fbpx

Rekomendasi 25+ Perangkat Keras Komputer yang Perlu Anda Miliki

Perangkat Keras Komputer atau yang biasa disebut degan hardware merupakan perangkat yang memiliki wujud fisik atau nyata, Perangkat ini lah yang akan menjalankan Software atau perangkat lunak yang berupa aplikasi komputer. Tanpa ada hardware software yang ada tidak akan dapat berfungsi dengan semestinya atau bahakan tidak berjalan sama sekali.

Tidak seperti komputer komputer generasi pertama, perangkat keras komputer sekarang jauh lebih compact dan kecil, menggunakan komponen yng lebih minimalis. Perkembangan komputer mulai bekerbang pesat saat komponen bernama transistor ditemukan sebgi penggaanti tabung tabung yang berisi gas pada komputer generasi pertama. Perangkat keras sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok  yaitu.

Input Device / perangkat masukan

Process Device /Perangkat pemoses

Output Device / Perangkat Keluaran

Backing Storage / Unit penympanan

Periferal / Perangkat pelengkap

Untuk memperjelas seperti apa perangkat keras komputer, berikut adalah beberapa contoh perangkat keras yang harus diketahui.

1. Perangkat Pemorses Data Komputer – Processor

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Processor

highgroundgaming.com

Sesuai degan namanya, perangkat keras komputer satu ini memiliki funsi sebagai unit pemross data. Alat ini merupakan IC (Integrated Circuit) yang akan memproses semua data yang ada dijalankan di komputer. Kecepatan suatu komputer bisa sangat diengaruhi dari generasi processor yang digunakan.

Satuan kecepatn pemrosesan data pada processor biasa disebut dengan GHz yang merpakan kepanjjagan dari Giga Herzt. Fungsi processor sebagai perangkat keras komputer utama dalam melakukan pemrosesan data menjadikan suhu perangkat ini paling panast, bahkan ada sebagian orang yang mendinginkan benda ini menggunakan Liquid Nitrogen.

Ada sekian banyak pabrikan penyedia processor komputer, tapi hanya ada dua merek processor yang sudah sangat dikenal dan paling banyak digunakn oleh mayarakat, yaitu Intel dan AMD. Kedua merek ini masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan muali dari performa hingga harga. Namun kebayakan orang lebih memilih Intel karena performanya yang dianggap sebagian orang stabil.

Ada tiga bagian terpenting didlaam processor yang diperlkan ketika melakukan pemrosesan data, yatiu:

Arithmatics Logical Unit (ALU) yang menjalankan semua perhitungan aritmatika.
Control Unit untuk pengaturan input dan output data yang diterima komputer.
Memory Unit sebagai alat penyimpanan data.

2. Perangkat Keras Pengolah Data Komputer – RAM

Perangkat Keras Komputer, Hardware, RAM

evetech.co.za

Random Access Memmory atau biasa disebut RAM adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai mmedia penyimpanan data sementara. programprogram yang dijalaka komuputer aka memerlukan memori penyimpanan data sementara yang data data tersebut akan diproses di oleh processor.

Apabila program yang dijalankan dimatikan, penyimpanan data terhadap program tersebut oleh RAM akan di hentikan dan dihapus. atau apabila komputer anda restart sisa sisa data akan dibersihkan dan kembali seperti semula.

Dari beberapa perangkat yang memiliki dampak secara langsung terhadap kecepatan suatu komputer, RAM adalah salah satunya. Ada beberapa generasi RAM yang ada, diantaranya adalah DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan yang terbaru adalah DDR5. Kapasitas RAM dan generasi ini lah yang menentukan performa komputer.

3. Perangkat Keras Komputer – VGA / GPU

Perangkat Keras Komputer, Hardware, VGA, GPU

VGA (Visual Graphic Card) atau bisa juga disebut GPU (Graphic Processor Unit) adalah perangkat yang bertanggung jawab dalam pemrosesan visual komputer. tanpa adanya VGA, komputer tdak dapat Menampilkan gambar. Sehingga para pengguna tidak akan bisa mengoperasikan komputer tersebut.

Kualitas grafis yang ditampilkan di monitor tidak hanya tergantung pada kualitas monitor yang digunakan, namun pemilihan VGA jga sangat berpengaruh. Koputer yan emiliki VGA yang baik akan mampu mejalankan aplikasi editing video, grafis maupun menjalankan game game yang memiliki grafis yang detile.

4. Hardware Komputer – Motherboard

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Motherboard

gigabyte.com

Ada banyak komponen yang dibutuhkan untuk membangun sebuah komputer. Komponen seperti VGA, Processor, RAM dan lain sebagainya membutuhkan perangkat yang mengintegrasikan perangkat satu degan perangkat lain.

Motherboard merupakan perangkat keras komputer yang berbentuk PCB besar dan berfungsi mengintgrasikan atau menyatukan kompenen komponen yang lain. Perangkat perangkat seperti RAM dan processor diletakan kesbuah PCB besar ini.

Motherboar inilah yang akan menentukan perangkat apa saja dapat dipasang dan digunakan seperti RAM generasi keberapa yang sesuai atau processor jenis apa yang dapat digunakan nantinya.

5. Perangkat Keras Komputer – LAN Card

Perangkat Keras Komputer, Hardware, NIC, Network Adapter, Lan Card

dlink.com

Membangun sebuah komputer tidak akan lengkap tanpa koneksi internet. LAN Card memiliki adalah perangkat yang diperlukan untuk menghubungkan komputer kita dengan jaringan komputer atau internet yang ada. perangkat keras komputer ini lah yang akan membantuk komputr untuk tetap terkoneksi ke internet dengan media kabel mapun wireless seperti Wifi.

Setiap perangkat LAN card memiliki rankaian nomor dan huruf yang digunakan sebagai identitas utama pada perangkatini ketika terhubung ke internet. Rangkaian angka dan nomor ini disebut MAC Address. Nomor pada MAC Adress pada dasarnya bersifat permanen dan tidak dapat diubah.

6. Perangkat Keras Pendingin – Heatsink

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Hetsink

radianheatsinks.com

Heatsink adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat bantu pendinginan komputer. Alat ini merupakan alat yag wajib ada. perangkat perangkat keras seperti RAM, Processor, VGA akan emiliki performa yang stabil apabila suhu perangkat juga stabil. Tidak hanya dari segi performa, namun dari segi ketahanan perangkat juga akan lebih baik.

Heatsink ini berbentuk srip sirip logam yang berfungsi mempercepat pendinginan perangkat. Peragkat yang biasa memerlukan Heatsink adalah Processor, VGA, Motherboard , da RAM. Kinerja Heatsink aka lebih efektif apa bila dipadukan dengan Fan atau kipas.

7. Hardware Komputer Pendingin – Fan

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Fan

tokopedia.net

Untuk memeprecepat proses pendinginan processor atau perangat lain dibutuhkanlah Fan atau kipas. fan akan meniupkan udara kearah hetsink yang nantinya akan mendinginkan processor atau perangkat lainnya. Fan juga biasa diletakan di power supply atau VGA.

8. Perangkat Keras Komputer – Liquid Cooler

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Liquid Cooler, Pendingin cairan

ekwb.com

Semakincanggih dan semakin tingi performa komputer maka perangkat yang digunaanya juga kan memerlukan banyak perawatan. Komputer komputer degan performa tinggi dan penggunaan yang berat akan menghasilkan pendinginan ekstra. mendinginkan perangkat hany menggunakan fan dan heatsink tidak akan cukup untuk mengurangi panas yang berlebih.

Maka sekarang ada perangkat pendingin tambahan, yaitu pendigin berbasis cairan. pendinginan ini akan lebih efektif dari pada menggunakan fan dan heatsink saja.

Pendinginan yag dilakukan menggabungkn 3 perangkat yaitu pendingincairan itu sendiri, fan, dan heatsink Komputer komputer tertentu akan membutuhkan pedinginan lebih terutama komputer dengan kebutuhan editing atau gaming.

9. Perangkat Keras Komputer – Power Supply

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Power supply

avnet.com

Power supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyuplai listrik kekomputer. Apabila processor disebut dengan otak komputer, maka powersupply disebut dengan jantung komputer. Tugasnya adalah mengalirkan listrik ke setiap perangkat yang terbhubung dega komputer. Harddisk, USB, Motherboard danlain sebagainya.

Banyak kasus PC aatau personal computer seseorang rusak dikarnakan pemilihan pwersupply yang tidak sesuai. Pemilihan powersupply ini harus disesuaikan dengan konsumsi daya pada perangkat perangkat yang ada. dengan adanya suplai listrik yang stabil akan mejaga performa omputer tetap baik.

10. Perangkat Keras Komputer – Chasing

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Chasing

gamersnexus.net

Sesuai denga namanya, fungsi chasing adalah sebagai wadah yang membungkusn motherboard besama perangkat perangkat lainnya. Tanpa adanya chasing koputer akan tampak seperti kumulan PCB dengan kabel kabel aneh. selainitu Chasing jugga memiliki tombol power yang akan meghidupkan komputer dan USB port.

11. Perangkat Keras Komputer – Monitor

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Monitor

buysnip.com

Monitor adalh perangkat keras komputer yang yang digologkan dalam katergori output devie, artinya perangkat yang berfungsi mewujudkan data yang telah diproses. Monitor berfungsi sebagai perangkat yang menampilakan user interface komputer.

Ada beberapa jenis monitor tapi yang aling sering digunakan sekarang adalh LCD dan LED. Monitor juga akan memberi pengaruh ynag cukup signifikan terhadap kualitas grafis yang ditayangkan. Kepadatan pixel monitor juga akan berdampak pada ketajaman gambar yang dihasilkan.

12. Perangkat Keras Komputer – Mouse

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Mouse

currys.co.uk

Perangkat keras komputer berkutnya adalah mouse. Mouse adalah perangkat input yang berfungs menggerakkan kursor pada layar. Dengan adanya mouse maka akan mempermudah pengguna dalam menjalankan aplikasi bebasis GUI (Grafic User Interface). Ada beberapa jenis mouse dengan jack kabel yang berbeda beda.

Namun mouse sekarang yang paling sering digunakan adalah Mouse dengan kabel port USB dan PS2, ada juga mouse wireless. Seiring ramainya para pemain game, produsen mouse sekarang mulai berlomba lombamemproduksi mouse gaming untuk memenuhi kebutuhan mereka. mouse ini memiliki beberapa fitur seperti mengubah kecepatan kursor secara instan.

Mouse ditemukan oleh Douglas Egelbart degan menggunakan kayu dan memiliki satu tombol. selanjutnya pada tahun 1970 dilakukan pengembangan produk terus menerus hingga saat ini.

13. Hardware Komputer – Keyboard

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Keyboard

amazon.in

Sebuah komputer tidak akan bisa dioperasikan tanpa perangkat keras satu ini. Keyboard adalah perangkat input yang wajib ada untuk mengoperasikan komputer. perangkat ini terdiri dari kumpulan huruf dan angka.

Ada beberapa jenis keyboar dengan susunan huruf yang berbeda seperti QWERTY, DVORAK, dan KLOKCKENBERG. dari sekian keyboad yang ada yang paling sering digunakan dan menjadi stadar iternasional adalah QWERTY.

Sama halnya dengan muse, dengan tingginya minak masyarakat terhadap game, produsen keyboard beromba lomba mengembangan keyboard dengan fitur fiur tambahan seperti shortcut.

14. Perangkat Keras Komputer – Keypad

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Keypad

benchmarkreviews.com

Keypad adalah perangkat yang cara kerjanya hampir seperti keyboard. ynag membedakan adalah keypad dirancang lebih praktis untuk digunakan, karena hanya tombol tombol tertentu saja yang disediakan. Keypad dirancang untuk kepraktisan penggunanya atau sebagai tombol tambahan yang tidak tersedia di keyboard.

Keypad yang sering ada dipasaran adalah numberic keypad. Keypad jenis ini adalh Numpad yang terpisah dari keyboard. biasa digunakan pada laptop yang tidak memiliki numpad, atau digunakan dikasir untuk mempermudah dalam enginput angka angka. ada juga keypad untuk keperluan gaming.

Numpad jenis ini sangat brbeda dari numerik keypad. susunan tombol dan desain lebih kompleks untuk mempermudah control pada videogame. Disaiinnya unik dan memiliki tombol tombol tambahan.

15. Modem

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Modem

wikihow.com

Berbeda dengan LAN Card Adapter, Modem adalah perangkat keras komputer yang memberi akses internet kepada komputer. Paket Internet yang di dapat dari modem nantinya akkan dteruskan melalui sinyal Wifi atau melalui kabel LAN yang diterima olen LAN Card. Dengan adanya Modem, seuah komputer akan lebih fungsional karena memiliki akses internet

16. USB Modem

Perangkat Keras Komputer, Hardware, USB MODEM

jakartanotebook.com

Hampir sm dengaan Modem, USB Modem merupakan perangkat yang memberikan akses internet kepada komputer melalui port USB dan menggunakan SIM Card sebagai media penghubung ke internet. USB modem tidak menggunakan kabel LAN atau Fiber Optic sebagai media pengirim paket data.

17. Printer

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Printer

store.hp.com

Printer adalah perangkat output komputer yang berfungsi sebagai pencetak dokumen. File atau dokumen yang berbentuk data digital di cetak menggunakan printer sehingga dokumen tersebut berwujud nyata. Printer tidak hanya digunakan oleh percetakan ataupun kantor, namun juga digunakan oleh perorangan. Ada beberapa jenis printer yang ada di pasaran seperti printer laser atau toner, printer tinta, printer dot matrix, dan lan sebagainya.

18. Speaker

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Speaker

techspot.com

Speaker adalah perangkat Output berikutnya. Perangkat keras komputer ini berfungsi sebagai alat yang mengeluarkan data audio digital menjadi dapat didengarkaan. perangkat ini digunakn tidak hanya sebagai alat hiburan mendengarkan musik, bermain game, maupu menonton film, namun juga digunakan dalam presentasi. Tanpa perangkt audio satu ini komputer tidk akan dapat mengelurkan suara.

19. Webcam

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Web Camera

dhresource.com

Di era informaasi ini, banyak perangkat yang diproduksi sebagai pendukung komunikasi. Salah satuna adalh webcam. Perangkat keras komputer ini berfungsi sebagai kamera eksternal komputer. Fungsi utaman adah sebagai perekam wajah saat sedang melakukan videocall. Namun banyak juga orang yang menggunakan webcam sebagai alat pengamil gambar, atau melakukan rekaman video.

20. Joystick

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Joystick

dhresource.com

Para gammer tentuya sudah pahm fungsi dri joystick. Alat ini dibut sebagai alat tambahan untuk keperluan hiburan semata. para pemain game menggunakan joystick agar controling dalam memainkan game lebh mudah. ada banak model joystick dipasaran sekarang ini. Seperti joystik Playstation, Xbox, atau joystick berbentuk senapan, setir mobil, dan lain seagainya. Joystick di gunakan para gammer karena tombol tomol yang mudah untuk di jangkau yang akan mempermudah permainan.

21. Headphone

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Headphone

dixons.com

Selain Speaker ad perangkat lain yang berguna sebagai perangkat keras output yang mengeluarkan suara hasil dari file audio dijital. Perangkaat ini dinamakan Heaadphone. dibandng dengaan speaker headphone memilii beberpa kelebihan, seperti suara yang dihasilkan lebih ditail, memiliki efek suara yang lebihnyta, efek suara surround, tidak mengganggu orang lain, dalam beberapa versi ada yang include dengan micropone sehingga lebi praktis dan memudahkan ketika harus menelpone seseorang melalui komputer.

22. MIcrophone

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Microphone

imimg.com

Alat bantu komunikasi berikutnya aadalah microphone. Sekrang microphone dapat integrasikan dengaan laptop. dengan adanya microphone eksternal, kulaitas suara atau rekaman yang dihasilkan bisa jauh lebih baik dibanding microphone bawaan seperti yang ada pada laptop. Kegunaan microphone pada sebuah komputer adalah sebagai pelengkap Hedphone (tanpa microphone) untuk melakukan panggilaan melalui komputer. Selain itu juga bannyak orang yang melakukan rekaaman suara yang tersambung langsung ke komputer.

23. CD/DVD ROM

Perangkat Keras Komputer, Hardware,

plentymarkets.com

Perengkat keras berikutnya yang harus dimiliki adalah CD ROM. Sesuai dengn namanya CD ROM berfungsi sebagai reader kepingan CD. pada perkembnagannya CD ROM yang hannya bisa membaca kepingan CD ang memiliki kapasitas 700 MB, dpat membaca kepingan DVD yang berukurang hingga 4 GB. Tidak hanya itu perangkat yang semulaa hanya dapat membaca kepingan penyimpanan data ini sekarang dapat digunakan sebagi alat penyimpan data. Kemajuan teknologi menjadikan CD ROM sekarang memiliki fungsi Hybrid.

24. Harddisk

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Harddisk

wikimedia.org

Harddis adalh salah satu perangkt yang paling penting yang wajib dimiliki setip pengguna komputer. Harddisk berfungsi seagai perangkat keras penyimpanan data, tanp adanya Harddisk komputer tidak akan bisa berjalan sesuai fungsinya. Pengguna tidak bisa mengoperasikan sistem operasi dan menyimpan datanya.

25. Harddisk Eksternal

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Harddisk Eksternal

flixcart.com

Harddisk terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan metod penggunaannya. Ada harddisk internal yang biasa berada di dalam komputer daan harddisk eksternal yang berada diluar komputer. Harddisk Eksternal digunakan sebagai pengganti Flash Drive atau yang sering disebut dengn Flashdisk. Harddisk eksternal menjadi pilihan penimpanan data karena memiliki kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang mencapai ribuan giga byte. Tidak jarang penggunaan harddisk Eksternal ini sebagai Backup file agar aaman dari virus virus komputer yang semakin marak.

26. UPS

Perangkat Keras Komputer, Hardware, UPS

bhphotovideo.com

UPS atau Uninterupted Power Supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik sekaligus media penyimpanan tegangan listrik. Listrik yang diambil dari sumber sumber listrik utama disimpan di batrai yang berada pada UPS lalu distabilan dan diteruskan ke komputer. ketika sumerlistrik utam terputus, UPS berfungsi sebagai penyedia listrik cadangan seketika. Seingga data sempat tersimpan sebelum komputer benar benar mati.

27. Scanner

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Scanner

pcmag.com

Scanner adah sebuah perangkat yang memilii fungsi berkebalikan dengan printer. Apabila printer merubah dokumen digital menjadi dokumen yang asli, scanner berfungsi menjadikan dokumen asli menjadi dokumen digital yang dpat disimpan dikomputer. Biasanya untuk menyimpan dokumen dengn tandatangan dan materai, atu mengambil halam dari sebuah buku.

28. Perangkat Keras Komputer – Projector

Perangkat Keras Komputer, Hardware, Projector

bhphotovideo.com

Dala mempresentasikan sesuatu umumnya dibutuhkan display yang mampu menampilakan apa yang dipresentasikan. Salah satu perangkat yang membantu dalam proses presentasi adalah Projector.

Perangkat ini berfungsi sebagai layar kedua yang memiliki ukuran lebih besar. Projector menembakkan cahaya terang yang akan menampilkan apa yang ada di monitor. Perangkat ini mirip dengan monitor hanay saja memiliki cara menampilak gambar yang berbeda. Projector dapat disambungkan dengan komputer menggunakan kabel VGA atau kabel HDMI.

29. Perangkat Keras Komputer Penyimpan Data-  SSD

samsung.com

Solid State Drive atau biasa disebut degan adalah perangkat keras komputer penyimpan data pengganti Harddisk. SSD memiliki keunggulann dibidang keceptan dibanding dengan HDD. Umumnya SSD menggunakan flash memory yang prinsipnya hampir sama dengan Flasdrive.

Koponen yang digunaka aalah flash memory berbasis NAND yang meruapakan jenis memori Non-Volatile. Sederhananya, Non-Volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan.

Ini merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen seperti halnnya USB Flash drive. dengan begitu penyimpanan dan pemrosesan data akan berlangsung jauh lebih cepat dibanding HDD. Namun kekuranga dari SSD adalah harganya yang sangat mahal dan kapasitas yang tidak besar sehingga SSD biasa digunakan untuk File System saja,

30. Perangkat Keras Komputer – Card Reader

amazon.com

Card Reader adalah perangkat keras komputer tambahan yang tidak harus dimiliki setiap komputer ataupun PC. Namun perangkat ini akan sangat membantu aktifitas transfer data para pengguna PC. Fungsi Card reader adalah sebagai alat bantu untuk melakukan transfer data menggunakan memory card.

Penggunaan memory card pada berbagai macam device menjadikan para pengguna PC maupun laptop membutuhkan Card reader sebagai alat batu transfer data yang lebih cepat. Walapaun transfer data melalui USB atau Card reader sngat berpotensi terserang berbagi macam virus komputer. Tranfer data menggunakan card reader sngt membantu dalam beberapa kondisi.

Para pengguna smart phone atau kamera bisa saja melakukan transfer file melalui kabel data, namun kecepatan yang ditawarkan biasanya akan lebih lambat. Bahkan terkadang memerlukan instal driver terlebih dahulu.

Leave a Reply