Pengetian Internet Menurut Para Ahli dan 13+ Manfaat Internet yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian Internet dan manfaat Internet – Penggunaan internet di indonesia sekarang sudah sangat tinggi. Menurut APJII tercatat ada 143 juta orang di Indonesia telah menggunakan internet dengan berbagai kepentingannya.

Manfaat internet dalam dunia komunikasi sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Internet sekarang tidak hanya bisa dinikmati melalui komputer saja. Terlalu merepotkan ketika seseorang membutuhkan informasi cepat dan harus menyalaka komputer terlebih dahulu.

Maka dari itu berkat kerja keras para ilmuan sekarang orang orang mampu menggunakan internet dan mengakses informasi hanya melalui genggaman tangan .

Pengunaan internet kini semakin lama semakin berkembang. Tidak seperti penggunaan sebelumnya, penggunaan internet semakin lama semakin masif. Pemanfaatan internet sudah lebih jauh lagi dibandng dengan periode periode sebelumnya.

Banyaknya manfaat internet yang dapat dipergunakan. Tidak hanya sebagai sumber informasi dan bertukar email. Namun menikmati musik, berita, film box office, hiburan, game, hingga belanja dan transportasi online sekarang sudah menjadi fasilitas yang bisa dinikmati berkat internet.

Bahkan tidak hanya keperluan konsumtif namun para pengguna internet sekarang sudah dapat meraup penghasilan melalui internet.

Dengan adanya internet orang orang dapat berkomunikasi tanpa perlu mempertimbangkan aspek geografis. Hal ini menjadi kemajuan yang luar biasa di bidak teknologi informasi dan komunikasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Berbagai media elektromagnetic nir-kable ataupu bukan dapat dipergunakan sebagai media penghubung internet seperti Wifi, FO, LAN Cable, atau siyal HP. Sehingga semakin mempermudah pengguna dalam menggunakan internet.

Pengertian Internet Secara Umum

gsma.com

Interconnection networking atau biasa dikenal dengan Internet adalah seluruh media komunikasi elektronik yang saling behubungan satu sama lain dalam jangkauan seluruh negara.

Perangkat perankat komunikasi ini dihubungkan dengan mengguakna suatu sekitar yang disebut dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol atau disingkat TCP/IP.

Dimana protokol ini berfungsi sebagai protokol pertukran paket atau packet switching yang bertugas memastikan perangkat tetap terhubung satu dengan yang lain dan mengatur pengiriman dan penerimaan paket data antar perangkat.

Internet dikembangkan pertama sekitar tahun 1960-an yang berawal dari sebuah karya tulis dengan istilah Man-COmputer Sybiosis” dan “Galactic Network” milik J. C. R. Licklider.

Kemudia berlanjut ke sebuha proyek yang di danai oleh departemen pertahanan Amerika serikat (DARPA) yang berusaha menghubugkan komputer satu dengan komputer lain agar dapat bertukar informasi dan saling mengrim pesan tana memperhatikan jarak. Proyek tersebut di berinama ARPANET.

ARPANET dikembankan oleh seorang ilmuan yang bernama Lawrence G. Roberts yang notabene adalah penerus dari Licklider dalam proyek tersebut. Pada tahun 1968 konsep ARPANET telah matang dan siap diterapkan untuk proyek tersebut.

ARPANET berhasil di demonstasikan secara resmi di International Computer Communication Conference (ICCC). konferens tersebut merupakan publikasi secara umum dan dunia mulai dikenalkan dengan ARPANET.

Dalam mengartikan internet, telah banyak pakar internet yang telah mendefinisikan apa itu internet dari tahun ke tahun, Berikut adalah pengertian inernet menurut para ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

steemitimages.com

1. Pengertian Internet – Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Kayo dan tim nya menyatakan bahwa internet memiliki tiga keunggulan. yang pertama adalah kemampuan untuk saling bertukar informasi secara bebas,

kedua adalah kedinamikannya dalam mengikuti perkembangan waktu. informasi daam internet sangatlah cepat berkembang, sehingga memungkinkan para penggunanya dalam mengakses informasi terbaru. informasi ini begitu cepat bahkan terkadang lebih cepat dari media cetak.

Ketiga, sifat internet yang interaktif, membuat para penggunanya mapu berinteraksi dan ber komunikasi dengan pengguna pengguna internet ain di belahan dunia apapun.

2. Pengertian Internet – Menurut Lani Sidharta (1996)

Walaupun iternet merupakan sebuah interkoneksi yang mengubungkan komputer komputer. Internet merupakan sumber daya informasi denga database yang seperti sebuah lemari perpustakaan raksasa yang menyimpan berbagai macam buku.

Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karenahampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

3. Pengertian Internet – Menurut Drew Heywood (1996)

Sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat DARPA memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working.

Sebuah standar Jaringan komputer yang mampu menghubungkan segala jenis komputer. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

4. Pengertian Internet – Greenlaw & Hepp (2002)

Greenlaw & Hepp menyatakan bahwa internet murupakan kumpulan informasi gloal dan dihibingkan dengan indentitas unik yang disebut dengan IP atau internet protocol. 

Selain itu internet memiliki dukungan dari TCP. ha ini menyebabkan internet dapat diakses dan diubah secara umum maupun khusus.

5. Pengertian Internet – O’Brien (2003)

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang mampu berhubungan satu sama lain dengan lebih dari 200 negara yang terhubung demi berbagai macam kepentingan bisnis , politik, pendidikan, hingg pemerintahan..

6. Pengertian Internet – El-Ansary, Frost (2003)

Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

7. Pengertian Intenet – Turban, Rainer, Potter (2005)

TUrban dan timnya mendefinisikan bahwa internet adalah suatu jaringanyang sangat besar yamg menghubungkan komputer komputer di dunia. Digunakan oleh berbagai macam instansi baik dari organisasi dan bisnis, Organisasi pemerintahan, dan sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.

8. Pengertian Internet – strauss, El-Ansary, Frost (2003)

internet merupakan sebuah jaringa yang berisi komputer komputer dan saling terhubung. Dimana beberap komputer diantaranya berada dalam jarigan ini menyimpan file, seperti website, yang dapat di akses semua komputer yang terhubung.

Manfaat Internet

1. Informasi, Pengetahuan, dan Pembelajaran.

Pexel.com

Dengan adanya internet, orang orang dapat mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Dengan majunya teknologi komunikasi sekarang mereka dapat menggunakan internet di telfon genggam mereka yang disebut dengan smartphone. Dengan smartphone akses merek dengan informasi di internet lebih udah.

Jika adal suatu perkera yang mendadak atau sesuatu yang tidak mereka mengerti, mereka dapat mencari jawaban dengan cepat melalui informasi yang bereadi di internet.

Atau bahkan mereka tidak perlu membeli koran karena segala informasi yang mereka butuhkan termasuk berita terbaru sudah berada di genggaman mereka.

Tidak hanya kecepatan dalam mengakses informasi dan berita berita terbaru, namun dalam hal kemajuan pengetahuan dan pendidikan juga sangat terbantu dengan adanya internet.

Pengetahuan dapat berkembang degan cepat, banyak informasi informasi yang berhbungan dengan Sience dan pengetahuan pegetahuan baru.

Bahkan orang orang dapat mengakses jurnal jurnal bertaraf internasional dengan mudah. Sehingga membantu dalam melakukan penelitian.

Informasi terhadap perkembangan teknologoi teknologi terbaru juga sangat mudah didapat, sehingga dapat masyarakat dari buta teknologi.

Manfaat Internet dalam mengedukasi masyarakat. tidak hanya dalam bidang informasi terbaru namun juga dalam hal pembelajaran sekolah.

Banyak website website diluar sana yang menerapkan sistem pembelajaran oline dengan berbagai macam konten tutorial atau pelajaran sekolah.

Bahkan internet membantu mereka yang memiliki ilmu agar dapat berbagi ke

sesama tanpa harus turun lapang. Aplikasi aplikasi juga sudah banyak dikembangkan untuk mengedukasi dan mendidik masyarakat yang dapat digunakan secara gratis. Anak anak yang tidak sekolah sekalipun dapat dengan mudah mempelajari hal yang sama denga anak anak yang bersekolah.

2. Kemudahan Berbagi dan Berkomunikasi.

Unsplash.com

Pada Masa lampau, akan membutuhkan waktu begitu lama untuk hanya mengirimkan sebuah pesan ke seseorang yang jauh dari anda. mengirim sebuah pesan ke suatu tepat yang jauh mungkin akan membutuhkan waktu berhar hari bahkan berbulan bulan.

Namun sekarang dengan bantuan internet orang orang dapat dengan mudah mengirim pesan sejauh apapun itu, dalam satu negara maupun beda negara dalam hitungan detik menggunakan E mail.

Bahkan sekarang banyak aplikasi seperti chat dan video call yang dapat berkomunikasi dengan melihat wajah orag tersebut secara langsung.

Forum forum online juga tersedia di internet. Membantu anda dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan berdiskusi di forum tersebut perihal masalah yang anda hadapi.

Berbagi informasi dan memberi jawaban masalah masalah yang dihadapi orang lain juga dapat menjadi pilihan di forum tersebut.

Tidak hanya berbagi pengetahuan, dengan adanya internet anda dapat berbagi file atau dokumen melalui E mail atau bahakan file hosting atau FTP Server.

Cukup dengan mengunggah file yang anda ingin bagikan, orang lain dapat mendownload file tersebut. Manfaat internet dalam berbagi dan menggunakan file yang sengaja di sebarkan di internet aka mempercepat kemajuan infrmasi suatu daerah atau bahkan bisnis.

3. Pencarian Alamat dan Rute Terbaik

Unsplash.com

Dengan bantuan teknologi GPS dan Internet dapat membantu anda dalam memetakan posisi anda dan mencari rute atau alamat ke hampir setiap tempat di dunia.

Jika anda tersesat anda dapat melacak posisi anda dan mencari rute terbaik untuk kembali. Sebuah manfaat internet yang sekarang sudah sering dinikmati parapengguna internet dan smartphone di era sekang ini

Tidak hanya memetakan tujuan atau lokasi yang anda inginkan, namun juga anda dapat mencari tempat makan hingga mencari lokasi bisis di sekitar anda.

Mesin pencari seperti Google sekarang sudah mampu melacak posisi anda dengan bantuan GPS.

Sehingga ketika anda mencari lokasi bisnis, tempat wisata, tempat makan malam, google akan memberikan informasi lokasi terdekat dari anda. Semisal anda mencari hotel, google akan otomatis memetakan hotel hotel mana yang terdekat dengan anda atau satu kota denga anda.

Dengan begitu banyak aktivitas anda yang terbantu dengan GPS ini, termasuk aktivitas bisni. anda dapat mencari suplier terdekat atau lokasi bsnis terdekat dengan anda.

4. Banking, Bills, and Shopping

Pexel.com

Dalam hal perbankan, internet juga sudah diterapkan. Kemudahan kemudahan diberikan dengan adanya layanan internet. Internet memberi Anda akses ke rekening bank anda untuk melihat sisa saldo anda, melakukan transaksi, dan tranfer uang hanya dengan menggunakan internet ataupun smartphone.

Juga, banyak layanan memungkinkan Anda untuk melihat dan membayar tagihan Anda secara elektronik seerti tagihan listrisk, pulsa, air, atau bahakn tiket pesawat maupun kereta api.

Belanja online adalah manfaat internet lainnya, memberi siapa saja dengan akses Internet kemampuan untuk menemukan produk yang menarik minat mereka dan membelinya tanpa harus mengunjungi toko.

Internet memberi semua orang akses mudah untuk membandingkan harga antar perusahaan dan bahkan melihat pendapat orang lain tentang suatu produk melalui ulasan online untuk membantu membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

5. Manfaat Internet Untuk Menghasilkan Uang

Pexel.com

Tidak hanya membeli produk utuk kesengan yang konsumtif. para pengguna internet sipapun itu memiliki kesempatan berbisnis, menjual produk, dan menghasilkan uang.

Jika anda adalah pebisnis atau ingin menjual sesuatu apapun itu, internet adalah tempat yang sempurna untuk menjual sebagian besar produk anda.

Karena siapa pun di dunia dengan akses Internet dapat dengan mudah menemukan situs web anda ataupun prduk produk yang anda jual. Anda memiliki akses ke lebih banyak orang dari pada yang pernah anda dapat dengan toko ritel lokal.

Internet selalu aktif dan selalu tersedia, menampilkan produk roduk yang anda jual tanpa perlu mempedulikan jam kerja. Dengan demikian anda memiliki potensi menjual barang lebih besar dari yang pernah anda lakukan.

Internet juga memberikan semua bisnis kemampuan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka kepada semua orang di dunia atau menentukan demografi yang tepat yang ingin mereka jangkau.

6. Melakukan Pekerjaan Dirumah Dengan Akses Tenaga Kerja yang Luas

Pexel.com

Manfaat internet yang lain adalah keampuan untuk menyediakan fasilitas dalam melakukan berbagai pekerjaan dari seluruh dunia.

Ada banya layanan online yang memungkinkan anda untuk bekerjasama dengan orang lain di berbagai negara. Bahkan untuk membuat produk dan layanan baru denga inter akan lebih mudah.

Koneksi internet menjadi alat batu orang rang utuk melakukan bisnis dan bekerja melalui rumah atau mendirikan kantor virtual diinternet.

Tidak hanya berbisnis, manfaat internet  juga memungkinkan karywan perusahaan bekerja di ruma mereka masing masing.

Banyak bisnis yang memungknkan karyawan mereka bekerja dari rumah menggunakan komputer dan koneksi iternet mereka.

Dengan mempekrjakan karyawan dirumah dapat menghemat uang lebih degan tidak harus membayar uang transport.

Jika anda seorang pebisnis dan membutuhkan karyawan, Banyak layanan online yang dapat memabntu anda dala mencari tenaga kerja dari berbaai negara.

Dengan mmiliki akses tenaga kerja dari berbagai macam negara, akan memudahkan anda dalam mencari pekerja pekerja berbakat dengan lingkup lebih luas..

7. Melakukan Donasi dan Pendanaan

Sekarang dengan kemudahan engakses informasi dan komunikasi, siapapun yang terhubung denga internet dapat melakukan kegiatan sosial lebih cepat dari sebelumnya.

Orang orang yang ingin berkontribsi dalam kegiatan sosial namun tidak memiliki cukup waktu dan informasi dapat memberikan donasi melalui internet.

Sudah banyak website website atau media sosial yang menerima amal dan memberikan informasi mengenai suatu bencana atau orang orang dengan keterbatasan ekonomi yang sedang membutuhkan bantuan.

Hal tersebut merupakan manfaat internet yang membantu para dnoatur untuk berbagi. Dengan ini internet tidak hanya berperan dalam ilmu pengetahua dan tekologi namu juga dalam kehidupan bersosial.

Tidak hanya beramal atau memberi donasi, mendanai proyek atau berinvestasi juga menjadi salah satu manfaat internet yang sanagt membantu perekonomian adan penelitian. Dengan adanya internet anda dapat mendapatkan informasi mengenai proyek proyek menarik untuk didanai.

8. Manfaat Internet dalam Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan

hd5kwallpapers.com

Arus informasi begitu cepat sejak internet hadir. tidak terkecuali informasi lowonga pekerjaan. Dengan adanya internet perusahaan perusahaan besar maupun menengah dapat dengan mudah melempar informasi lowongan pekerjaan ke sosial media ataupun ke website website resmi lowongan pekerjaan

Banaykanya lulusan yang mecari pekerjaan dan kebutuhan perusahaan akan tenaga berkompeten dapat dipertemukan di internet.

Sangat banyak informasi informasi lowongan pekerjaan yang disebar melalui brosur atau pengumuman di website seperti Jobstreet. Dengan adanya internet kebutuhan kedua belah pihak tersebut dapat terpenuhi.

9. Entertaiment

Unsplash.co

Ketika bosan dan tidak ada yang bisa dikerjakan, internet memberi wahana hanya dalam genggaman tangan anda atau melalui monitor notebok anda. banyak hiburang yang dapat anda temukan di internet.

Keampuan menonton video, media social, atau bercakap dengan keluarga atau teman dengan video call menjadi manfaat internet tersendiri bagi para penggunanya.

Menjadikan internet sebagai pilihan hiburan anda. Tidak hanya itu game online juga tersedia di smartphone atau notebook anda. Sehingga anda tidak kekurangan hiburan ketika waktu luang.

10. Perabotan Rumah Ber-Internet

amrank.info

Tidak hanya smartphone atau notebook anda yang dapat terhubung ke internet. Sekarang teknologi internet juga mulai diterapkan di perabotan rumah elektronik milik anda.

Penggunaan internet sekarang sudah lebih jauh dari yang pernah dibayangkan sebelunya. Terobosan ini mewujudka apa yang sebelumnya hanya diiajinasikan orang orang. Perabotan rumah ang saling terintegrasi, terhubung degan internet, dan dapat dikendalikan dari jarakjauh.

Perangkat seperti Lampu kamar, televisi, CCTV, lemari pendingin dan yang lain dapat berkomunikasi dan dikendalikan melalui smartphone anda.

Bahkan ketika anda tidak berada dirumah anda dapat mematikan lampu yang masih menyala. Ada pula ketika anda hendak sampai rumah lampu di rumah anda menyala secara otomatis.

Semua teknologi itu bisa berkembang dengan perangkat yang saling terintegrasi. Manfaat internet satu ini sekarang menjadi fokus perhatian para peneliti untuk terus berinovasi dan menemukan manfat internet lainnya.

Bahka sangat mungkin anda dapat melacak tagihan listrik anda, membatasinya, atau mengontrl penggunaannya dengan terhubung keperangkat sepeti smartphone.

11. Cloud atau Peyimpanan Data Online

Cloud yang dimaksut disi ini bukanlah awan, melainkan adalah sebuah sistem penyimpanan data online yang dapat digunakan sebagai media backup data anda.

Keunggulan cloud adalah kemampuan penyimpanan data yang tersimpan di internet bukan di perangkat anda.

Sehingga ketika terjadi kerusakan di erangkat anda, file yang anda miliki bisa anda unduh lagi. Dengan demikian file yang anda miliki akan aman jika anda memiliki akun cloud.

Penyimpanan data dan Backup secara online merupakan manfaat internet yang membantu anda dalam menyelamatakan data data anda.

Penggunaan cloud tidak hanya menyimpan file file seperti dokumen. Ada juga cloud yang dikususkan untuk lagu, atau data dari suatu aplikasi online.

Cloud juag dapat menyimpan seluruh data penting yang anda miliki di komputer atau laptop anda seperti, nomor hp, foto, video, chat history, sms, dan masih banyak lagi.

12. Manfaat Internet dalam Penelitian dan Pengembanaga Ilmu Pengetahuan

Unsplash.com

Dalam beberapa tahun terahir banyak sekali penemuan penemuan teknologi baru yang dikembangkan seperti google glass, smart tv, smart lamp, dll. Penemuan yang sebelumnya hanay berada pada filem dan angan angan sekarang sudah terwujud.

Seolah olah melakukan penelitian tidak lagi sesulit dulu. Hal ini merupakan salah satu manfaat internet yang dapat dirasakan publik.

Kemudahan mengakses informasi dapat dirasakan oleh para peneliti dan akademisi. Mereka dapat dengan mudah mendapatka jurnal jurnal internasional terbaru.

Sehingga memudahkan mereka untuk mengembangkan penelitian tersebut. damapak dari mudahnya informsi adalah pengembangan dan penyempurnaan penelitian penelitian lama maupun yang terbaru.

Tidak hanya mudahnya mendapatkan infrormasi dan jurnal internasional, namun manfaat internet dalam hal komunikasi juga berperan aktif dalam perkembangan penelitian, sosial, maupun tekologi.

Dengan adanya internet orang orang dapat berkomunikasi jarak jauh, sehingga tidak harus bertatap muka secara langsung dalam mendiskusikan suatu penelitian.

13. Manfaat Internet  dalam  Politik

rackcdn.com

Dengan mudahnya orang berbagi dan mendapatkan informasi, informasi di Word Wide Web tidak terbendug jumlahnya. Hal ini disebabkan karena setiap orang berhak dan dapat memberi informasi melalui internet.

Banyaknya informasi yang bertebaran di internet tidak jarang menimbulkan timbulnya isu isu mengenai suatu informasi. Kemampuan internet dalam membuat suatu isu dapat digunakan dalam persaingan opini dalam dunia maya.

Membuat suatu isu adalah salah satu manfaat internet yang dapat dipergunakan sebagian orang dalam melakukan penggiringan opini politik. Banyak website besar yang di bayar untuk melakukan penggiringan opini masyarakat.

Walau sebagian orang menggunaan potensi ini dengan tidak benar dan semena mena, hal ini juga berpotensi memberi peluang bagi orang orang bertujuan baik yang berperan aktif dalam dunia politik.

Tidak hanya mereka aktivis politik, namun juga masyarakat mampu melihat perkembangan politik negara sendiri maupunn dunia.

Informasi ini selalu disajikan hampr setip hari untuk mengedukasi masyarakat tentang politik sekarang sehigga masyarakat tidak buta politik dan menjadi semakin kritis terhadap politik.

14. Penggunaan Internet Sebagai Gaya Hidup Pelajar

Pixabay.com

Dengan adanya informasi yang tidak dibatasi tempat, para akademisi dan para pelajar memiliki kemudahan dalam mencari literatur untuk melengkapi materi mereka. Manfaat internet satu ini memberika Siswa platform gratis untuk belajar sepanjang hidup mereka.

Orang-orang dalam kelompok usia 18 hingga 35 adalah salah satu pengguna Internet yang paling sering saait ini dan orang-orang ini kebanyakan adalah pelajar dari seluruh dunia.

Mereka menggunakan Internet untuk mempelajari keterampilan baru dan bahkan memperoleh gelar dalam kursus online profesional.

Begitu pula para akademisi dan para tenaga pendidik. Mereka memiliki akses untuk terus menerus mengajar dan berbagi pegetahuan dan pengalaman mereka kepada para pelajar didunia.

Leave a Reply