Makna Dibalik 15+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Pertanyaan Interview Kerja – Interview merupakan salah satu tahap yang mendebarkan. Tidak haya bagi fresh graduate , bahkan seorang yang sebelumnya sudah pernah bekerja terkadang masih kesulitan dalam menjawab berbagai macam pertanyaan yang diajukan. Pelamar mendapat panggilan Interview setelah HRD membaca dan merasa terkesan dengan CV yang menarik. Tidak jarang mereka yang dipanggil adalah yang CV-nya berbahasa inggris.  Mereka megirim CV dan surat lamaran  melalui Email dan ada juga yang secara langsung.

Setelah mereka terseleksi, mereka mendpt panggilan tes psikologi dan Interview. Interview Kerja merupakan satu dari sekian proses yang harus dilewati para calon pekerja.

Pada sesi ini tim HRD akan mencari informasi mendalam mengenai diri anda. Sikap anda, penampilan, sopan santun, cara menjawab pertnyaan akan menjadi pertimbangan perusahaan sebelum memperkerjakan anda. Interview sekrang tidak hanya berahasa Indonesia, di beberapa perusahaan menerapkan interview berbahsa Inggris.

Sebelum anda menjawab pertanyaan interview kerja, anda perlu melakukan persiapan sebelmunnya. Salah satu persiapan terbaik sebelum mengikuti tes interview adalal dengan memahami terlebih dahulu apa maksut dari pertanyaan tersebut. Informasi apa yang sebenarnya dicari oleh para tim HRD. Tidak hanya memahami pertanyaannya saja namun juga mengetahui jawaban terbaik apa yang bisa anda lontarkan kepada tim HRD pada saat itu.

Memberikan jawaban saat inerview tidak selalu semudah yang dibayangkan. Jebakan jebakan sudah berteman dekat dengan pertanyaan pertanyaan yang akan diajukan. Maka dari itu tugas anda adalah mempersiapkan jawaban terbaik anda dan memahami apa yang diharapkan perusahaan dari jawaban anda.

Maka dari itu Simaklah 15+ pertanyaan pertanyaan interview kerja yang biasa diajukan perusahaan bagi calon pekerja baru maupun yang berpengalman.

Pertanyaan Interview Kerja

1. Ceritakan Diri Anda!

perkenalan, pertanyaan interview kerja

Unsplash.com

Jika anda diberi pertanyaan mengenai siapa anda atau jelaskan diri anda, jawaban seperti apakah yang harus disampaikan? Haruskan menjawab dengan perfek atau jawa seadanya? Jawaban  positif seperti apa yang mereka inginkan?

Berhati hatilah dalam menjawab, ketika tim HRD menanyakan hal seperti itu, tujuan mereka adalah mengetahui karakter anda sebernanya. Karakter pekerja akan menjadi pertimbangan utama, apakah karakter calon pekerja sesuai dengan devisi tempat ia mendaftar, apakah karaktertersebut cocok bagi pekerjaan tersebut?

Jawablah pertanyaan tersebut dengan menyapaikan 3 kata yang mewakili diri anda. Semisal pekerja keras, antusias, loyal, mudah bekerjasama, jujur,mudah membaur, dan lain sebagainya. Pastikan karakter tersebut tidak anda buat buat, jujur saja. namun sampaikan yang sekiranya sesuai dengan posisi yang anda akan masuki. Berilah kesan yang baik ketika menyampaikan sehingga menunjukan anda adalah pekerja yang berkarakter kuat.

2. Kelebihan Apa yang Anda Miliki?

Pertanyaan interview kerja tersebut adalah pertanyaan yang sangat sering di lontarkan oleh pewawancara kepada setiap calo karyawannya. dalam pertanyaan ini perusahan menginginkan kemampuan kita dalam menilai diri dan mengetahui apakah kelebihan anda memang sesuai dengan posisi yang ditawarkan atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu cukuplah anda menajadi jujur pada diri anda dan sampaikan kelebihan anda yang sekiranya dibutuhkan di posisi tersebut. Jangan berlebihan ketika menyampaika kelebihan anda dan jangan terlalu memaksaakan kelebihan yang tidak anda miliki. Orang HRD akan mengetahui apabila anda mengada ngada jawaban. Akan semakin baik ketika anda menyapikannya disertai aplikasi dalam kehidupan anda.

Hal yang perlu diingat dalam interview kerja adalah, jangan sampai anda menyampaika sesautu yang tidak dibutuhkan perusahaan atau tidak ada hubungan dengan pekerjaan tersebut.  Semisal “suka berkomunikasi dengan orang asing” ketika anda melamar sebagai devisi marketing.

3. Kekurangan Apa Saja yang Anda Miliki?

Pertanyaan Interview Kerja, Wawancara kerja

Pexel.com

Tidak jauh berbeda dari pertanyaan sebelumnya. Pertanyaan interview kerja seperti ini sudah sangat sering dilontarkan pada sesi interview. tujuannya adalah mengenal anda lebih jauh dan memastiakan karakter anda bisa diterima disperusahaan tersebut.

Tujuan dari pertanyaan interview tersebut adalah untuk menguji seberapa jujur anda. Tidak mungkin seseorang terlafir tanpa ada kekurangan, maka sampaikanlah kekurangan anda dengan jujur namun seperlunya saja. Sampaikan pula apa usaha anda dalam mengatasi kekurangan tersebut. Semisal

“Saya lemah dalam public speaking, namun dengan menyadari kelemahan saya ini saya sering berkumpul dengan banyak orang untuk melatih diri saya”

Anda juga dapat menjawab dengan memutar kekurangan anda menjadi suatu kelebihan. semisal

“salah satu kekurangan saya tidak suka bertanya sebelum mencoba.  Hal ini menjadikan progres saya sedikit lebih lama dari yang lain. Namun dengan kekurangan ini saya dapat memahami sesuatu lebih dari teman teman saya dan saya dapat mengandalkan diri saya apa bila tidak ada seorang pun yang dapat diandalkan”

4. Mengapa Kami Harus Menerima Anda?

Pertanyaan interview kerja yang satu ini adalah sebuah kesempatan bagi anda untuk menunjuka anda memang layak bekerja di perusahaan tersebut. jawablah pertanyaan tersebut degan menjelaskan apa yang bisa anda lakukan di perusahaan tersebut, dan kontribusi apa yang bisa anda berikan. Perlu anda ingat dalammenjawab pertanyaan ini, jangan terkesan memohon kepada perusahaan untuk menerima anda.

5. Mengapa Anda Berhenti Dari Pekerjaan Anda Sebelumnya?

Apa bila anda sudah pernah bekerja sebelumnya sudah hampir bisa dipastikan anda akan menerima pertayaanya interview kerja seperti di atas. Alasan seseorang keluar dari pekerjaannya dapat menggambarkan karakter seseorang dan orintasinya pada suatu pekerjaan.

Jawablah pertanyaan ini tanpa menyebutkan konflik yang terjadi diperusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Tidak ada gunanya mengumbar sesatu yang negatif dalam menjawab pertanyaan interview kerja. Tebarlah jawaban yang posistif dan sekiranya membuat anda diterima diperusahaan yang sedang anda lamar. Jawablah dengan menyampaikan keinginan anda untuk berkembang di perusahaan tersebut atau tentang fokus minat bakat anda.

Apa bila anda berhenti karena di PHK tidak ada salahnya anda mengatakannya. Ceritakan alasan posistif perusahan yang sebelumnya ketika me-PHK anda.

6. Apa Rencana Jangka Panjang Anda Kedepan?

Chart, grafik

Pertanya tersebut memiliki maksut untuk mengetahui berapa lama anda akan bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai perusahaan tentu mereka tidak mau mempekerjakan seorang “kutu loncat”. Tidak hanya itu, perusahaan juga mencari seorang pekerja yang memiliki ambisi untuk berkembaang. Jadi berhati hatilah dalam menjawab setiap pertanyaan interview kerja.

Jawablah pertanyaan interview kerja ini dengan menguraikan tujuan dan rencana jagka panjang karir anda di perusahaan. Pikirkanlah jawaban anda dengan maatang, Persiapkan sebelum wawancara agar tidak terkensa menjawab seadanya. Pikirkanlah sekiranya kemana karir anda kan bergerak di perusahaan tersebut. Jujurlah dan jangan mengada ada dalam menjawab.

7. Apakah Anda Berencana Menikah Dalam Waktu Dekat?

Ada beberapa pertanyaan interview kerja yang belum tentu berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Contohnya pertanyaan satu ini belum tentu berhubungan dengan pekerjaan. Terkadang tim HRD hanya berbasa basi dengan anda untuk sekedar mencairkan suasana.

Tidak hanya topik pernikaha terkadang hal hal yang berhunbungan dengan masalah pribadi seperti keluarga, agama, pengalaman berlibur, dan lain sebagainya, terkadang tidak berarti apa apa. Jawablah pertanyaan ini degan santai, sekali lagi jujur saja ketika menjawa suatu pertanyaan tanpa perlu melebih lebihkannya.

8. Konflik Apa yang Pernah Anda Hadapi di Tempat Anda Bekerja?

Setiap orang pasti pernah mengalami suatu konflik. Tidak terkecuali anda dengan pekerjaan lama anda. Ada banyak cara orang menghadapi suatu konflik, bahkan ada juga yang lari dari konflik yang dihadapi. pertanyaan interview kerja satu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anda menghadapi suatu konflik.

Apakah anda mampu mengatasi konflik dengan profresional atau malah anda lari dari konflik tersebut. Banyak orang yang mampu mengisi di posisi yang anda lamar, namun tidak semua orang mampu bekerja denga profesional ketika menghadapi suatu konflik.

Jawablah pertanyaan ini dengan meyakinkan pewawancara bahwa anda memang pekerja yang tetap profesional walau konflik menerpa anda dan yakinkan pula dengan kemampuan anda dalam menghadapi suatu konflik hingga konflik tersebut mereda atau bahkan teratasi dengan keputusan anda.

9. Prestasi Apa yang Anda Raih Dalam Karir Anda?

wallpper bekerja, work

Setiap Perusahaan tentu menginginkan karyawan terbaik yang dapat mereka rekruit dan bekerja sama dengan mereka. Maka dari itu jika anda pernah bekerja sebelumnya wajar saja apabila perusahaan menanyakan prestasi apa yang pernag anda capai di perusahaan lama anda.

Jawablah pertanyaan interview kerja satu ini dengan menceritakan apa yang sudah anda lakukan di pekerjaan lama anda, konflik apa yang pernah anda selesaikan dan apa peran anda dalam di tempat kerja lama anda. Berikan contoh dan ceritakan prosesnya secara singkat. Yakinkan tim HRD bahwa anda memag layak dipertibangkan.

10. Apakah Anda Siap Bekerja Diluar Kota Dalam Waktu Lama?

Pertanyaan interview kerja yang menanyakan hal tersebut biasanya merupakan perusahan yag bergerak dibindang infrastruktur, pertambangan, retail, perminyakan dan perkerjaan pekerjaan lainyang menuntuk anda untuk bekrja diluar kota. Sebelum anda melamar suatu pekerjaan pastikan anda paham mengenai peluag anda bekerja di luar kota. Sehingga anda sudah menyiapkan jawaban “Ya”. pertanyaan semacam ini memang hanya menuntut satu jawaban saja. Apa bila anda tidak siap untuk dinas di luar kota, sudah dipastikan anda tidak akan mendapat peluang untuk bekerja di posisi tersebut.

11. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Tagihan, note, keuangan, wallpapper

Pexel.com

Menjawab pertanyaan satu ini memang tidak mudah. Pertanyaan yang sangat sensitif dan cukup fatal. jika anda menuntut lebih perusahaan akan merasa keberatan, jika terlalu rendah anda akan kesulitan, dan jika anda menyerahkan semua perhitungan ke perusahaan maka anda dianggap tidak dapat menentukan nilai anda sendiri. Maka dalam menjawab pertanyaan interview kerja ini harus dipikirkan dan disiapkan sebelum interview  secara matang.

Persiapkan jawaban anda dengan melakukan riset gaji terlebih dahulu di posisi pekerjaan yang sama. Selain itu berilah penjelasan mengenai resiko kerja, tingkat tanggung jawab, dan biaya hidup tempat anda bekerja yang akan anda pegang sehingga angka yang anda sebutkan memang layak dan relevan dengan keadaan saat itu.

Jika anda pernah bekerja sebelumnya maka jelaskan kemampuan anda dan bandingkan gaji yang ditawarkan di perusahaan anda saat itu. Satuhal lagi, buka lah diri anda untuk melakukan negosiasi dalam dengan tersebut.

12. Mengapa Anda Memilih Posisi Ini?

Rata rata alasan orang melamar pekerjaan dan berpindah pekerjaan adalah mengiginkan lingkungan kerja yang lebih baik, posisi, dan gaji. Namun berhati hatilah anda dalam menjawab pertanyaan ini. Jangan sampaikan hal hal yang berunbungan dengan ketidaknyamanan atau berhubungan dengan gaji. Jangan pula menyampaikan kejelekan perusahaan lain. Ingatlah selalu meberi jawaban positif mengenai keputusa anda..

Fokuslah menjawab pertanyaan dengan menyapaikan hal hal mengenai kontribusi anda di perusahaan tersebut, atau posisi yang ditawakan sesuai dengan minat bakat dan latar belakang pendidikan anda. Atau sampaikan hal hal psitif di perusahaan tersebut seperti manajemen produksi yang dirasa baik dan lain lain.

13. Apa Ada yang Mau Ditanyakan?

Pertanyaan macan ini biasa di sampaikan pada akhir sesi interview. Dengan menanyakan hal tersebut perusahaan ingin mencar tau seberapa antusias anda terhadap posisi di perusahaan yang anda lamar. Bila anda mendapt pertanyan seperti ini berikan lah bberapa pertanyaan mengenai perusahaan tempat anda melamar, terutama mengenai posisi yang anda lamar.

14. Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar!

Bekerja, Work, Wallpapper

Unsplash.com

Tujuan tim HRD menanyakan pertanyaan ini adalah mengetahui keseriusan anda dalam melamar diperusahaan tersebut. Tentunya perusahaan tidak ingin menerima karyawa yang sebenarnya tidk mengerti Job Description karena akan membutuhkan waktu pengenalan dan adaptasi lebih lama.

Oleh sebab itu, sebelum anda datang interview maka cobalah mencari tau apa job description mengenai posisi tersebut. Lakukan riset ke kawan kawan yang sudah bekerja atau mencari informasi melalui internet mengenaik pekerjaan tersebut.

15. Berpengalaman

Ketika ada perntanyaan mengenai pengalaman kerja anda atau profesi anda jangan lah terkecoh. Karena jawaban yang berlebihan atau cara penyampaian yang terlalu percaya diri bisa menjadi boomerang bagi anda. Jawablah pertanyaan interview kerja ini seadanya saja jangan terlalui berlebihan dan jangan terlalu percaya diri bahwa anda sangat berpengalaman di posisi tersebut.

jika pewawancara memuji keahlian dan pengalaman anda tetaplah rendah hati dan tidak membangga banggakan diri sendiri. Ucapkan pula terimakasih atas pujian yang telah diberikan. Watak karyawan yang keras dan sombong atau terlwat percaya diri karena pujian biasanya akan menyusahkan perusahaan dalam melakukan kerjasama.

16. Bagaimana Menurut Anda Mengenai Kerja Lembur?

Maksut perusahaan menanyaan pertanyaan seperti ini adalah untuk meguji komitmen anda dalam suatu pekerjaan. Banyak orang yang tidak menyukai kerja lembur. Tapi itulah sebuah tuntutan kerja. jika anda mendapatkan pertanyaan interview kerja seperti di atas, maka jawablah dengan propsional

Jawablah pertanyaan interview tersebut untuk membuktikan komitmenanda terhadap pekerjaan anda. Sampaikan keinginan anda dalammenyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab anda. Dan apa bila anda dituntut untuk bekerja lembur pastikan kerja lembu tersebut tidak berlebihan dan masih manusiawi.

17. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Sebelum seorang pelamar mengajukan lamran ke sebuah perusahaan, mereka haruslah mengerti dan paham mengenai  jenis perusahaan apa yang di lamar dan informasi informaasi lain dari perusahan tersebut.

Pertanyaan interview kerja semacam itu  diajukan oleh tim HRD dengan tujuan untuk mengetahui wawsan anda terhaadao perushaan tersebut. Seberapa tingkat pengenalan calon kaaryawan terhadap perusahaan tersebut. Apakah anda memamg siap mengisi posisi kososng di perusahaaan dan mampu menyesuaikan diri dengan vis misi perusahaan atau tidak.

Jawab pertanyaan ini dengan tetap fokus terhdap sisi positif perusahaan tersebut. Lupakan perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Jangan sampai membanding bndingkan perusahaan yang dilamar dengan perusahaan terdahulu.

Sampaikan keunggulan keunggulan perusahaan yang membuat anda begitu tertarik di perusahaan tersebut. Menapaikan hal tersebut bisa menjadi daya tark anda di mata tim HRD.

Leave a Reply