peralatan pendukung.

3. Fungsi Sosial

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Tari merupakan gerakan beritme yang memiliki pesan untuk para audiancenya. Tari ini mengekspresikan emosi dan untuk di konsumsi banyak publik secara umum. Sehingga tidak hnay memberi pesan namun juga sebagai daya tarik dan hiburan

Leave a Reply