Sejarah Internet dan Perkembangannya Dari Tahun ke Tahun

Sejarah Internet-Internet adalah jaringan komunikasi yang mampu mengintegrasikan setiap device yang terhubung didunia. Sehingga mampu saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

Sekarang Internet menjadi kebutuhan pokok manusia untuk saling berkomunikasi. Masyarakat dunia memanfaatkan internet sebagai alat bantu berkomunikasi, bersenang senang, melakuka bisnis, saling bertukan informasi dan pengetahuan.

Populasi indonesia ini sekarang mencapai 262 juta orang, dan 72,41 persen diantaranya atau sekitar 143 juta orang adalah pengguana aktif internet. Setidaknya itulah data yang di sampaikan oleh Asosiasi penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau yang biasa disebut APJII.

Penggunaan internet di masyarakat indonesia maupun dunia sekarang sudah sangat masif. Pemanfaatan sudah lebih jauh, tidak hanya untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Walaupun demikian ada beberpa dampak negatif dari Internet seperti keamanan privasi, terkearna virus komputer, dan lain sebagainya.

Penggunaannya sekarang sudah sampai pemesanan makanan, transportasi umum, bisnis, meraup uang dan investasi sudah dilakukan masyarakat umum hingga tokoh – tokoh melalui internet.

 

pomona.edu

Internet telah merevolusi dunia komputer dan komunikasi tidak seperti sebelumnya. Penemuan telegraf, telepon, radio, dan komputer memberi pengaruh pada kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumya. Internet menjadi penyebaran informasi dunia, dan media untuk saling berinteraksi antara individu tanpa memperhatikan lokasi geografis.

Internet adalah salah satu contoh paling sukses dari investasi berkelanjutan pada penelitian dan pengembangan infrastruktur informasi. Dimulai dengan penelitian , pemerintah, industri, dan akademisi telah berperan aktif dalam mengembangkan dan penerapan teknologi baru yang menarik ini.

Internet yang merupakan singkata dari interconnection – network bekerja menggunakan berbagai media, mulai dari kabel, satelit, FO, Wifi, dll. semua dive yang terhubung dengan internet diatur dengan menggunakan identitas dalam protokol yang disebut TCP/IP. Dengan adanya TCP/IP,  masyarakat dunia dapat saling berkomunikasi satu denga lain sesuai dengan pengeertian internet menurut para ahli  .

Namun dengan kemajuan internet sekarang ini dan manfaat jaringan komputer yang bisa dinikmati masyarakat, sedikit yang peduli dengan sejarah internet. Dari mana internet ini berasal dan bagai mana perkembagannya hingga dapat dinikmati umat manusia didunia.

Setelah ini akan dibahas sejarah internet yang tidak banyak orang tau sehingga dapat mengedukasi kemajuan internet sekarang ini.

Sebelum Membahas Sejarah Internet

Sebelum membahas sejarah internet, alangkah baiknya untuk megetahui pendahlu internet. Sebelum munculnya internet telah ada beberapa sistem komunikasi digital jarak jauh, diataranya adalah telegraf dan teleks. Kosep komnikasi data pada saat itu adalah mentrasnmisikan data antara dua device yang berbeda melalui gelomang elektromagnetik.

Telegraf dan teleks sebagai pendahulu internet telah hadir apada abad ke 19. Cara kerja telegraf hampir sama dengan medai komunikasi pada saat itu seperti radio. Teknologi ini ada sebelum komputer moderen hadir di masyarakat. Kekurangan dari telegraf ini adalah kemampuannya yang hanya mampu menghubungkan dua device saja.

Berlandaskan tekologi informasi satu ini, pada abad ke 20 beberapa ilmuan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley mulai mengembagakan berbagai macam transmisi data beserta teorinya. sehingga jangkauan telegraf semakin luas dan semakin mempercepat komunikasi saat itu.

Namun ada keterbatasan yang sangat menghambat yaitu cara kerja telegraf yang hanya mampu mengubungkan dua device sehingga komunikasi kurang efektif dan lambat.

Komputer komputer pendahulu telah hadi dengan unit pemroses data dan terminal jarak jauh. Seiring perkembangan teknologi memaksa ilmuan untuk merancang sistem baru agar dapat berkomunikasi dengan jarak yang lebih jauh atau dengan kecepatan yang lebih baik. Bahkan teknologi pada saat itu sudah mampu untuk bertukar data.

Namun sistem yang masih menggunakan point-to-pont memiliki kekurangn dari sisi keamanan terutama pada saat peperangan dikarenakan perangkat yang terhubung dapat terputus kapan saja.

Sejarah Internet – DARPA dan Awal Mula ARPANET

colocationamerica.com

Dilansir dari wikipedia, Advanced Research Project Agency Network atau biasa disebut ARPANET adalah jaringan komputer yang dibuat oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi awal mula  sejarah Internet yang ada sekarang.

Man-Computer Symbiosis 1960

ARPANET, Internet

gsma.com

Pada tahun 1960, J. C. R. Licklider memperkenalkan istilah “Man-Computer Symbiosis” (Simbiosis Komputer-Manusia) dalam karya ilmiahnya. Istilah tersebut di definisikan sebagai

“jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain melalui pita komunikasi lebar yang berfungsi sebagai perpustakaan, dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan pencarian informasi.”

Dua tahun setelahnya, Lickdiler bersama seorang Welden Clark juga menerbitkan karya tulis ilmiah lainnya yang berjudul “On-Line Man-Computer Communication” (Komunikasi Manusia-Mesin Dalam-Jaringan). Dalam karya tersebut, ia menjelaskan tentang bagaimana masa depan kehidupan manusia berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung.

J.C.R. Licklider of MIT pada Agustus 1962 mendiskusikan konsep “Galactic Network” miliknya. Dia membayangkan satu set komputer yang saling terhubung secara global di mana setiap orang dapat dengan cepat mengakses data dan program dari situs mana pun. Sebuah konsepnya sangat mirip dengan fenomena Internet saat ini.

Licklider adalah peimpin pertama dari program penelitian komputer di DARPA yang dimulai pada 4 oktober 1962. Ketika dia meminpin DARPA dia membagi pengetahuan dan meyakinkan penerusnya disana yaitu Ivan Sutherland, Bob Taylor, and MIT researcher Lawrence G. Roberts, of the importance of this networking concept.

Leonard Kleinrock di MIT sebelumnya telah menerbitkan makalah pertama tentang teori packet switching pada bulan Juli 1961 dan buku pertamanya diterbitkan pada tahun 1964. Kleinrock meyakinkan Roberts tentang teori komunikasi menggunakan paket pada sebuah sirkuit, yang merupakan sebuah lagkah penting dalam perkembanga Computer Networking.

Langkah besar selanjutya adalah menghubugkan komputer agar dapat saling berkomunkasi. Untuk mengeksplorasi hal ini, pada tahun 1965 Roberts bersama Thomas Merrill menghubungkan komputer TX-2 dalam Mass. Ke Q-32 di California dengan saluran telepon dial-up berkecepatan rendah yang menciptakan jaringan komputer luas pertama yang pernah ada.

Hasil dari ekperimen ini adalah menyadari bahwa time-shared computers dapat bekerja dengan baik. Mereka dapat menjalakan program dan bertukar data yang diperlukan melaluli kendali jarak jauh. namun penggunaan telephone pada saat itu tidak efektif dan tidak akan memadai dengan kebutuhan informasi yang begitu tinggi.

ARPANET 1966

Pada akhi tahun 1966 Robert mengembangkan konsep komputer jaringan beserta rencananya dalam merancang sistem yang bernama “ARPANET” yang berikutya dipublikasikan pada tahun 1967. ARPANET inilah yang mejadi permulaan dalam perkembangan dan sejarah internet.

Bersamaan dengan sebuah koferens dimana karya tulis miik Robert tersebut dipresentasikan, ada sebua karya tulis yang membahas sebuah konsep jaringan

Konsep ini berasal dari NPL Inggris dan ditulis oleh Donald Davies bersama Roger Scantlebury. Scantlebury memberi tahu Roberts tentang pekerjaan NPL dan juga tentang Paul Baran beserta timnya di RAND

Paul Baran dan RAND menerbitkan sebuah penelitian mengenai sistem jaringan untuk militer Amerika Serikat. Sistem ini dirancang untuk dapat bertahan seandainya terjadi perang nuklir. Dengan sistem ini, informasi yang melintas dibagi-bagi dalam bentuk yang lebih kecil, yang disebut sebagai message-block (blok pesan).

Pada saat itu diketahui telah terjadi penelitian di MIT (1961-1967), di RAND (1962-1965), dan di NPL (1964-1967) semua penelitian tersebut terjadi berurutan tanpa disengaja oleh para peneliti. Kata “paket” diadopsi dari pekerjaan di yang lilaksaakan di NPL.

Pada saat itu rancangan kecepatan yang diusulkan untuk ARPANET dengan kecepata 2.4 kbps dinaikan menjadi 5.0 kbps.

Tahun 1968, Robert beserta tim yang didanai oleh DARPA telah menyelesaikan konsep yang akan diterapkan untuk ARPANET dan membangun tim bersama Bolt Beranek and Newman (BBN) untuk mengerjaka kmponen utama dari ARPANET.

Sejarah Internet – Wide Arean Network 1969

Network, Internet

Pixabay

Dikarenakan pengembangan packet switching yang telah dikembangkan Kleinrock sebelumnya, Pusat Pengkuran Jaringan miliknya di UCLA dipilih sebagai komputer titik pertama dalam penerapan ARPANET bersamaan dengan pemasangan Interface Message Processors (IMP) di UCLA.

Sedangkan proyek Doug Engelbart tentang “Augmentation of Human Intellect” (yang termasuk sistem hiperteks awal) di Stanford Research Institute (SRI) menjadi komputer titik kedua.

Sebulan kemudian ketika SRI sudah terkoneksi dengan ARPANET, sebuah pesan pertama berhasil dikirimkan oleh laboratorium Kleinrock ke SRI.

“We set up a telephone connection between us and the guys at SRI …”, Kleinrock … said in an interview: “We typed the L and we asked on the phone,

“Do you see the L?”
“Yes, we see the L,” came the response.
We typed the O, and we asked, “Do you see the O.”
“Yes, we see the O.”
Then we typed the G, and the system crashed …

Yet a revolution had begun”

by en.wikipedia.org

Setelah itu perangkat baru di koneksikan dalam jarigan ini komputer ke tiga dan ke empat yang terletak di UC Santa Barbara dan Univaeristas Utah pada tahun 1969. Kedua komputer baru tersebut menggabungkan proyek aplikasi visual dalam royek ini.

Pada akhir tahun 1969 ini sudah ada 4 komputer yang terkoneksi dengan ARPANET. Saat itu lah WAN atau Wide Area Network  terbentuk.

Pada bulan Desember 1970, Network Working Group (NWG) yang bekerja di bawah S. Crocker berhasil menyelesaikan protokol Host-to-Host ARPANET pertama, yang disebut Network Control Protocol (NCP). Ketika situs ARPANET selesai menerapkan NCP selama periode 1971-1972, pengguna jaringan komputer akhirnya bisa mulai mengembangkan aplikasi.

Berptepatan dengan bualn oktober 1972. Kahn berhasil dengan sukses mendemonstrasikan ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini adalah sebuah demonstrasi pertama yang diketahui publik mengenai sebuah teknologi komunikasi baru. pada tahu 1972 juga .

Pada tahun 1972 juga sebuah aplikasi fenomenal di perkenalkan yaitu Electric Mail atau bisa dikenal dengan E-Mail. sebuah aplikasi surat menyurat yang jauh lebih cepat degan jangkauan lebih luas. Ini merupakan awal dari kegiatan penggunaan internet yang dikenal sekarang. Dengan kemaajuan ini akan banyak maanfat jaringaan komputer yang akan di dapat.

Sejarah Internet – Menggabungka Jaringan dan Terbentuknya Internet

walppper Komputer, Computer,

unsplash.com

Selama pembentukan dan pematangan ARPNET oleh Kahn, diberbagai belahan dunia juga sendang meneliti konsep sebuah jaringan dengan meggunakan berbagai metode yang berdeda.

Dengan banyaknya metode yang berbeda tersebut, di butuhkan sesuatu yang daat menyatukan itu semua. Tahun 1973 Kahn dan DARPA merekrut Vinton Cerf yang berasal dari UNiversitas Stanford untuk bergabung dengannya dalam menyelesaikan permasalah tersebut.

Pada tahun 1974 mereka berhasil mengbhubungkan komputer lain di luar Amerika. Vinton beserta timnya telah berhasil mennghbungkan APANET dengan CYCLADES sebuah jaringan yang berasal dari Perancis menggunakan Inter Networking yang selanjutnya dikenal dengan Internet.

Sejarah Transformasi APANET Menjadi NFSNET

Sejarah Internet, History of Internet

acronymsandslang.com

Sekitar Tahun 1980 ARPANET mulai digunakan dibanyak instansi. ARPANET mejadi semakin luas jangkauanya bahkan seperti Instansi Pertahananpun mulai meggunaknanya.

Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.

Diakrenakan telah banyakanya orang yang terhubung dengan jaringan internet. Maka, muncullah layanan BITNET (Because It’s Time Network) yang menyediakan layanan email, FTP dan mailing list.

Dengan ditemukannya TCP/IP di tahun tahun sebelumnya, pada tahun 1980 ada tiga instansi yang pertama mengembagakan Wide Area Network Yyang berbasis TCP/IP. tiga INtansi tersebut adalah NASA,Nasional Since Foundation (NSF), danDepartement of Energy (DOE). NASA Mengembangkn NASA Since Network, NSF mengembangkan CSNET, DOE menngembangkan ESNET.

Pada tahun 1981 NSF mendukung pengembangan CSNET. CSNET terhubung dengan ARPANET menggunakan TCP / IP, dan menjalankan TCP / IP. Pada tahun 1986, NSF menciptakan NSFNET, sebuah Back Bone dengan kecepatan 56 kbps untuk mendukung pusat super komputasi yang disponsori NSF.

NSFNET juga memberikan dukungan untuk pembuatan jaringan penelitian dan pendidikan regional di Amerika Serikat untuk koneksi jaringan komputer kampus dan kampus ke jaringan regional. Pada tahun tahun selanjutnya keceatan tersebut akan ditambahkan seiring meningkatnya pengguna NFSNET pada sat itu.

 Perkembangan Internet TCP/IP GOES TO GLOBAL

world Wallpapper, Internet Sejarah Internet

Unsplas.com

Setelah berbagaimacam penelitian yang telah dilakukan, TCP/IP mulai dikenal duinia. Tidak ingin tertinggl dalam hal tekonologi dan informsi, negara negara berlomba loba dalam dalam menerapkan TCP/IP gara dapat merasakan manfaat Internet.

Eropa

Antara tahun 1984 dan 1988 TCP/IP mulai dioperasikan dan diinstalasi oleh Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir atau yang biasa dosebut dengan CERN untuk menghubungkan sistem komputer utama , Workstation, Personal Computer dan sistem kontrol akselerator.

Dikarenakan banykanya perlawanan dalam penerapan TCP/IP yang lebih luas  di Eropa,  TCP/IP Intranet CERN tetap terisolasi dari Internet hingga tahun 1989.  Sehingga menyebabkan  CERN terus  mengoperasikan sebuah sistem terbatas yang dikembanagkan secara manual yang disebut CERNET secar internal dan beberapa protokol yang belum kompatibel secara eksternal.

Australia

Pada saat yang bersamaan dengan berkembangnya Internet di Eropa, jaringan ad hoc ke ARPA dan  jaringa di antara universitas – universitas di  Australia telah terbentuk dengan didasari teknologi seperti X.25 dan UUCPNET.  Pada tahun 1989, universitas-universitas. Pada Tahun 1989 Universitas universitas Autralia bergabung dan saling terkoneksi dengan  menggunakan IP sebagai protokol yang menyatukan infrasetruktur jaringan mereka

Pada saat yang sama dengan munculnya internetworking di Eropa, jaringan ad hoc ke ARPA dan di antara universitas Australia terbentuk, berdasarkan berbagai teknologi seperti X.25 dan UUCPNet. Ini terbatas dalam hubungan mereka dengan jaringan global, karena biaya membuat sambungan UUCP internasional individu atau koneksi X.25.

Pada tahun 1989, universitas-universitas Australia bergabung dengan dorongan untuk menggunakan protokol IP untuk menyatukan infrastruktur jaringan mereka.

Akhirnya pada tahun 1989 Australian Academic and Research Network  atau disingkat AARNet berhasil dibentuk dibentuk  oleh Komite Wakil Rektor Australia dan menyediakan jaringan berbasis IP khusus untuk Australia.

Asia

Internet mulai menembus Asia pada 1980-an. Pada bulan Mei 1982, Korea Selatan menjadi negara kedua yang berhasil membuat jaringan TCP / IP IPv4.

Jepang, yang telah membangun jaringan JUNET berbasis UUCP pada tahun 1984, terhubung ke NSFNET pada tahun 1989.

Singapura mengembangkan TECHNET pada tahun 1990, dan Thailand memperoleh koneksi Internet global antara Chulalongkorn University dan UUNET pada tahun 1992.

Sedangkan Indonesia pertamakali meggunakan Internet dan menggunakan IP pada tahun 1988 yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia.

Sejarah Internet – Internet Service Provider Pertama

Pada tahun 1980 sebuah perusahaa Internet Service Provider  atau ISP terbentuk untuk memenuhi permintaan akan penggunaan Internet oleh masyarakat secara komersil. Perusahaan seperti PSINet, UUNET, Netcom, dan Portal Software terbentuk sebagai penyedia jasa Internet.

Pada tahun 1990 tujuan ARPANET berhasil terpenuhi namun pertubuhan penyedia teknologi jaringan baru bermunculan dan mengakibatkan proyek ini berakhir. Dengan banyaknya provider baru dan tutupnya proyek ARPANET, pada tahun 1995 NSF menghentikan pendanaan ke NSFNET, Sehingga NSFNET tidak lagi menjadi back bone  Internet. Setelah itu Commercial Internet eXchange (CIX), Metropolitan Area Exchanges (MAEs), dan kemudian Network Access Points (NAP) menjadi interkoneksi utama antara banyak jaringan.

Sejarah Internet – Berkembangnya World Wide Web

Sebuah web browser pertama,  muncul dalam bentuk aplikasi hyperlink selama pertengahan dan akhir 1980-an . Setelah itu, Tim Berners-Lee dipercayai untuk menciptakan World Wide Web pada tahun 1989 . server web pertama, dan browser web pertama, yang disebut WorldWideWeb terus berkembang hingga tahun 1990 dan kemudian berganti nama menjadi Nexus

Kala itu website masih bersifat satu arah. Artinya website hanya menyediakan informasi informasi kepada para pembaca. Umumnya website pada saat itu berbentuk brosur online, profil, informasi atau berita, layanan email, dll.

Web 1.0

Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi World Wide Web yang berkembang antara tahun 1990 hingga 2000-an. Web ini banyak digunakan dalam web yang sifatnya personal pada awal kemunculanya.

Teknologi ini dikembangkan untuk mengakses informasi yang sifatnya “Read” .  Artinya pengunjung akan sedikit berinteraksi di web tersebut. pengunjung hanya menikmati konten yang ditawarkan saja.

Web 1.0 merupakan sebuah revolusi baru pada masanya dalam sejarah internet. karena dengan sukses merunbah cara kerja industri dan media pada kala itu.

Web 1.0 ini  memiliki fungsi sebagai  penyedia informasi satu arah. pengunjung tidak dapat berkomentar maupun berperan dalam konten tersebut

Web 2.0

Seiring berjalannya waktu, fenomena website terusberkembang. hingga pada tahun 2004 teknologi website baru telah ditemukan. Web 2.0 merupakan teknoogi yang baru dikembangkan pada saat itu.

penggunaan web2.0 merubah pola pikir peyajian konten yang bersifat lebih interaktif. Web ini di bangundengan cara penyajian informasii yang berbeda dari sebelumnya. informasi yang disajikan bersifat dua arah. sehingga pengunjug dapat berpartisipasi dalam konten tersebut.

Web 2.0 ini merupakan hasil penyatuan antara, HTML, CSS, Java Script, XML, dan AJAX. Dengan perpaduan tersebut web ini dapat lebih interaktif. Mulai dari informasi yang disajikan hingga tampilan dan penggunaan yang mirip dengan aplikasi.

The Mobile Revolution

 

Leave a Reply