fbpx

Fungsi, Manfaat, dan Pengertian Seni Menurut Para Ahli | LENGKAP

Pengertian Seni – seni sudah jadi bagian dari kehidupan umat manusia sejak lama, mulai dari zaman prasejarah hingga sekarang Umat manusia sudah mengenal seni. Keberadaan seni sangat melekat dengan sega unsur unsur kehidupan di Bumi. Dengan adanya seni yang selalu melekat dalam kehidupa manusia, seni selalu menjadi daya tarik da menjdi semakin menarik bagi setiap orang.

Seseorang yang akrab dengan dunia seni, pada umumnya akan memiliki kepekaan tersendiri. Lebih menjadi berempati, ceri dan lebih mampu mengontrol emosinya.

Namun ada penelitian yang menyatakan bahwa orang orang yang terjun ke duni seni maupun ilmu pasti akan lebihbesareluangnya terkena penyakit mental sepeti Skizofrenia.

Dalam penelitian tersebut dikataka bahwa pelaku seni dan ilmu pasti memiliki peluang lebih besar terkena depresi dari pada orang dengan pekerjaan biasa.

Tanpa seni, hidup akan terasa sangat datar. Orang orang tidak dapat berekspresi secara bebas. Hidup terasa tidak ada warna ketika tidak ada wadah untuk berekspresi.

Makadari itu untuk mengetahui seni secara leih, maka perlu megetahui pengertian seni itu sendiri, secara umum maupu pengertian seni menurut para ahli. Walau akan ada banyak definisi mengenai arti seni karena sulitnya untuk mengartikan kata seni, Berkut merupakan pengetian seni secara umum maupunmenurut para ahli.

definisi, pengertian

livingroomtheology.com

Pengertian Seni Secara Umum

Pengertian Seni secara umum merupakan sebuah bidang ilmu yang didalamnya mengandung kreativitas dan juga expresi perasaan manusia , seni diwujudkan dalam sebuah karya yang diciptakan oleh manusia dan mengandung unsur keindahan dan pesan tersirat didalamnya. Seni juga merupakan sebuah karya yang mampu membangkitkan perasaan orang lain yang memahami arti karya tersebut.

Dari segi bahasa, kata seni merupakan kata yang diambil dari Bahasa Saseketa Yaitu “Sani” yag meiliki arti “Pemujaan”, “Persembahan” atau “Pelyanan” yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian

Seorang pecinta seni yang bernama Padmapuspita berpendapat, bahwa seni itu berasal dari kata “genie” yang awalnya dari Bahasa Belanda yang dalam bahasa latin berarti “genius”, dari penjelasan tersebut kemudian disimpulkan bahwa seni merupakan kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Sedangkian menurut ilmu barat seni atau “Art” berasal dari bahasa latin “Ars” yang memiliki arti keterampilan, seni atau kerajinan. Penggunaan kata ars tersebut pertama kali diketaui dari sebuah manuskrip abad ke-13. Namun seni dalam bahasa Inggris yang disebut “art” memiliki banyak variannya dalam bahasa lain seperti (artem, eart, dll.) Mungkin telah ada sejak berdirinya Roma.

Sedangkan menurut Ilmu Eropa Istilah “Art” terkait dengan kata Latin “ars” yang berarti, seni, keterampilan, atau kerajinan. Penggunaan kata yang pertama kali diketahui berasal dari manuskrip abad ke-13. Namun, kata seni dan banyak variannya (artem, eart, dll.) Mungkin telah ada sejak berdirinya Roma.

Asal mula perngertian seni, didefinisikan sebagai suatu karya yang memiliki sifat idah, halus, dan luhur. Namunseiring waktu berjalan, banayk tokh tokoh yag mulai mendefinisikan arti kata seni

Menurut filosof Yunani bernama Plato (428-348 SM), seni karya yang eniru alam (art imitator natural). Kemudian pada abad ke 19, Benedetto Croce menyatakan bahwa seni adalah ungkapan kesan-kesan.

Pengertian Seni Berdasarkan Kategorinya

kategori

zoeysite.com

Pengertian seni sudah diperdebatkan sejak lama oleh para penikmat seni, seniman, dan para ahli. Namun berdasarkan karya tulis di Thouhtco.com, ada tiga definisi seni berdasarkan kategorinya.

1. Seni sebagai Representasi

Seni sebagai mimesis adaah sebuah gagasan yang pertamakali dikembangkan oleh Plato. Mimesis dalam bahasa yunani memiliki arti menyalin atau meniru. Berdasarkan gagasan yang disampaikan Plato, makna uama seni selama berabad abad didefinisikan sebagai representasi atau replikasi sesuatu yang bermakana dan indah.

Pada akhir abad ke-18, Sebuah karya seni dinyatakan bagus dan berharga atas dasar bagai mana sebuah subjek yang berhasil direplikasi. Gordon Graham menuliskan “defiisi tersebut mengarahkan orang-orang untuk menempatkan nilai yang tinggi pada potret yang sangat hidup seperti yang dilakukan oleh para guru besar – Michelangelo, Rubens, Velásquez, dan seterusnya – dan untuk mengajukan pertanyaan tentang nilai seni ‘modern’ – “the cubist distortions” milik Picasso, “the surrealist figures” milik Jan Miro, “the abstracts milik Kandinsky atau “the ‘action’ paintings” milik Jackson Pollock.”

Akan tetapi, walau seni representasional masih ada saat ini, hal itu bukan lagi satu-satunya tolak ukur nilai suatu seni.

2. Seni Sebagai Ekspresi dari Emosi

Ekspresi atau ungkapan emosional dalam seni menjadi pentig selama proses penciptaanya. dalam hal ini respon para penikmat seni menjadi penting. Karena Sebuah karya seni itu dimaksutkan untuk membangkitkan dan menggerakan emosi mereka.

Pengertian seni atau definisi ini lah yang sekarang masih berlaku. Karena sebagai seniman mereka ,mencari hubungna perasaan dengan para penikmat seni dan membangkitkan respon dan emosional mereka.

3. Seni Sebagai Bentuk atau Wujut

Immanuel Kant (1724-1804) dia percaya bahwa seni tidaklah lahur memiliki konsep melainkan pada kualitas formalnya. Karena menurut dia karya seni bukan melulu tentang keindahan saja. Kualitas formal menjadi lebih penting karena seni menjdai semakin abstrak menginjak abad ke-20. dan desain (keseimbangan, ritme, harmoni, persatuan) digunakan untuk mendefinisikan dan menilai seni tersebut.

expert

steemitimages.com

Pengertian Seni Meurut Para Ahli

Seiring berjalannya waktu, ketertarikan orang erhadao seni semakin tinggi. Orang berlomba lomba untuk berkarya dan mlai mendefinisikan seni seiring berkembannya zaman. Berikut adalah beberpa pendaat para ahli seni.

1. Pengertian Seni Menurut – Alexander Baum Garton

Seni dan keindaha didefinisikan oleh Aelxander sebagai sebuah tujuan yang positif dan mampu mejadikan penikmatnya merasa dala kebahagiaan.

2. Pengertian Seni Menurut – Aristoteles

Menurut Aristoteles seni merupakan sebuah karya atau wujud yang dalam pengumngkapan dan penampilannya tidak pernah menyimpag dari kenyataan dan seni itu sebuah karya yang meniru alam.

3. Pengertian Seni Menurut – Immanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

4. Pengertian Seni Menurut – Ki Hajar Dewantara

Seni merupakan sebuah karya hasil dari keindahan yang mampu menggerakkan perasaan indah penikmat seni tersebut. Makadari itu suautu tindakan yang mampu memepengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu dapat disebut dengan seni.

5. Pengertian Seni Menurut – Leo Tolstoy

Seni merupakan suatu ungkapan perasaan milik pembuat karya yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pemilik karya tersebut.

6. Pengertian Seni Menurut – Sudarmaji

Sudarmaji berpendapat bahwa pengertian seni adalah adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

7. Pengertian Seni Menurut – Sugjojo

Seni merupakan tampak jiwa, sebuah karya yang menggambarkan jiwa pemiliknya.

8. Pengertian Seni Menurut – James Murko

Senia adalah suau penjelasan rasa terdalam yang berada pada setiap hati manusia, diwujudkan dalam sebuah karya yang dapat mengkomunikasikan dalam bentuk yang dapat diterima ole indra pendengaran (seni suara), pengelihatan (Seni Rupa), atau diwujudkan dalam bentuk gerakan (sei tari, drama).

9. Pengertian Seni Menurut – Ira Adriati. M.Sn

Seni merupakan proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggnaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

12. Pengertian Seni Menurut – Eric Ariyanto

Seni merupakan suau kegita rohani atau aktivitas yang berlandaskan batin dan hati yang wujudkan dalam bentuk karya yang mampu membangkitakn perasaan orang yang menikmatinya.

11. Pengertian Seni Menurut – Drs. Popo Iskandar:

Popo Iskandar mendefinisikan pengertian sei sebagai sebuah hasil ungkapan emosi atau rasa yang ingin disampaikan kepada orang olain dalam bentuk sebuah karya

12. Pengertian Seni Menurut – Benedetto Croce:

Croce memiliki idealisme terhadap apa itu seni. Menurutnya seni ada di mana-mana, dan perbedaan antara intuisi biasa dan ‘karya seni’ hanya perbedaan kuantitatif.

Fungsi Seni

Fungsi Seni dikelompokkan menjadi dua yaitu fungsi individu dan fungsi sosial antara lain sebagai berikut..

1. Fungsi Individu

work, alone, introvert

fee.org

Fungsi seni individu merupakan suatu fungsi seni yang bermanfaat untuk kebutuhan pribadi individu itu sendiri. Terdapat dua macam fungsi seni untuk individu yaitu sebagai berikut…

a. Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Pada hakekatnya manusia merupakan mahluk yang meiliki keistimewaan dalam beraktivitas dan pemanfaatan ebnda benda disetiranya. sehingga seni terapan akan memerikan dampak positif terhadap kepuasan dan pemenuhan kebutuhan fisik. Sehingga mampu memebrikan rasa nyaman secara fisik.

b. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Setiap manusia memiliki sifat dan jenis kejiwaan yang berbeda dari satu manusia dan manusia lainnya. Secara genetik ataupun lingkungan dan pengalaman hidup akan mempengaruhi sisi emosional dan perasaan seseorang. Sehingga manusia akan memiliki emosi yang berbeda pula satu sama lain.

Untuk memuaskan sisi emosiona mansia dibutuhkan dorongan dari luardirinya untuk melakukan sesuatu yang sifatnya mampu menyenangkan dan memuaskan kebutuhan batinnya.Bedanya sisi emosional setiap manusia menyebabkan cara penyampaian emosional setap manusia akan berbeda satu dengan yang lain.

Sedangkan seorang seniman akan merasa puas dengan merefleksikan pengalaman, rasa, dan emosinya dalam sebuah karya. Seniman menciptakasn sebuah kaya yang tidakhanya memuaskan batinnya saja. Seniman akan semakin puas apabila apa yang dia tuangkan dalam sebuah karya dapat menyenagkan orang lain.

2. Fungsi Sosial

seni juga memiliki fungsi sebaga pemenuh kebutuhan batin para audiance seni tersebut. Bayak orang yang ingin memenuhi kebutuhan batin dia dengan seni hasil karya orang lain.

a. Fungsi Religi/Keagamaan

Sebuah karya yang mampu memebrikan pesan pesan agama bagi kehidupan sosial. Contohnya adalah kaligrafi, busana muslim dan lagu-lagu rohani, budaya pemakaman secara adat, patung dewa,dan lain sebagainya.

b. Fungsi Pendidikan

Seni sebagai media pendidikan dapat diimplementasi kan para sekolah melalui alat musik tradisional, arsitektur, infografis, poster, gambar gambar, dan hal hal lain yang megandung infrmasi bagi pelajar.

c. Fungsi Komunikasi

Berkmunikasi dengan seni dapat dilakukan dalam bentuk, gagasan, kritikan, sindiran kepada suau komunitas sosial lain. Seperti, pagelaran Wayang kulit, wayang orag, poster, reklame, baliho, banner, infografis, bahakan dram aau filem.

d. Fungsi Hiburan

Sebagian seni ada memang untuk dipamerkan kebanyak orag untuk menghibur orang lain dan pelaku sni tersebut. contoh seni seperti ini adalah seni tari, breakdance, standup, filem komedi yang ditampilkan khusus untuk sekedar menghibur orang dan peminatnya.

e. Fungsi Artistik

Seni juga memilki manfaat bagi sebagian orang tertentu atau komunitas tertentu yang memahami secara mendalam seni tersebut. Seni yang di ciptakan tidak untuk dinikmati secara umum dan bukan untuk keperlua komersi. contohnya adalah tari kontenporer, seni lukis, lukisan abstrak, musik kontenporer.

f. Fungsi Guna

Sebuah karya yang tidak memperhitungakan memperhitungkan kegunaannya, melainkan sebagai sebuah karya untuk memenuhi hasratnya (karya seni murni) atau pun dalam prosesnya memperhitungkan asek kegunaan bagi yang mengkonsumsi seni karya tersebut. Seperti perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.

g. Fungsi Kesehatan

Seni searang juga mulai dikenl sebagai media penyembuhan penyakit tertentu terutama mental, tidak hanya itu seni juga dapat memanipulasi manusia. Seperti lagu lagu untuk penyandang autisme, atau lagu lagu yang menenagkan seperti instrument untuk merilekskan pikiran.

Jenis Jenis dan Pengertian Seni Berdasarkan Medianya

pengertian Seni

pixabay

Banyak cara dalam mengelompokan atau mengklasifikaskan kesenian. Ada yang yang mengklasifikasikan berdasarkan noat mereka, tujuan bereka, dan dampak dari seni tersebut. Namun dari sekian banyak kategori seni yang paling umum dan mendasar adalah berdasarkan Medianya.

Berikut akan di bahas apa saja jenis beserta pengertian seni berdasarkan media yang digunakan dalam mempresenasikan seni tersebut.

1. Seni Rupa / Visual Art

pengertian seni, art, Seni rupa,

Pxabay

Sebuah jenis seni yang di presentasikan menjadi suatu benda atau gambar yang dapat dilihat secara jelas dan memiliki wujud.

Dalam seni rupa didalamnya termasuk seni dua dimensi seperti menggambar, dan melukis. Selain itu juga ada Seni tiga dimensi seperti patung, pahtan, dan asritektur.

Beberapa diantara seni tersebut disubut dengan Seni Visuo Taktis, Suatu karya yang ketika disentuh seindah dan sesau denganyang terlihat, Seperti patung yang bisa saja akan jauh lebih dihargai dengan tidak hanya diliat naun juga disentuh.

Bahkan sebuah lukisan akan berharga ketika orang yang menyentuhnya dapat merasaka keindahan lukisan tersebut dengan adanya tekstur pad lukisan tersebut.

2. Seni Suara / Auditory Art

pixabay.com

Seni suara  merupakan sebuah seni yang didalamnya tidak ada objek fisik seperti seni rupa. Seni suara hanya memainkan nada nada yang berurutan dan bukan lagu. Nada nada tersebut dapat diingat dan dirasakan emosinya oleh para pendengar. Nada nada tersebut bisa dalam bentuk musik intrument. Sifat dari seni suara adalah Intermiten yang bebeda dari seni rupa atau seni visual.

pixabay.com

3. Seni Sastra / Verbal Art

Seni sastra jelas berbeda dari seni rupa dan suara. Ada nilai-nilai suara dalam puisi, khususnya ketika dibacakan, tetapi sastra dengan hanya meggunakan suara saja akan menjadi seni yang paling miskin makna.

Apa yang membuat bunyi puisi efektif adalah pengetahuan tentang makna dari kata-kata yang didengar. Mendengarkan nada puisi atau memainkan kataka kata dalam bahasa asing dapat memberikan beberapa gagasan tentang pentingnya literatur dalam mengenal makna kata.

Perhatikan bahwa “murmuring,” salah satu kata yang terdengar paling menyenangkan dalam bahasa Inggris, memiliki suara yang hampir sama dengan “murdering.” Hampir secara eksklusif pengetahuan tentang arti kata yang memungkinkan untuk menghargai seni sastra.

4. Seni Campuran

boredpanda.com

Pengertian seni campuran adalah penyatuan ketiga seni diatas. menggabungka seni rupa atau visual, seni suara, dan seni sastra. Contoh dari seni campuran ini adalah sebagai berikut.

Drama menggabungkan seni sastra (seni verbal) dengan seni visual berkostum, perancangan panggung, dan sebagainya.

Opera menggabungkan seni musik (komponen utamanya) dengan seni sastra (libretto) dan seni visual desain panggung.

Seni Tari merupakan menggabungkan tontonan visual tubuh yang bergerak (komponen utama) dengan iringan musik, kadang-kadang dengan kata-kata yang menyertainya dan dengan desain panggung. Seni ini sangat banyak ditemui di dunia. Indonesia merupakan negara dengan sejuta kebudaayan. Seni Tari Jawa Tengah merupkan kumpulan berbagai macam seni tari yang berasal dari jawa tengah indonesia yang sangat beragam

Lagu menggabungkan seni sastra dengan dengan musik.

Film menggabungkan komponen visual dengan komponen verbal (skrip) dan biasanya latar belakang musik intermiten juga.

 

Leave a Reply