25 Kumpulan Tari-Tari Jawa Tengah Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Tari Jawa Tengah – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, dan meiliki ragam budaya yang melimpah. terdiri dar banyak profinsi dimana setiap profinsi dihuni oleh suku suku yang memiliki budayanya masing masing. Seni tari merupakan cabang seni yang banyak dinikmati orang. hampir tiap profinsi memiliki tari adat sebagai ritual adat istiadat atau hanya sekedar hiburan semata. Jawa tengah merupakan salah satu profinsi yan memiliki ragam seni tari yang melimpah. Berikut adalah macam macam tari jawa tengah yang perlu diketahuai sebagai warga Indonesia dan penghui pulau jawa.

1. Tari Jawa Tengah – Bedhaya Ketawang

Tari Jawa Tengah yang pertama adalah Tari Bedhaya ketawang, merupakan tarian khusus milik kota Surakarta dan dilaksanaan sebagai tarian kebesaran untuk penobatan atau peringatan kenaikan tahta Raja Surkarta. Tarianii merupakan tarian yang dikususkanuntuk raja sehingga menjadi sakral bagi warga Surakarta dan para Kasunan. Dalam gerakan gerakan tari ini menggambarkan hubungan antara Kanjeng Ratu Kidul denga Raja Mataram. Tari Jawa Barat Khas Surakarta ini menggambarkan curahan hari KanjengRatu Kidul.

Nama Tari Bedhaya Ketawang diambil dari kata “Bedhaya” yang berari penari wanita keraaan, dan kata “ketawang” yang berarti langit dan menggambarkan kedudukan yang tinggi dan mulia. sSehingga arti kata nya adalah penari wanita kerajaan yang dikusukan untk yangmulia atau ada juga yang mengartikan Penari wanita dari istna langit. Budaya tari jawa tengah satu ini biasa dilakukan oleh sembilan orang wanita dan yang kesepuluh diyaini oleh masyarakat Surakarta adalah Ratu Kidul itu sendiri.

2. Tari Jawa Tengah – Gambyong

Tari Gambyong bersal daerah Surakarta juga, tari Jawa Tengah satu ini pada awlalnya digunakan sebagai tarian rakyat yang diadakan ketika musim panen tiba. Namun seirig berjalannya waktu tari Gambyong ini dilaksanakan utuk acara yang lebih formal dan sakral seperti penghormatan kepada tamu.

Nama Gambyong sendiri berasal dari nama seorang wanita yang pandai dalam membawakan sebuah tarian. Nama wanita tersebut adalah Mas Ajeng Gambyong. Higga pada akhirnya nama penari tersebut terdengar hingga kekerajaan yang waktu itu dipimpin oleh Sunan Pakubuwno IV dan diundanglah Gambyong ke istana raja. Tariang Gambyong mulia dipelajari dan akhirnya dinobatkan sebagai tarian khas Istana.

Pemilihan kostum pada tari jawa tengah ini biasanya menggunakan kemben dan selendang yang identik dengan waran Kuing dan Hijau. Namu seiring bergesernya zaman, warna tidak lagi dijadikan patokan. Jumalah penari untuk tarian ini juga tidak ditentukan secara pasti. Sedangkan musik pengiring yang biasa digunakan adalah alat musik tradisional seperti gamelan, gong, gambang, da lain sebagainya.

3. Tari Jawa Tengah – Bondan Payung

Tari jawa tengah yang ketiga adalah Tari Bondan Payung. Sebuah tarian asal Surakarta ini meceritakan kisah kasih saya seorang ibu kepada anaknya. tariag yang bisa dibilang simpel. Tarian ini pada awalnya harus disajikan oleh wanita atau bunga desa yang bertujuan untuk menunjukan jati diri kewanitaannya.

Untuk menarikan tarian ini, para pemain biasa menggunakan pakaian adat Jawa. Atribut yang biasa digunakan pada tarian ini adalah payung, kendi, dan boneka bayi. Tari Bondan ini terdiri atas tuga tarian, yaitu Tari Bondan Madisiwi, Bandan Tani, dan Bondan Cindogo.

4. Tari Jawa Tengah – Serimpi

Setelah tiga tari Jawa Tengah yang berasal dari Surakarta, Ada tarian yang bearasal dari Yogyakarta. Tarian ini bernama Serimpi, sebah tarian yang dianggap memiliki nunsa mistis yang mampu membawa penontonnya ke alam lain.

Tari ini dulunya biasa ditampilak saat pergatian raja di daerah Jawa Tengah yang menunjukan seorang wanita yang lemah gemulai. Tari ini terbagi menjadi Lima jenis tarian, yaitu Serimpi Genjung, Serimpi Babul Layar, Serimpi Bondan, Serimpi Anglir Mendung dan Serimpi Dhempel.

Tari Serimpi ini biasa dilakuka oleh empat orang penari wanita yang melanbngkn empat unsur yaitu api, air, angin dan bumi. Namun sekarang takjarang menggunakan lima orang sebagai penarinya. paaian yang biasa digunakan adalah pakaian penganti putri keraton. sedangkan alat musik yang biaa digunakan adalah gamelan.

5. Tari Jawa Tengah – Beksan Wireng

myimage.id

Tari yang berasal dari provinsi Jawa tegah ini menggambarkan ketangkasan prajurit dalam latihan perang. Sebuah tarian perperangan yang sekarang diperuntukan sebagai hiburan semata. Tarian dini diciptakan oleh Prabu Amilihur.

Kata Wireng merupaka gabungan dari dua suku kata yaitu “wira” yang berarti Perwira dan “Aeng” Yang berarti Unggul. Makna dari tarian ini menggambarkan perang ataupu latihan yang bertema keprajuritan atau tentara. Karena tari ini berhubungan dengan peperangan maka pemain yang menarikannya adalh pra pria.

Sebagai tarian perang, Para pemainnya menggunakan pakaian layanya pakaian perang. Selainitu mereka membawa perisai dan pedang ditangannya yang melambagkan pasukan perang kala itu.

6. Tari Jawa Tengah – Ebeg atau Kuda Lumping

tri ebeg

youtube.com

Kuda lumping merupakan tarian khas jawa tengah yang berasal dari boyolali. Tari ini menggunakan media boneka kuda sebagai perlengkapan yang wajib digunakan. Tarian ini biasa dimainkan banyak orang. Takjarang para pemain menggunaan unsur unsur magis ketika menari. Traksi trksi kesurupan, makan beling, unjuk kekebalan sudah melekat dengan tari jawa tengah satu ini.

7. Tari Jawa Tengah – Kethek Ogleng

Tari ketek ogleng

yogyakarta.panduanwisata.id

Nama kethek ogleng beraal dari bahasa jawa “Kethek” yang memiliki arti monyet, dan ogleng adalah suara musik yang engiringi tarin tersebut. Tari Jawa Tengah ini berasal dari Kabupaten Wonogiri. Cerita dalik tarian ini adalah Raden Gnung Sari yang menjilma menjadi kera atau monyet untuk mengelabuhi musuh musuhnya. Sesuai nama dan cerita dibalik tarian ini, maka kostum yang dikenakan adalah kostum monyet. Tarian ini disampaikan dengan menirukan geraka gerakan monyet.

8. Tari Jawa Tengah – Sintren

Tari jawa tengah berikutnya adalah Tari Sintren. Tari ini berkembang didaerah pesisir pantai utara jawa tengah hingga jawa barat. Diantaranya adalah Berebes, Banyumas, dan Pekalongan, Majalengka, Indramayu, Pemalang, Cirebon.

Dalam melakukan tarian Sintren, PEnari akan dirasuki oleh arwah, dan penari ini akan pingsan apabila dilemparkan uang ke tubuh penari tersebut. Biasanya peri Sintren menggunaka akseoris moderen seperti kacamata hitam dan dasi. sehingga tarian sintern ini menjad ekstis dan juga misterius. Ada beberapa keyakinan yang muncul dilkalangan masyarakt bahwa ketika menari, mata para penari ini menjadi putih. Agar tidak menakutakuti penonto akhirnya mereka mnggunakan kacamata hitam.

Tarian ini merupakan satu dari berbagai tarian misterius di Indonesia. Tari Sintren adalah tarian yang masih berkaitan dengan hal hal mistis seperti kesurupan. Tari ini menceritakan tentang kisah cinta Sulasih dan Sulndono.

9. Tari Jawa Tengah – Emprak

Tari emprak adalah salah satu dari berbagai jenis tari jawa tengah yang ada. Tari ini berasal dari Jepara. Tari emprak dilakukan oleh 5 hingga 15 orang pria ang diirigi musik musik berupa shalawatan. alat alat musik yang digunakan adalah reban dan kentongn. Biasanya dipentaskan semalman suntuk.

Namun seiring berkembangnya zaman para wanita pun bisa bergaung dengan grup tari emprak. Peraltan musi yang digunakan pun bberkembang. Sekrang untuk mengiringi tari ini alat musik yang digunakan tidak hanya menggunakan rebana dan kentongn, lat musik moderen sepert organ pun juga digunakan. Cerita dibailik tari Emprak memilki pesan sebgai naseht permsahalan kelluarga.

10. Tari Jawa Tengah – Prawiroguno

tari prawiguno

budayajawa.id

Tari asli jawa tengah berkutnya adala tari prawiguno. Tari ini bersal dari Boyolali Jawa tengah. Terciptanya tarian ini terispirasi oleh perjuangan rakyat jaman penjajahan. Tema tarian daerah ini adalah peperngan. Kisah dibalik tarian ini ketika pra penjaajah di tanah air hampir mengalmi kemunduran. Kostum yang dipergunkan adalah tameng dan pedang, atau tombak.

11. Tari Jawa Tengah – Ronggeng

Tari ronggeng adlah tarian yang berkembang di pasundan atau jawa. merek menri diringi musik musik dn lantunan yat aat puitis. Tari Ronggeng meupakan tarin yang berasal dari jawa tengh. Namun tarian ini juga ditemukan di Sumatra dan semenanjung malaya. Tari Jawa Tengah ini diduga  sudah ada sejak zaman kuno. ReliefKrmawhibhangga di boroudur menmpilakan menampilkan rombongaan hiburan keliling yang terdiri dari wanita penari dan rombongan musisi. Di jawa tengah, Tari Ronggeng awlnya menampilkan rombongaan tari yang berjaalan menelusuri desa desa. Para penari terdri dari satu atau lebih penari wanita. Para penari wanita biasa menrk stu penonton laki lki untuk menari bersama dengan mereka.

12. Tari Jawa Tengah – Dolalak

Tari Dolalak adalah seni tari jawa tengah yang berasal dari kabbupaten Purworejo. Tarian ini berkembng sejak jaman penjajahan Belanda. Tari Dolalak bercerita tentang perjalanan Gemblak mantan penari Jatilan yan aada pada tari reog dengan menggunkan pakaian  warok.

Seiring berkembngny zaman tari Dolalak menggunkan iringan alat musik yang lebih moderen seperti keyoard dengan dinamika nada yang bevariasi. Kostum yang digunakanpun menggunkan warna hitam dengan celan pendek yang meniru seragam tentara belanda zaman dulu yang bercelana pendek.

Tarian yang mulanya dipentaskan oleh kaum adam sekarang mulai dimainkn oleh kaum hawa dengan menggunakan ostum yang lebih bervariatif. Bahkan sekarang keberadan penari pria sudah hampir jarang.

13. Tari Jawa Tengah – Blambangan Cakil

tari blambang cakil, Tari Jawa Tengah

meandyouculture.blogspot.com

Macam seni tari asal jaw tengah beriutnya adalah. tari Blambng Cakl. Tarian ini diangkat dari adegan pementasn wayang kulit .Adegan yang diangkat adalah adegan Perang Kembang, sebuah kisah perng yang menceritakan kesatria mellawan raksasa. Tokoh kesatria dan rkssa itu menggambarkan Arjuna dan Cakil.

Tari Blambang Cakil adalah tarian yang memiliki arti kejaatan akan kalah dengan kebaikan. Jumlah pemin dari tarian ini tidk han berjumlaah dua orang. namun ad pemain pemain tambahan yang berperan sebagai pasukan raksaasa dan penari wanita sebaagi pendamping kesatria. Musik yang mengiringi tarian ini adalah gending srempengan, Ladrang Cluntang Sampak Laras Slendro. 

14. Tari Jawa Tengah – Kridhajati

Seni Tari Kridhajati merupakan sebuah tari jawa tengah yang berasal dri kota ukir Jepara. Tari ini bisa dilaksanakan secara indvidual maupun berkelompok. Tarian ini di usung oleh Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo, MM. Tari ini dilaksnakn setelah hari jadi Jepara.  Tari ini sendiri menggambarkan proses ukir kau jepra sebbelum di pasarkan.

15. Tari Jawa Tengah – Kretek

Tari jawa tengah berikutnya adalah tari kretek. Tari ini berasal dari kupten kudus. Kudus seagi kota poenghaasil produk rokok kretek pertama di Indonesia menciptakan sebuah tarian yang bernama tari kretek. Seelum dikenal, nama tari ini adalah Mbatll, namun nama itu tidk dikenal masarakat dan nama tari kretek lah yang sekarang dikenal. Tari ini resmi pertam kali di tampilkan kepublk pda tahun 1986 ketika peresmian musium kretek. Pendipta tari khas kudus ini dalah Endang Tony, pemilik sebuah sanggar senipuring sari. arti atau cerita dibaliik taran ini adalah mengenaai buruh rokok, muali dari pemilihan tembakaau hingga penjualanya.

16. Tari Jawa Tengah – Kukila (Kukilo)

Dlam

18. Tari Jawa Tengah – Lengger

19. Tari Jawa Tengah – Topeng Ireng

20. Tari Jawa Tengah – Rong Tek

21. Tari Jawa Tengah – Rancak Denok

22. Tari Jawa Tengah – Calung

23. Tari Jawa Tengah – Tayub

24. Tari Jawa Tengah – Angsa

Tari angsa merupakan tari asal jawa tengah yang menggambarkan keanggunan seorang dewi ynag dikelilingi penari angsa. Tarian ini cukup sering dilaksanakan pada acara acara penting atau hari peringatan. tidak jarang tari ini dilakukan oleh anak anak SD ketika hari kelulusan.

Namun diketahui bahwa tarian ini tidak hanya berasal dari Indonesia. Di negara negara lain terdapt tari yang konsepnya hampi mirip. namun memiliki latar belakang cerita yang berbeda. Trian ini biasa dilakukan secara berpasang pasangan, qkan tetapi ada juga penari yang berjumlah ganjil dalam kelompok tari tersebut. tari ini diiringi dengan alunan musik seperti gendang, gitar dan degung.

25. Tari Jawa Tengah – Wira Pertiwi

Tari jawa tengah yang Terahir adalah Tari Wira Pertiwi. Tarian asal jawa tengah ini bertujuan untuk menggabarkn para parajurit putri Jawa yang diciptakan oleh Bagong Kussidiarjo. Gerakan gerakan dan temayang dijunjung dalam tarian ini mencerminakn bentuk semangat pengapdian bela negara yang didalamnya terdapat unsur ketangkasan, ketangguhan, dan ketegasan sang prajurit dalam membela bangsa mereka.

Leave a Reply